Rab14Agu201914:13

Klinik Urethritis Terbaik di Kelapa Gading Jakarta Terpercaya

 

Mengalami gangguan buang air kecil? Obati saja di klinik urethritis terbaik di Kelapa Gading Jakarta. Uretritis merupakan kondisi dimana uretra mengalami pembengkakan. Uretra merupakan bagian dari sistem saluran kemih yang berfungsi sebagai saluran yang mengangkut urin dari kandung kemih hingga ke luar tubuh.

klinik urethritis terbaik di kelapa gading jakarta
klinik urethritis terbaik di kelapa gading jakarta


Urethritis dapat terjadi pada pria maupun wanita, hanya saja yang paling sering mengalami uretritis adalah kamu wanita. Penyebabnya, karena wanita memiliki bentuk uretra yang jauh lebih pendek dibandingkan dengan pria. Selain itu, letak uretra wanita yang lebih dekat dengan anus dapat memicu bakteri lebih mudah menyebabkan infeksi pada sistem saluran kemih terutama mengenai uretra. Uretritis menyebabkan gejala berupa gangguan buang air seperti buang air kecil menjadi lebih sering ataupun rasa nyeri saat buang air kecil.

Pengertian uretritis


Sistem saluran kemih terdiri dari beberapa bagian, mulai dari ginjal, ureter, kandung kemih, hingga ke uretra. Infeksi saluran kemih yang terjadi pada bagian ini memiliki nama masing-masing. Jika terjadi pada kandung kemih maka kita kenal dengan istilah cystitis. Jika infeksinya pada ginjal, maka namanya adalah pielonefritis, sedangkan infeksi pada uretra disebut uretritis. Kondisi infeksi pada uretra ini biasanya ditandai dengan dorongan buang air kecil yang menjadi lebih sering.

Pada umumnya uretritis terjadi akibat infeksi bakteri dan pengobatannya dapat dilakukan dengan menggunakan obat antibiotik. Penderita urethritis dapat mengalami kesulitan buang air kecil. Bakteri yang dapat menyebabkan urethritis ini di antaranya adalah bakteri E. coli. Namun bakteri penyebab penyakit menular seksual juga dapat menjadi salah satu pemicunya. Bakteri penyebab penyakit gonore dan klamidia merupakan bakteri yang berbahaya. Penderita urethritis akibat infeksi bakteri penyebab penyakit menular seksual dapat menyebabkan gejala lain yang menyertai gejala umum urethritis. Contohnya seperti keluarnya cairan mirip nanah atau sperma dari alat kelamin. Gangguan buang air kecil merupakan gejala umum yang sering muncul selain disebabkan oleh urethritis. Untuk mengetahui bahwa gejala yang Anda alami disebabkan oleh urethritis, lakukan diagnosis di klinik urethritis terbaik di Kelapa Gading Jakarta.


Mengenal Urethritis Lewat Gejalanya


Jadi, pengertian uretritis adalah kondisi yang disebabkan oleh adanya infeksi yang mengenai saluran uretra. Uretritis dapat dikenali melalui gejala yang dialaminya. Gejala uretritis pada pria dan wanita mungkin berbeda, namun berikut gejala umum yang mungkin akan dialami oleh penderita urethritis.

• Hematuria

Hematuria merupakan istilah untuk kencing berdarah. Darah yang ikut keluar bersama urin biasanya disebabkan oleh berbagai penyakit. Salah satunya adalah infeksi saluran kemih yang terjadi pada uretra maupun akibat penyakit pada ginjal dan kanker prostat.

• Dispareunia

Merupakan rasa sakit pada area alat kelamin yang terjadi saat sedang, sebelum, maupun setelah berhubungan seksual.

• Keputihan

Keputihan merupakan hal yang wajar dialami oleh wanita, namun keputihan akibat urethritis biasanya disebut sebagai urethritis abnormal. Keputihan jenis ini biasanya dapat dibedakan dari cairan keputihannya. Pada kondisi normal, warna keputihannya adalah bening dan jumlahnya tidak banyak. Namun akibat uretritis, keputihan dapat berwarna dan terkadang bau jika disebabkan oleh bakteri penyebab penyakit menular seksual.

• Nyeri saat ejakulasi

Pada pria, urethritis dapat menyebabkan rasa nyeri ketika berhubungan seksual, terutama ketika ejakulasi.

• Demam disertai menggigil

Gejala ini biasanya akan dialami ketika infeksi urehritisnya sudah semakin parah. Apalagi jika infeksinya mulai naik ke bagian sistem saluran kemih atas. Tak hanya demam, penderita juga dapat mengalami mual dan muntah-muntah.

• Rasa gatal

Uretritis menyebabkan adanya rasa gatal pada alat kelamin yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

• Pembengkakan pada penis

Jika urethritis terjadi pada pria, maka gejala lain yang mungkin terjadi adalah pembengkakan yang terjadi pada penis. Pembengkakan juga dapat terjadi pada kelenjar getah bening yang terdapat di sekitar selangkangan.

Gejala urethritis pada wanita dan pria bisa saja berbeda. Begitu pula gejala yang dialami oleh setiap penderita utrethritis. Seperti yang kita ketahui, bahwa urethtritis dapat terjadi akibat berbagai sebab. Gejala urethritis yang dialami oleh penderitanya dapat berbeda tergantung pada penyebabnya. Namun, dengan mengenali gejala urethritis yang terjadi, kita dapat lebih mewaspadai gangguan kesehatan yang satu ini. Dengan menyadari gejalanya, maka gangguan akibat uretritis dapat segera diatasi dengan melakukan penanganan yang tepat.


Faktor yang Menyebabkan Urethritis


Selain mengetahui gejalanya, jika ingin mencegah dan mengobati urethritis, maka Anda harus mengetahui faktor penyebabnya. Menghindari penyebabnya, akan memudahkan Anda untuk menghindari bahaya urethritis. Urethritis dibagi menjadi dua jenis berdasarkan penyebab uretritis yang dialami. Ada uretritis gonore dan uretritis non gonore. Uretritis gonore merupakan uretritis yang terjadi akibat bakteri penyebab penyakit gonore. Sedangkan urethritis non gonore yaitu yang disebabkan oleh infeksi bakteri klamidia maupun virus.

Virus yang dapat menyebabkan urethritis di antaranya adalah penyebab penyakit herpes genital yaitu HSV-1 dan HSV-2. Parasit penyebab trikomoniasis juga dapat menyebabkan terjadinya urethritis. Jika Anda pernah mengalami cedera yang menyebabkan adanya gangguan pada uretra, maka hal tersebut juga berpotensi menyebabkan uretritis. Salah satu bahan kimia yang berisiko memicu urethtritis adalah spermisida. Perlu Anda ketahui bahwa yang paling rentang terkena urethritis adalah wanita. Selain itu, pernah atau sedang menderita penyakit menular seksual yang disebabkan oleh seks bebas tanpa menggunakan kondom juga berisiko tinggi menyebabkan urethritis. Urethritis yang dibiarkan dapat menyebabkan cystitis, orchitis, prostatitis, serta berbagai gangguan kesehatan lainnya terutama yang berkaitan dengan alat reproduksi.

klinik urethritis terbaik di kelapa gading jakarta
klinik urethritis terbaik di kelapa gading jakarta

Diagnosis dan Pengobatan Terhadap Urethritis

Dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lanjut untuk mengetahui penyebab dari urethritis. Pemeriksaan lanjutan yang perlu dijalani di antaranya adalah dengan menjalani tes darah, urin, maupun tes kehamilan pada wanita. Jika memang diperlukan, penggunaan USG juga bisa dilakukan untuk memeriksa kondisi sistem saluran kemih dan organ reproduksi. Diagnosisnya dapat dilakukan di klinik urethritis terbaik di kelapa gading Jakarta.
 
Sedangkan untuk pengobatan dapat dilakukan dengan menggunakan obat antibiotik. Jenis obat antibiotik yang dijual di pasaran ada banyak. Agar tidak salah memilih obat antibiotik, ikuti saran yang diberikan dokter. Jika penyebab urethritis adalah virus, maka dapat digunakan obat antivirus untuk mengobati infeksi pada uretra. Selain penggunaan obat, pengobatan untuk urethritis juga dapat dilakukan dengan melakukan prosedur sistoskopi. Prosedur kateterisasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan selang kateter untuk mengeluarkan urin juga dapat menjadi solusi untuk mencegah terjadinya retensi urin maupun pendarahan pada uretra. Sedangkan prosedur kateterisasi langsung ke kandung kemih dapat digunakan jika kondisi penderita tidak memungkinkan untuk melakukan pemasangan kateter maupun sistoskopi. Pengobatan urethritis dapat dilakukan di Klinik Utama Sentosa. Untuk konsultasi mengenai urethritis, silahkan datang langsung ke klinik kami. Atau bisa juga dengan menghubungi dokter kami melalui layanan hotline dengan menghubungi nomor 081366657878.