Sel12Mar201909:58

Simak, 5 Cara Mudah Menyembuhkan Sakit Anyang Anyangan

Wanita lebih berisiko menderita sakit anyang anyangan dibandingkan pria karena uretra yang dimiliki lebih pendek. Sakit anyang anyangan biasanya disebabkan karena masuknya bakteri dari anus atau belakang ke saluran kencing atau depan. Selain bakteri, faktor penyebab lain yang dapat memicu penyakit anyang anyangan adalah iritasi pada saluran kemih karena penggunaan sabun, parfum, atau produk kewanitaan lainnya.
sakit anyang anyangan
sakit anyang anyangan

Apa Saja Penyebab dari Penyakit Anyang Anyangan?

Terdapat berbagai hal yang dapat menyebabkan penyakit anyang anyangan, salah satunya infeksi bakteri. Beberapa jenis infeksi yang paling umum memicu anyang anyangan adalah infeksi kandung kemih atau sistitis, infeksi ginjal atau pielonefritis, infeksi prostat atau prostatitis, dan peradangan pada uretra atau uretritis. Tak hanya itu, penyebab sakit anyang anyangan lainnya, dapat berupa:



• Munculnya batu pada kandung kemih.
• Mengalami trauma karena cedera atau iritasi.
• Terdapat jaringan tidak normal di kemaluan.
• Faktor hormonal, seperti efek dari menopause.
• Kondisi neurologis, yakni sulit mengosongkan kandung kemih.
• Kanker yang menyerang uretra, kandung kemih, atau kemaluan.
• Peradangan organ kelamin karena bakteri, jamur, parasit dan virus.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko penyakit anyang anyangan, seperti mengidap infeksi saluran kemih, pernah melakukan pemasangan kateter urin, pria yang menderita pembesaran prostat, menderita iritasi pada area organ kelamin, dan mengalami penyempitan pada saluran kencing.


Cara Tepat Menyembuhkan Masalah Anyang Anyangan

Sakit anyang anyangan atau biasa disebut disuria akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Dokter biasanya akan memberikan obat antibiotik minum jika sakit anyang anyangan disebabkan karena infeksi pada organ kelamin. Namun, jika sakit anyang anyangan dikarenakan oleh pertumbuhan jamur abnormal maka cara terbaik untuk menanganinya adalah menggunakan obat antijamur. Untuk mendapatkan kesembuhan optimal, beberapa cara mengatasi anyang anyangan bisa Anda lakukan secara mandiri yakni sebagai berikut:


• Berendam dalam air hangat

Salah satu cara menangani penyakit anyang anyangan adalah berendam di dalam air hangat. Rutin beredam dalam air hangat diyakini dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman di sekitar organ kelamin.


• Perbanyak konsumsi air putih

Memperbanyak konsumsi air mineral bisa membantu merangsang penderita anyang anyangan untuk segera buang air kecil. Selain itu, hindari menahan air urin terlalu lama di dalam kandung kemih karena dapat membuat bakteri berkembang dan menyebar ke organ tubuh lainnya.

• Bersihkan organ kelamin dengan benar

Untuk menghindari terjadinya infeksi yang menyebabkan anyang anyangan, maka bersihkan kemaluan dari arah yang benar. Terapkan kebiasaan menyeka organ kelamin dari arah depan ke belakang supaya bakteri dari anus tidak berpindah ke saluran uretra.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Gejala akibat sakit anyang anyangan dapat ditangani dengan mudah bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Anda akan mendapatkan perawatan maksimal karena Klinik Utama Sentosa sudah menggunakan peralatan medis yang canggih serta berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa berlokasi strategis dan dengan biaya perawatan yang relatif terjangkau sehingga pasien merasa terbantu dan tidak khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Penyakit anyang anyangan harus segera ditangani sebelum menyebar ke organ tubuh lain dan mengakibatkan komplikasi lebih serius. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa segera berkonsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.