Kam31Jan201909:06

Urethritis Adalah

 

Urethtritis adalah kondisi dimana uretra meradang serta iritasi. Uretra merupakan saluran yang membawa urine atau air kencing dari kandung kemih ke luar tubuh. Biasanya urehritis menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil, dan menjadi bolak-balik buang air kecil.

Urethritis Adalah
Urethritis Adalah

Penyebab utama urethritis adalah infeksi akibat bakteri. Dalam beberapa kasus juga dapat disebabkan virus atau bahan kimia dapat menjadi pemicu urethritis. Urethritis berbeda dengan ISK (infeksi saluran kemih). Urethritis adalah peradangan daerah uretra, sedangkan ISK merupakan infeksi saluran kemih yang mana mungkin infeksi dapat terjadi sepanjang saluran kemih. Ke dua penyakit ini mungkin memiliki gejala hampir sama, namun membutuhkan metode perawatan berbeda yang tergantung pada penyebabnya.

Urethritis dapat terjadi pada siapa saja dari segala usia, baik pada pria maupun wanita. Akan tetapi, wanita memiliki risiko lebih besar dibandingkan dengan pria. Sebab uretra pria yang merupakan ujung penis, lebih panjang dari wanita. Uretra wanita lebih pendek, sepanjang 3-4 cm sehingga bakteri akan lebih mudah masuk dan cepat masuk ke uretra.

 <<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Tanda dan gejala urehritis

Urethritis yang terjadi pada pria dan wanita memiliki gejala yang berbeda. Beberapa orang mungkin tidak menunjukkan gejala yang jelas, terutama yang terjadi pada wanita. Sementara pada pria, gejala urethritis ini mungkin tidak terlihat jelas jika disebabkan klamidia atau infeksi trikomoniasis. Oleh sebab itu, penting untuk menjalani tes jika Anda terinfeksi penyakit menular seksual (PMS).

Gejala urehtritis pada wanita, antara lain:

  • Keputihan abnormal (berlebihan).
  • Nyeri panggul serta perut.
  • Nyeri ketika hubungan seksual.
  • Sering buang air kecil, Demam dan kedinginan, Sakit perut, dan gatal.

Sementara gejala urethritis pria, antara lain:

  • Terdapat darah dalam air seni atau mani.
  • Sakit ketika ejakulasi.
  • Keluar cairan berwarna putih dari penis.
  • Sensasi panas ketika buang air kecil.
  • Penis bengkak, terasa gatal, serta sensitif.
  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening area selangkangan.
  • Demam, tapi hal ini jarang terjadi.

 <<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Penyebab uretritis adalah

Sebagian besar penyebab urethritis adalah infeksi bakteri, virus, atau parasit. Namun, bakteri adalah penyebab umum. Bakteri yang sama dapat juga menyebabkan infeksi kandung kemih dan ginjal dapat menginfeksi lapisan uretra. Bakteri secara alami yang ditemukan di area genital juga dapat menyebabkan urethritis jika masuk pada saluran kemih.

Bakteri penyebab uretritis dapat berupa uretritis gonococcal, disebabkan Neisseria gonorhoeae, atau  NGU (uretritis non-gonore), disebabkan Chlamydia trachomatis atau Mychoplasma genitalium. Sedangkan virus yang umum menyebabkan uretritis adalah HSV (virus herpes simplex), HPV (Human papilloma virus).

Uretritis juga dapat disebabkan gesekan ketika aktivitas hubungan seksual atau masturbasi dapat menyebabkan peradangan pada pria. Selain itu, uretritis dapat menular melalui hubungan seksual tanpa pengaman. Jika wanita memiliki infeksi vagina, maka ia dapat menyebarkan ke pasangannya. Orang mungkin mengalami penyakit uretritis adalah seorang yang memiliki riwayat penyakit kelamin serta terlibat hubungan seksual berisiko tinggi.

 <<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Pengobatan penyakit uretritis

Tujuan utama pengobatan uretritis adalah membasmi penyebab dan infeksi yang akan membantu mengurangi gejala dan mencegah penyebaran infeksi. Tindakan perawatan yang spesifik setiap orang berbeda tergantung pada penyebab infeksi. Sebaiknya untuk konsultasi dahulu dengan dokter sebelum Anda mengkonsumsi antibiotik. Pengobatan yang tepat uretritis adalah dengan dibawah pengawasan dokter ahli, agar bakteri atau virus dapat mati sepenuhnya sehingga uretritis sembuh total dan tidak berulang. Pengobatan sejak dini pada awal gejala muncul akan memudahkan pengobatan sehingga lebih mudah untuk disembuhkan. Pengobatan alami tidak akan mampu membasmi bakteri penyebab walau mungkin gejalanya akan hilang.

 SIMAK APA YANG MENJADI PENYEBAB URETHTRITIS?* KLIK DISINI

Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Jika saat ini Anda sedang mengalami penyakit urethritis, sudah melakukan tindakan pengobatan namun tidak kunjung sembuh, atau berulang. Silahkan kunjungi Klinik Utama Sentosa. Disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli berpengalaman yang sudah banyak menangani penyakit seperti Anda dan puas dengan perawatan yang kami berikan hingga penyakit sembuh total baik pria maupun wanita. Di dukung peralatan medis modern yang canggih, dengan biaya pengobatan terjangkau. Kami memberikan perawatan medis prima yang intensif hingga tuntas. Kenyamanan selama tindakan pengobatan, kesehatan dan kesembuhan penyakit adalah prioritas kami.

Untuk informasi lebih lanjut terkait uretris, silahkan klik website kami untuk konsultasi, atau hubungi kami di 081366657878.