Sel14Mei201915:28

Infeksi Saluran Kemih Disebabkan Oleh Apa?

Penyebab infeksi saluran kemih terjadi saat bakteri masuk ke urin dan mulai tumbuh, infeksi bakteri umumnya dimulai pada pembukaan uretra dimana urin meninggalkan tubuh dan bergerak ke atas saluran kemih.
Infeksi Saluran Kemih Disebabkan Oleh Apa?
Infeksi Saluran Kemih Disebabkan Oleh Apa?
Tahukah Anda, meskipun sistem kemih dirancang mencegah penjajah mikroskopis penyebab infeksi saluran kemih, pertahanan ini terkadang gagal. Saat hal ini terjadi, bakteri dapat memegang dan infeksi besar pun terjadi disaluran kemih.

Infeksi saluran kemih disebabkan mikroba yang mengatasi pertahanan tubuh di saluran kemih, bakteri penyebab infeksi saluran kemih mampu mempengaruhi ginjal, kandung kemih, serta tabung yang mengalir di antara mereka.

Orang-orang dari segala usia dan jenis kelamin dapat mengembangkan infeksi saluran kemih. Namun, beberapa orang lebih berisiko daripada yang lainnya. Faktor yang dapat meningkatkan dan mengembangkan infeksi saluran kemih, antara lain:

• Hubungan seksual terutama jika lebih sering,
• Diabetes.
• Kebersihan yang buruk.
• Aliran urin yang tersumbat.
• Batu ginjal.



Mengenal gejala infeksi saluran kemih

Gejala infeksi saluran kemih dapat bergantung pada usia, jenis kelamin, dan juga bagian saluran kemih yang mana yang terinfeksi. Gejala umum infeksi saluran kemih, antara lain:

• Keinginan yang kuat dan sering buang iar kecil.
• Urin keruh, berdarah, atau berbau.
• Rasa sakit atau sensasi rasa terbakar ketika buang air kecil.
• Mual dan muntah.
• Demam.

Baca juga: Beberapa Gejala ISK Secara Umum! Klik Disini

Diagnosis dan pengobatan infeksi saluran kemih

Tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis infeksi saluran kemin, antara lain:

Menganalisis sampel urin. Kemungkinan dokter akan meminta sampel urin untuk analisis laboratorium untuk mencari sel darah putih, sel darah merah atau bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Untuk menghindari kemungkinan kontaminasi sampel, mungkin Anda akan diperintahkan untuk menyeka area genital dan mengumpulkan urin di tengah aliran.

Antibiotik merupakan bagian dari pengobatan infeksi saluran kemih untuk membasmi bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Obat mana yang diresepkan dan berapa lama tergantung pada kondisi kesehatan dan jenis bakteri penyebab yang ditemukan dalam urin.



Pencegahan infeksi saluran kemih

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko mengembangkannya, antara lain:

• Minum banyak air dan sering buang air kecil.
• Hindari cairan alkohol dan kafein yang dapat mengiritasi kendung kemih.
• Setelah melakukan hubungan seksual, buang air kecil segera.
• Usap dari depan kebelakang setelah buang air kecil dan buang air besar.
• Menjaga agar area genital tetap bersih.

Segera hubungi dokter jika mengalami gejala infeksi saluran kemih, terutama jika mengembangkan gejala infeksi ginjal yang potensial untuk segera mendapatkan penanganan dan mencegah munculnya komplikasi akibat infeksi saluran kemih.

Simak: 3 Metode Penanganan ISK Yang Parah!

Infeksi saluran kemih? Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa
Untuk mendapatkan pengobatan infeksi saluran kemih yang aman hingga tuntas, kunjungi Klinik Utama Sentosa sekarang juga! Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan kulit kelamin, memiliki dokter ahli kelamin terlatih yang sudah banyak membantu menyembuhkan penyakit yang sama seperti Anda.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru untuk menyembuhkan penyakit kelamin hingga tuntas. Memberikan perawatan medis prima yang akurat, perawatan terarah dan berkualitas dimana pengobatan bertujuan untuk membasmi bakteri penyebab infeksi saluran kemih, yang di dukung peralatan medis canggih dengan biaya terjangkau.

Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lain terkait penyebab infeksi saluran kemih dan untuk membasmi bakteri penyebabnya hingga tuntas, konsultasi langsung secara online gratis dengan tenaga medis profesional kami, atau hubungi kami di 081366657878.