Sab16Mar201916:32

Pengobatan ISK Tepat yang Mudah Diikuti

Pengobatan ISK perlu dilakukan sebelum mengakibatkan komplikasi penyakit yang lebih serius. Infeksi saluran kemih atau ISK adalah kondisi dimana organ yang termasuk sistem kemih mengalami masalah. Infeksi saluran kemih umumnya terjadi pada kandung kemih dan juga saluran kencing atau uretra. Seorang wanita berisiko lebih tinggi untuk menderita infeksi saluran kemih bahkan berulang hingga bertahun-tahun.
pengobatan ISK
pengobatan ISK

Penyebab Infeksi Saluran Kemih Beserta Gejalanya

Sebelum melakukan pengobatan ISK, Anda perlu mengetahui penyebab penyakit terlebih dahulu. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh kebiasaan yang salah ketika menyeka area kemaluan, terutama wanita. Biasanya, wanita akan membersihkan organ kelamin setelah berkemih dari arah belakang ke depan. Hal inilah yang menyebabkan bakteri berpindah dengan mudah dari anus menuju saluran kencing atau uretra. Kegiatan seksual juga bisa memicu bakteri untuk masuk ke dalam saluran kemih sehingga penting untuk mencuci organ kelamin setelah berhubungan.
 


Bakteri yang sudah masuk ke saluran kemih dapat menyebar dan menyebabkan masalah lain, berupa infeksi uretra atau uretritis, infeksi kandung kemih atau sistitis, infeksi ureter atau ureteritis, dan infeksi ginjal atau pielonefritis. Infeksi saluran kemih berisiko tinggi diderita oleh wanita dibanding pria karena saluran uretra yang dimiliki lebih pendek. Beberapa kondisi lain yang memicu terjadinya infeksi saluran kemih baik pada pria maupun wanita, antara lain:


• Memiliki infeksi saluran kemih sebelumnya.
• Menurunnya kadar hormon estrogen akibat menopause.
• Baru menjalani prosedur operasi di saluran kemih.
• Menggunakan kateter urin untuk jangka waktu panjang.
• Terjadi sumbatan pada saluran kemih akibat batu ginjal.
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Lahir dengan kondisi kelainan pada saluran kemih.
• Wanita yang sedang dalam keadaan hamil.

Untuk menjalani pengobatan ISK, dokter biasanya akan menanyakan gejala penyakit guna mendapatkan hasil diagnosis. Beberapa gejala yang mungkin dirasakan dapat berupa demam, tubuh terasa menggigil, mual atau muntah, dan diare. Tak hanya itu, gejala lain yang menyertai adalah nyeri saat buang air kecil, meningkatnya frekuensi buang air kecil, sulit untuk menahan urin, sakit pada perut bagian bawah, dan terdapat darah dalam urin atau hematuria.


Bagaimana Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Antibiotik yang biasa digunakan untuk pengobatan ISK terdiri dari berbagai jenis. Pengobatan ISK untuk gejala yang sering kambuh, dokter akan mengajurkan konsumsi antibiotik dalam dosis rendah. Namun, jika kondisi sudah berat, maka pengobatan ISK harus dilakukan dengan memberikan antibiotik suntik. Agar infeksi tidak menyebabkan komplikasi, maka pengobatan bisa disertai dengan tidak pencegahan, seperti:

• Bersihkan organ kelamin sebelum melakukan hubungan seksual.
• Beritahu pasangan agar tidak menggunakan kondom berpelumas.
• Perbanyak konsumsi air guna membantu membuang bakteri.
• Gunakan pakaian dalam yang berbahan dasar katun.
• Tidak menggunakan produk pembersih kewanitaan.
• Biasakan menyeka organ kelamin dari depan ke belakang.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Pengobatan ISK dapat dilakukan dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik karena perawatan penyakit ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten serta menggunakan peralatan medis yang modern.
 
Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis sehingga dapat mempermudah pasien baru yang ingin melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Penanganan yang dilakukan dengan segera dapat membantu menghindari adanya komplikasi penyakit lebih serius. Karena itu, untuk informasi lebih lanjut Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.