Sab20Apr201910:04

Ketahui, Beberapa Gejala ISK Secara Umum


Gejala ISK yang dibiarkan akan berbahaya karena dapat menimbulkan sejumlah komplikasi penyakit. Infeksi saluran kemih atau ISK merupakan kondisi dimana organ yang termasuk sistem kemih mengalami infeksi. Biasanya, infeksi saluran kemih rentan diderita oleh wanita karena saluran uretra lebih pendek dibandingkan pria. Selain itu, kebiasaan buruk saat menyeka organ kelamin dapat mempermudah masuknya bakteri dari anus ke saluran kencing.
gejala ISK
gejala ISK

Apa Saja Gejala ISK yang Biasa Muncul?

Gejala ISK dapat berbeda-beda sesuai dengan jenis infeksi yang terjadi. Infeksi saluran kemih terbagi menjadi dua jenis, yakni ISK atas dan ISK bawah. Infeksi saluran kemih atas biasanya terjadi pada ureter dan ginjal. Sementara ISK bawah menyerang bagian lain, seperti uretra dan kandung kemih. Perbedaan gejala yang akan dirasakan penderitanya, dapat berupa:

• ISK atas

Gejala ISK atas yang akan dirasakan penderitanya, yaitu berupa munculnya rasa ingin mual hingga muntah, mengalami diare tanpa sebab, tubuh terasa dingin serta menggigil, dan sakit atau nyeri pada bagian tulang selangkangan.


• ISK bawah

Gejala ISK atas ditandai dengan meningkatkan rasa ingin buang air kecil atau berkemih. Selain itu, beberapa gejala lain yang menyertai adalah perubahan pada warna urin serta berbau tidak sedap, perut bagian bawah terasa tidak nyaman, dan merasa tidak tuntas setelah buang air kecil.

Bagaimana Penanganan Terhadap Infeksi Saluran Kemih?

Penanganan gejala ISK atau infeksi saluran kemih biasanya dilakukan dengan obat antibiotik selama 3 hingga 10 hari. Dokter juga akan menyarankan obat pereda rasa nyeri saat berkemih guna mengurangi gejala yang dirasakan. Selama masa perawatan, memperbanyak konsumsi air putih dapat membantu mengeluarkan bakteri melalui proses berkemih. Selain itu, penderitanya dianjurkan untuk berendam dalam air hangat guna meredakan rasa tidak nyaman.
 
Biasanya, gejala penyakit akan menghilang setelah beberapa hari mengonsumsi antibiotik dan melakukan tindak pencegahan. Beberapa cara mencegah infeksi saluran kemih adalah biasakan menyeka organ kelamin dari arah depan ke belakang, hindari penggunaan produk pembersih kewanitaan yang menyebabkan iritasi, dan bersihkan organ kelamin setelah melakukan hubungan seksual.
 
Infeksi saluran kemih yang tidak ditangani dengan segera dapat mengakibatkan munculnya beberapa komplikasi serius. Bahaya atau komplikasi tersebut, dapat berupa kerusakan ginjal permanen akibat adanya infeksi. Tak hanya itu, infeksi saluran kemih juga berisiko mengalami kekambuhan dalam kurun waktu 6 bulan hingga 4 kali dalam setahun. Komplikasi akibat ISK lainnya, antara lain:

• Sepsis, yakni kondisi berbahaya akibat infeksi yang menyebar hingga ke organ ginjal.
• Striktur uretra, yaitu penyempitan saluran kencing atau uretra yang terjadi pada pria.
• Kelahiran prematur atau berat badan lahir rendah, biasanya dialami oleh wanita hamil.


Segera Lakukan Konsultasi di Klinik Utama Sentosa

Gejala ISK dapat disembuhkan jika segera menangani penyakit bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik karena perawatan penyakit ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten serta menggunakan peralatan medis yang modern.
 
Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis sehingga dapat mempermudah pasien baru yang ingin melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Penanganan yang dilakukan dengan segera dapat membantu menghindari terjadinya komplikasi penyakit lebih serius. Karena itu, untuk informasi lebih lanjut Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.