Rab30Jan201915:45

Penyakit Infeksi Kandung Kemih

 

Infeki kandung kemih adalah infeksi serta peradangan yang terjadi pada kandung kemih (vesica urinaria). Pada umumnya infeksi kandung kemih karena bakteri. Infeksi kandung kemih dapat menjadi semakin parah apabila bakteri menyebar naik ke ginjal.

Penyakit Infeksi Kandung Kemih
Penyakit Infeksi Kandung Kemih

Infeksi kandung kemih, dalam istilah medis dikenal dengan cystitis adalah kondisi dimana kandung kemih serta bagian atas uretra meradang seperti merah dan bengkak. Kondisi ini sangat menyakitkan dan mengganggu. Pada umumnya, infeksi kandung kemih dapat terjadi karena reaksi obat-obatan tertentu, dan iritasi penggunaan semprotan pembersih area kewanitaa, atau pemakaian kateter dalam jangka panjang. Tidak hanya itu, kondisi ini juga dapat terjadi akibat komplikasi dari penyakit lain.

Cystitis atau infeksi kandung kemih adalah infeksi yang bisa terjadi pada siapa saja. Namun, penyakit infeksi kandung kemih lebih umum terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Terkadang, penyakit infeksi kandung kemih atau cystitis dapat menjadi kronik atau kambuhan serta sulit untuk diobati. Penyakit infeksi kandung kemih dapat diatasi dengan mengurangi faktor risiko. Jika Anda mengalami penyakit infeksi kandung kemih ini, sebaiknya untuk melakukan pemeriksaan agar mendapatkan pengobatan segera sebelum cystitis semakin parah.

 
<<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Gejala atau ciri penyakit infeksi kandung kemih

Gejala atau ciri penyakit iinfeksi kandung kemih pada pria dan wanita, atau cystitis, antara lain:

  • Rasa sakit serta terbakar saat buang air kecil.
  • Nyeri tekanan diperut bagian bawah.
  • Urin berbau amis atau tidak sedap dan berwarna keruh.
  • Kencing yang berdarah.
  • Sering buang air kecil, dan demam ringan.

Mungkin ada tanda atau gejala yang lain Anda rasakan, atau jika Anda memiliki kekhawatiran tentang gejala penyakit infeksi kandung kemih, sebaiknya untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter. Dan sebaiknya untuk segera mencari perawatan medis intensif, jika:

  • Nyeri punggung.
  • Demam serta menggigil.
  • Mual serta muntah-muntah.

Apabila Anda mengalami buang air kecil yang cukup sering serta berlangsung selama berapa jam atau lebih lama, terdapat darah dalam urine. Sebaiknya untuk segera menghubungi dokter dan tidak menunda melakukan tindakan pengobatan, pengobatan sejak dini berfungsi untuk meminimalisir risiko atau bahaya jika penyakit infeksi saluran kemih ini dibiarkan.

 
<<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Penyabab penyakit infeksi kandung kemih

Penyakit infeksi kandung kemih pada umumnya disebabkan bakteri dari luar masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra mulai berkembang biak. Bakteri dapat masuk serta berkembang di kandung kemih jika seseorang masih menyisakan urine di dalam kandung kemih setiap buang air kecil. Urine yang tersisa di kandung kemih dapat disebabkan saluran kemih yang terhambat, misalnya akibat prostat, pembesaran protat pada pria. Kehamilan juga dapat memberikan tekanan rongga panggul dan kandung kemih.

Umumnya penyakit infeksi kandung kemih disebabkan bakteri bernama E.coli. selain E.coli bakteri lain penyebab cystitis adalah Staphylococcus dari kulit, Proteus, Enterococcus dari saluran cerna, dan jamur (biasanya Candida). Infeksi kandung kemih karena bakteri umum terjadi pada wanita, disebabkan posisi uretra wanita lebih berdekatan dengan anus, sehingga bakteri yang dari anus lebih mudah untuk berpindah ke uretra. Selain posisi uretra dan anus berdekatan, perpindahan bakteri pada wanita dapat terjadi ketika:

  • Melakukan hubungan seksual.
  • Memasukkan pembalut jenis tampon.
  • Menggunakan kontrasepsi diafragma.
  • Menyeka daerah anus dengan tissu dari arah belakang ke depan setelah BAB.
  • Memasuki masa menopause. Ketika masa ini, wanita hanya memproduksi sedikit cairan vagina, akibatnya bakteri mudah berkembangbiak.

 
PENGOBATAN EFEKTIF PENYAKIT KANDUNG KEMIH, KLIK UNTUK KONSULTASI

Diagnosis dan pengobatan infeksi kandung kemih

Dokter dapat mencurigai seoseorang menderita penyakit infeksi kandung kemih dari gejala-gejala yang dialami. Untuk memastikan diagnosis, beberapa metode pemeriksaan dapat dilakukan, seperti:

  • Tes sampel urine. Sampel urine diperiksa di laboratorium untuk mengetahui bakteri jenis apa yang menyebabkan penyakit infeksi kandung kemih ini. Melalui tes ini, dokter dapat mengetahui infeksi kandung kemih terjadi apabila disebabkan kondisi lain.
  • Prosedur pemeriksaan menggunakan alat berbentuk selang, dilengkapi dengan kamera, dapat membantu mengetahui kondisi pada kandung kemih.
  • USG atau foto Rontgen disarankan jika pasien mengalami infeksi kandung kemih kambuhan yang tidak merespon obat infeksi kandung kemih seperti antibiotik.

Tindakan pengobatan untuk penyakit infeksi kandung kemih yang masih ringan, kemungkinan dokter akan memberikan antibiotik untuk menghindari resistensi bakteri terjadi. Resistensi bakteri dapat berdampak pada keefektifan pengobatan dimasa yang akan datang.

Untuk mengatasi infeksi kandung kemih kambuhan atau yang sudah parah, sebaiknya untuk tidak melakukan pengobatan atau konsumsi obat sembarangan. Obat untuk penyakit infeksi saluran kemih yang sudah parah tentu membutuhkan tindakan yang berbeda. Selain melakukan tindakan pengobatan medis intensif, sebaiknya di dukung dengan makanan untuk penyakit infeksi kandung kemih yang sehat. Obat alami untuk penyakit infeksi kandung kemih hanya untuk mengurangi gejala, walau mungkin sembuh dapat berulang, karena bakteri tidak sepenunya mati.

 
SIMAK APA PENYEBAB INFEKSI KANDUNG KEMIH?* KLIK DISINI

Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Jika saat ini Anda sedang mengalami penyakit infeksi kandung kemih yang menyiksa Anda, dan sedang mencari cara untuk mengatasinya, kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru yang efektif untuk mengatasi bakteri penyebab infeksi hingga tuntas. Disini Anda ditangani langsung oleh dokter ahli profesional yang sidah berpengalaman bidang penyakit kelamin, sudah banyak yang datang melakukan pengobatan dan puas dengan pelayanan yang kami berikan. Di dukung peralatan medis modern yang canggih, laboratorium yang steril, dengan biaya pengobatan terjangkau. Kami memberikan perawatan medis prima hingga tuntas, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penyakit infeksi kandung kemih, silahkan klik website kami untuk konsultasi, atau hubungi kami di 0813 6665 7878. Privacy dan rahasia medis Anda terlindungi dan tuntaskan masalah infeksi kandung kemih hingga sembuh total bersama Klinik Utama Sentosa.