Sel07Mei201911:38

Penyakit Infeksi Saluran Kemih,Apa Gejalanya?

Penyakit infeksi saluran kemih atau ISK terjadi akibat adanya infeksi bakteri。Kondisi ini akan mempengaruhi beberapa organ yang termasuk ke dalam sistem kemih,seperti ginjal,ureter,kandung kemih,dan uretra。Pada umumnya,infeksi saluran kemih rentan diderita oleh wanita dibandingkan pria。Hal ini dikarenakan saluran kencing atau uretra yang dimiliki wanita lebih pendek dan dekat dengan anus。
penyakit infeksi saluran kemih
penyakit infeksi saluran kemih

Apa Gejala yang Muncul Akibat Penyakit ISK?

Infeksi saluran kemih terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan bagian yang terinfeksi,yakni ISK atas dan ISK bawah。ISK atas adalah infeksi yang terjadi pada bagian atas kandung kemih,berupa ginjal dan ureter。Sementara ISK bawah merupakan infeksi pada bagian bawah,yaitu kandung kemih dan uretra。Gejala penyakit kandung kemih juga berbeda sesuai dengan jenis infeksi yang dialami,seperti berikut ini:


•Gejala ISK atas

Penyakit infeksi saluran kemih bagian atas biasanya memunculkan gejala utama,berupa nyeri pada pinggang,punggung bawah maupun selangkangan。Selain itu,gejala lainnya yang mungkin menyertai dapat berupa tubuh mengalami demam hingga menggigil,mual atau muntah,dan juga diare。


•Gejala ISK bawah

Sementara gejala pada penyakit infeksi saluran kemih bawah yang timbul, meliputi nyeri ketika buang air kecil, meningkatnya keinginan buang air kecil, tidak dapat menahan rasa ingin berkemih, nyeri pada perut bagian bawah, urin berbau menyengat, terdapat darah dalam urin atau hematuria, dan mudah merasa lelah.
 

Bagaimana Diagnosis dan Pengobatan Pada ISK?

Sebelum pengobatan terhadap penyakit infeksi saluran kemih dilakukan, penderita harus didiagnosis terlebih dahulu bersama dokter. Dokter akan menanyakan riwayat kesehatan dan gejala yang dialami. Salah satu tes yang harus dijalani penderita ISK untuk mendapatkan hasil diagnosis adalah urinalisis. Tes ini bertujuan untuk mendeteksi keberadaan sel darah putih dalam urin yang bisa menjadi pertanda adanya infeksi saluran kemih.
 
Jika penyakit infeksi saluran kemih sering mengalami kekambuhan, dokter akan memastikan penyebab melalui tes pencitraan berupa USG, CT Scan, atau MRI. Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk melihat kondisi saluran kemih dengan lebih jelas. Setelah hasil diagnosis diketahui, pengobatan penyakit infeksi saluran kemih bisa segera dilakukan dengan memberikan antibiotik. Biasanya gejala akan menghilang dalam beberapa hari sehingga obat harus dikonsumsi hingga tuntas. Tindak pencegahan juga perlu disertai guna mencegah kekambuhan, seperti:
 
•Bagi wanita lakukan pembersihan kemaluan dari arah depan ke belakang。
•Perbanyak konsumsi空气矿物与meningkatkan frekuensi buang air kecil。
•Tidak menggunakan kondom atau pelindung berpelumas spermisida。
•Kenakan pakaian dalam yang longgar dan berbahan dasar katun。
•Biasakan bersihkan器官kelamin sebelum melakukan hubungan seksual。
•Hindari penggunaan produk pembersih kewanitaan yang dapat mengiritasi。

Baca juga:  3 Metode Penanganan Untuk ISK Parah


Segera Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Pengobatan penyakit infeksi saluran kemih dapat dilakukan dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik karena perawatan penyakit ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten serta menggunakan peralatan medis yang modern.
 
Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis sehingga dapat mempermudah pasien baru yang ingin melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin。Penanganan yang dilakukan dengan segera dapat membantu menghindari adanya komplikasi penyakit lebih serius。Karena itu,untuk informasi lebih lanjut Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi热线Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878