Kam14Feb201914:42

Kandung Kemih Sakit, Kenapa Bisa Terjadi?

Kandung kemih sakit atau sistitis umumnya disebabkan karena adanya infeksi atau peradangan sehingga muncul kemerahan dan bengkak. Peradangan ini terjadi karena bakteri dari luar masuk ke dalam melalui saluran uretra. Penyakit yang tidak segera ditangani akan sangat menyakitkan dan mengganggu terutama jika sudah menyebar naik ke organ penting, seperti ginjal. Karena itu, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

kandung kemih sakit
kandung kemih sakit

Apa Saja Penyebab Kandung Kemih Terasa Sakit?

Penyebab kandung kemih sakit paling utama adalah infeksi bakteri bernama Escherichia coli atau E.coli. Bakteri ini dapat ditularkan melalui hubungan seksual, baik pria maupun wanita. Namun, wanita yang tidak aktif secara seksual juga berpotensi mengalami infeksi karena bakteri sering berkumpul di tempat gatal, seperti sekitar organ kemaluan. Beberapa penyebab lain dari kandung kemih sakit, adalah sebagai berikut:



• Mengonsumsi obat-obatan tertentu, terutama obat kemoterapi.
• Pernah melakukan terapi radiasi di bagian panggul.
• Menggunakan kateter urin dalam jangka waktu yang panjang.
• Pemakaian produk pembersihan yang berbahan kimia.
• Adanya komplikasi penyakit lain, seperti diabetes dan batu ginjal.
• Perubahan pada sistem kekebalan tubuh yang melemah.
• Terdapat masalah atau gangguan pada aliran urin.

Faktor risiko yang dapat meningkatkan kandung kemih sakit antara wanita dan pria berbeda. Beberapa hal yang berpotensi tinggi menyebabkan wanita mengalami sistitis adalah telah aktif secara seksual, menggunakan alat kontrasepsi jenis tertentu, sedang dalam kondisi hamil, dan memasuki masa menopause. Sementara pada pria, faktor yang dapat meningkatkan infeksi kandung kemih, antara lain:

• Melakukan hubungan seksual tanpa pelindung atau kondom.
• Memiliki riwayat penyakit infeksi pada kelenjar prostat.
• Adanya penyumbatan sistem kandung kemih akibat tumor.

Diagnosis Sistitis serta Cara Penanganannya

Sebelum penanganan dilakukan, dokter biasanya akan mendiagnosis penyakit berdasarkan gejala yang dialami penderita. Untuk mendapatkan hasil diagnosis yang lebih akurat, beberapa metode pemeriksaan dapat dilakukan oleh dokter. Tes atau pemeriksaan untuk mengetahui penyebab kandung kemih sakit, seperti berikut ini.
• Tes kertas dipstick, merupakan strip kertas yang mengandung bahan kimia dan akan bereaksi terhadap nitrit atau leukosit pada urin.

• Tes urin, berguna untuk mengetahui jenis bakteri apa yang menyebabkan terjadinya infeksi pada kandung kemih.

• Tes USG atau pemindaian, berguna untuk memeriksakan kondisi pasien yang mengalami infeksi kandung kemih kambuhan.

• Sistoskopi, dilakukan dengan menggunakan alat berbentuk selang yang dilengkapi kamera sehingga dapat membantu dokter mengetahui kondisi kandung kemih.

Kandung kemih yang menyebabkan gejala ringan masih dapat ditangani dengan mudah atau sembuh dengan sendirinya. Proses penyembuhan penyakit akan lebih cepat jika disertai dengan tindak pencegahan, seperti tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol, menghindari hubungan seksual untuk sementara waktu, dan konsumsi obat pereda rasa sakit secara rutin.


Konsultasi Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Cara terbaik menangani kandung kemih sakit adalah melakukan pemeriksaan dan perawatan di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa termasuk salah satu klinik spesialis yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapat kesembuhan maksimal karena perawatan dilakukan oleh dokter ahli berpengalaman dengan menggunakan peralatan medis yang telah canggih serta modern.
 
Pelayanan medis di Klinik Utama Sentosa diberikan secara optimal sehingga pasien dapat merasakan kepuasaan selama melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan karena klinik ini memberikan keringanan biaya. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera berkonsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.