Sel14Mei201916:06

Simak, Efek Infeksi Saluran Kemih!

Jika dirawat dengan cepat, efek infeksi saluran kemih bagian bawah jarang menyebabkan komplikasi, namun jika tidak diobati, infeksi saluran kemih yang dialami dapat menyebabkan konsekuensi yang serius.
Simak, Efek Infeksi Saluran Kemih!
Simak, Efek Infeksi Saluran Kemih!
Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri pada bagian mana saja disaluran kemih, yang meliputi kandung kemih, ginjal, ureter (tabung yang menghubungkan kandung kemih menjadi dikosongkan). Infeksi kandung kemih atau uretra merupakan yang paling umum.

Jika Anda mengalami infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih, atau infeksi pada bagian manapun dari sistem kemih, gejala dapat menyebabkan efek infeksi kandung kemih serius jika tidak ditangani dengan tepat.



Penyebab dan gejala infeksi kandung kemih

Penyebab infeksi saluran kemih yang paling umum adalah infeksi bakteri yang memasuki uretra dan naik ke kandung kemih dimana mereka berkembang biak. Infeksi kandung kemih umumnya disebabkan bakteri Escherichia coli, yang merupakan bakteri umum dalam usus manusia.

Bakteri dalam kandung kemih juga dapat naik ke ginjal dan menyebabkan infeksi pada ginjal, menyebabkan kerusakan ginjal permanen. Efek infeksi saluran kemih yang tidak diobati dalam kandung kemih dapat menyebabkan infeksi semacam itu.

Gejala infeksi saluran kemih, meliputi:

• Keinginan kuat dan sering buang air kecil bahkan setelah mengosongkan kandung kemih.
• Rasa nyeri atau terasa seperti terbakar ketika buang air kecil.
• Air seni berdarah atau keruh.
• Nyeri perut bawah atau punggung.

Tanda-tanda infeksi ginjal kemungkinan meliputi:

• Menggigil atau keringat pada malam hari.
• Demam.
• Kulit memerah.
• Mual dan muntah.

Baca Juga: Mengapa Infeksi Saluran Kemih Berulang Terjadi? Klik Disini

Diagnosis dan pengobatan infeksi saluran kemih

Untuk diagnosis infeksi saluran kemih, dokter dapat mengumpulkan sampel urin untuk mencari bakteri, seperti sel darah merah dan darah putih. Dokter juga dapat melakukan kultur urin dimana sampel urin dikultur di laboratorium untuk melihat apakah menumbuhkan bakteri.

Setelah hasil diagnosis diketahui, dokter akan mengambil tindakan untuk menentukan metode pengobatan infeksi saluran kemih yang tepat dan aman hingga tuntas. Antibioti merupakan bagian dari pengobatan dan mencegah infeksi menyebar hingga ke ginjal.

Sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi obat apa saja sebelum Anda konsultasi dengan dokter, termasuk obat-obatan sembarangan yang dijual bebas. ikuti saran dan anjuran dokter yang telah direkomendasikan, sebab obat alami atau obat rumahan saja tidak mampu untuk membasmi bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Apa yang terjadi jika infeksi saluran kemih tidak diobati? Efek infeksi saluran kemih jika dibiarkan berlarut-larut, meliputi:

Infeksi berulang. Terutama pada wanita yang mengalami dua atau lebih infeksi saluran kemih dalam periode beberapa bulan.

Kerusakan ginjal permanen. Hal ini terjadi akibat infeksi ginjal akut atau kronis efek infeksi saluran kemih tidak diobati.

Penyempitan uretra. Terjadi pada pria akibat dari uretritis rekuren sebelumnya terlihat dengan uretritis gonokokal.

Sepsis. Suatu komplikasi yang berpotensi mengancam jiwa, terutama saat infeksi berjalan dengan baik melalui saluran kemih ke ginjal.



Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Untuk mendapatkan pengobatan yang aman dan tepat untuk infeksi saluran kemih hingga tuntas dan Anda terbebas dari segala efek infeksi saluran kemih, pastikan Anda mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kelamin yang khusus menangani penyakit menular seksual (PM S), Andrologi, dan Ginekologi, dimana Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin profesional terlatih yang sudah berpengalaman. Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait efek infeksi saluran kemih yang akan terjadi jika dibiarkan, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.