Rab17Jul201914:04

Mengenali Gejala Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

 

Gejala infeksi saluran kencing pada pria di antaranya adalah rasa nyeri setiap buang air kecil yang sangat menyiksa. Belum lagi rasa tidak tuntas ketika buang air kecil yang membuat kita tidak nyaman selagi melakukan berbagai aktivitas. Untuk mengatasi gejala yang Anda alami, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memeriksakan diri ke dokter.

gejala infeksi saluran kencing pada pria
gejala infeksi saluran kencing pada pria


Pemeriksaan yang perlu dilakukan di antaranya adalah pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui adanya bakteri atau virus dalam tubuh. Pemeriksaan fisik meliputi gejala infeksi saluran kencing pada pria yang dialami. Penyebab infeksi saluran kencing ini tidak hanya satu, jadi untuk mengetahui penyebabnya memang diperlukan pemeriksaan secara mendetail. Hal ini dilakukan agar tidak salah melakukan pengobatan terhadap infeksi saluran kencing.

Gejala Infeksi Saluran Kencing


Ketika seseorang terkena infeksi saluran kencing, maka ada beberapa gejala infeksi saluran kencing pada pria yaitu:

• Dorongan untuk buang air kecil cenderung sulit ditahan.
• Buang air kecil lebih sering dari biasanya.
• Urin yang keluar saat kencing sedikit.
• Buang air kecil tidak tuntas.
• Mudah lelah disertai rasa nyeri pada tubuh.
• Tekanan di sekitar panggul.
• Warna urin jadi lebih keruh bahkan kadang bercampur darah.

Gejala infeksi saluran kencing pada pria yang dialami bisa saja berbeda dengan gejala pada wanita. ISK pada pria biasanya lebih sering dialami oleh mereka yang berusia di atas 50 tahun. Pasalnya ISK ini dapat menginfeksi organ-organ yang termasuk ke dalam sistem kemih. Bahkan jika telah parah dapat menyebabkan gangguan pada organ di bagian atas seperti ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang jika mengalami gangguan makan organ lainnya juga akan ikut terpengaruh. Untuk mencegah gejala infeksi saluran kencing pada pria, maka Anda harus waspada terhadap penyebab ISK dan faktor penyebab ISK pada pria.

gejala infeksi saluran kencing pada pria
gejala infeksi saluran kencing pada pria


Faktor Risiko Infeksi Saluran Kencing


Beberapa faktor risiko yang dapat mempengaruhi munculnya gejala infeksi saluran kencing (ISK) pada pria adalah:

• Menderita penyakit kelenjar prostat.
• Mengalami pembesaran prostat.
• Terkena penyakit diabetes.
• Sistem kekebalan tubuh yang rendah.
• Penggunaan kateter.

Jika Anda memiliki salah satu faktornya, maka berhati-hatilah terhadap bahaya infeksi saluran kencing yang mengancam. Apalagi gejala infeksi saluran kencing pada pria saja sudah cukup mengganggu. Jika ditambah adanya bahaya ISK, maka kondisi yang Anda alami akan semakin memburuk. Sebelum muncul bahayanya, sebaiknya lakukan pengobatan yang tepat untuk ISK.



Mengobati Infeksi Saluran Kencing


Untuk mengobati gejala infeksi saluran kencing pada pria, maka perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Pengobatan yang dapat Anda lakukan di antaranya adalah mengonsumsi obat untuk ISK. Pengonsumsian obat tentunya harus disesuaikan dengan dosis yang diberikan dokter. Salah mengonsumsi obat dapat memperburuk gejala ISK yang Anda alami. Selain melakukan pengobatan dengan bantuan obat, Anda juga dapat melakukan berbagai hal yang dapat membantu Anda mengurangi gejala dan mencegah bahayanya. Gejala infeksi saluran kencing pada pria dapat dicegah dengan melakukan sunat, tidak sering menahan kencing, menggunakan kondom saat berhubungan seksual.


Kurang minum air putih juga menambah risiko terkena ISK, untuk itu minum air putih yang cukup setiap harinya perlu Anda lakukan. Pakai juga pakaian yang terbuat dari bahan yang aman karena pakaian ketat dapat memicu ISK. Untuk mencegah bahaya ISK, maka lakukan pemeriksaan di Klinik Utama Sentosa. Kami juga menyediakan layanan hotline bagi yang ingin berkonsultasi secara online di nomor 081366657878.