Rab24Jul201914:29

Ketahui, Berikut Cara Mengatasi Sakit Saat Kencing

Cara mengatasi sakit saat kencing bisa Anda ketahui setelah melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli. Sakit ketika kencing atau disuria merupakan rasa nyeri, tidak nyaman, atau sensasi panas ketika berkemih. Rasa tidak nyaman ini bisa berasal dari kandung kemih, uretra, atau perineum. Sakit saat kencing lebih umum terjadi pada wanita dibandingkan pria karena saluran uretra yang dimiliki lebih pendek dan dekat dengan anus.
cara mengatasi sakit saat kencing
cara mengatasi sakit saat kencing

Penyebab Serta Gejala Penyakit Sakit Saat Kencing

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi sakit saat kencing, penyebab penyakitnya harus diketahui terlebih dahulu. Terdapat berbagai kondisi yang bisa menyebabkan nyeri ketika buang air kecil. Pada wanita, penyebab utamanya adalah infeksi saluran kemih. Sementara pada pria lebih sering diakibatkan oleh uretritis dan kondisi prostat tertentu. Kondisi medis lain yang umumnya menyebabkan munculnya sakit saat kencing, antara lain batu kandung kemih, klamidia, sistitis, dan herpes kelamin. Beberapa faktor risiko lain yang bisa memicu sakit saat kencing, yakni:


  • Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
  • Berhubungan seksual dengan orang yang telah terinfeksi.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi asam.
  • Terbiasa mengonsumsi kopi dan minuman beralkohol.

Berdasarkan penyebab sakit saat kencing atau disuria, gejala lain yang mungkin dirasakan penderita adalah perih pada jalur keluarnya urin, di belakang kemaluan, kandung kemih, atau pun prostat. Cara mengatasi sakit saat kencing harus segera dicari tahu agar tidak berkembang menjadi masalah yang lebih serius.
 

Bagaimana Pengobatan Jika Sakit Saat Kencing?

Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera lakukan pemeriksaan bersama dokter ahli. Pemeriksaan bersama dokter berguna juga untuk mengetahui cara mengatasi sakit saat kencing. Dokter akan memberikan beberapa jenis antibiotik guna mengurangi rasa nyeri akibat infeksi pada saluran kemih. Pada dasarnya, cara mengatasi rasa sakit saat kencing akan berbeda bergantung pada penyebabnya. Untuk pengobatan awal sakit kencing, penderita biasanya disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih dan hindari kebiasaan menahan urin terlalu lama.
 
Meski wanita lebih berisiko terkena sakit saat kencing, para pria perlu mewaspadai hal ini karena penyakit bisa menyerang sewaktu-waktu. Jika Anda mengalami nyeri saat kencing dan tidak mereda setelah lebih dari satu hari yang disertai dengan demam, darah pada urin, atau keluarnya kotoran dari organ kelamin, sesegera mungkin untuk mengunjungi dokter. Selama masa penyembuhan, cara mengatasi sakit saat kencing bisa Anda lakukan di rumah, seperti:

  • Kompres kandung kemih dengan air panas guna meredakan rasa nyeri.
  • Segera kosongkan kandung kemih untuk mencegah bakteri berkembang biak.
  • Rutin konsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter agar penyakit tidak kambuh.

Lakukan Pengobatan Bersama Klinik Utama Sentosa

Berbagai cara mengatasi sakit saat kencing bisa dilakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di Klinik Utama Sentosa, Anda akan ditangani oleh dokter spesialis yang didukung dengan peralatan yang canggih serta modern.
 
Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878. Penyakit yang dibiarkan terlalu lama dalam tubuh bisa menyebabkan kondisi tubuh semakin buruk. Karena itu, segera hubungi Klinik Utama Sentosa agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan penyakit lebih lanjut.