Kam24Jan201916:30

Penyebab Anyang Anyangan Pada Pria

Penyebab anyang anyangan pada pria yang paling utama adalah infeksi pada saluran kemih akibat bakteri. Bakteri biasanya masuk melewati saluran kemih karena proses membilas yang salah setelah buang air besar atau buang air kecil. Meski anyang anyangan lebih sering diderita oleh wanita, namun pria juga bisa menderita masalah ini.

penyebab anyang anyangan pada pria
penyebab anyang anyangan pada pria

>>>klik disini untuk melakukan konsultasi<<<

Penyebab Umum Anyang Anyangan Pada Pria

Penyakit anyang anyangan bisa kapan saja terjadi baik pada pria maupun wanita tanpa tahu penyebab sebelumnya. Gejala yang dialami misalnya keinginan ingin selalu buang air kecil, volume urin yang dikeluarkan sedikit, dan sakit serta nyeri setelah buang air kecil. Penyebab anyang anyangan pada pria dapat berbeda-beda sehingga perlu penanganan segera. Beberapa penyebab anyang anyangan pada pria adalah sebagai berikut:
 

• Memiliki alergi tertentu

Salah satu penyebab anyang anyangan pada pria disebabkan karena adanya faktor alergi. Alergi bisa berasal dari lendir atau cairan yang dikeluarkan pasangan ketika melakukan hubungan seksual. Karena itu, sangat penting untuk melakukan pengecekan alergi terhadap cairan keputihan wanita.
 
• Struktur organ kelamin tidak normal
 
Struktur organ kelamin yang tidak normal bisa menjadi penyebab anyang anyangan pada pria. ketidaknormalan pada struktur maksudnya adalah refluks urin yang lebih tinggi dari saluran kemih. Hal ini akan mengakibatkan risiko infeksi saluran kemih menjadi meningkat sehingga seseorang menderita anyang anyangan.


• Memiliki riwayat penyakit diabetes

Penyakit kronis seperti diabetes ternyata juga dapat menjadi penyebab anyang anyangan pada pria maupun wanita. Anyang-anyangan bisa terjadi akibat kadar asam urat serta tekanan darah yang tinggi. Kedua faktor inlah yang menyebabkan seseorang bisa terkena penyakit anyang anyangan.


• Mengalami dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu alasan seseorang menderita penyakit anyang anyangan. Tubuh yang terdehidrasi, dapat mempengaruhi produksi urin sehingga menyebabkan kesulitan saat buang air kecil. Karena itu, menjaga tubuh agar tetap terdehidrasi sangat penting untuk menurunkan risiko penyakit anyang anyangan.


Cara Mencegah Infeksi Penyebab Anyang-Anyangan

Selain dengan mengonsumsi obat sesuai resep dokter, anyang-anyangan dapat dihindari dengan melakukan beberapa tindak pencegahan. Pencegahan sangat berguna untuk meminimalkan serangan infeksi penyebab penyakit anyang anyangan. Beberapa cara pencegahan anyang anyang pada pria, di antaranya:


• Perbanyak konsumsi air putih

Air putih memiliki yang manfaat beragam bagi tubuh, salah satunya adalah membantu mengatasi gangguan pada saluran kemih. Konsumsi air putih secara teratur dapat menghilangkan bakteri penyebab anyang anyangan dari dalam tubuh melalui proses berkemih.


• Kompres dengan air hangat

Anyang-anyangan terjadi akibat adanya peradangan atau iritasi di saluran kemih. Peradangan pada saluran kemih bagian bawah akan menyebabkan rasa perih dan nyeri setelah buang air kecil. Karena itu, kompres dengan air hangat pada kandung kemih bisa menjadi solusi meringankan gejala yang muncul.
 

• Hilangkan kebiasaan menahan urin

Menahan urin dalam kandung kemih terlalu lama hanya akan membuat bakteri tumbuh dan merambat ke organ lainnya. Karena itu, segeralah berkemih jika kandung kemih sudah terasa penuh. Setelah berhubungan badan, Anda juga disarankan untuk berkemih guna membersihkan bakteri yang ada di uretra.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap penyakit anyang anyangan dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di Klinik Utama Sentosa, Anda akan ditangani oleh dokter spesialis yang didukung dengan peralatan yang canggih serta modern.
 
Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878. Penyakit yang dibiarkan terlalu lama dalam tubuh bisa menyebabkan kondisi kesehatan semakin buruk. Karena itu, segera hubungi Klinik Utama Sentosa agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganna terhadap penyakit lebih lanjut.