Rab02Jan201912:08

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Gejala infeksi saluran kemih yang diderita baik pada wanita maupun pria bergantung pada jenis infeksi. Infeksi saluran kemih atau ISK merupakan suatu kondisi dimana organ dalam sistem kemih mengalami infeksi. Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh bakteri Escherichia coli. Bakteri ini sering terdapat pada saluran pencernaan manusia dan menginfeksi dengan cara masuk ke dalam saluran kemih melalui lubang kencing.

 

gejala infeksi saluran kemih
gejala infeksi saluran kemih

Gejala Umum Akibat Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih dapat dibagi menjadi dua bagian berdasarkan bagian yang terinfeksi, yakni ISK atas dan ISK bawah. Bagian atas yang terinfeksi bakteri penyebab infeksi saluran kemih, biasanya menginfeksi ginjal dan ureter. Sementara infeksi saluran kemih bawah akan menyerang kandung kemih dan uretra. Penderita infeksi saluran kemih umumnya akan mengalami gejala utama, berupa nyeri atau sakit saat buang air kecil.
 
Gejala infeksi saluran kemih dapat berbeda-beda sesuai jenisnya. Jika terjadi di bagian atas, gejala infeksi saluran kemih akan menyebabkan nyeri pada pinggang, punggung bawah, dan daerah selangkangan. Selain itu, gejala lainnya juga dapat berupa demam, mual atau muntah, tubuh terasa dingin hingga menggigil, dan diare. Gejala infeksi saluran kemih yang terjadi pada bagian bawah muncul sedikit berbeda. Beberapa gejala yang muncul, antara lain:

• Sakit ketika buang air kecil.
• Nyeri pada perut bagian bawah.
• Cairan urin berbau menyengat.
• Terjadi perubahan pada warna urin.
• Urin yang keluar disertai darah.
• Keinginan buang air kecil besar.
• Intensitas urin yang keluar sedikit.

Apa Saja Komplikasi yang Mungkin Terjadi?

Komplikasi mungkin dapat muncul jika gejala infeksi saluran kemih tidak ditangani dengan tepat. Infeksi yang terjadi pada saluran kemih jika dibiarkan tanpa penanganan akan menyebabkan infeksi ginjal atau pielonefritis. Kondisi ini biasanya mengakibatkan kerusakan pada organ ginjal secara permanen. Jika hal ini sudah terjadi, gejala infeksi saluran kemih akan mengalami kekambuhan dalam kurun waktu 6 bulan hingga empat kali dalam setahun. Beberapa komplikasi akibat adanya infeksi pada saluran kemih, meliputi:


• Sepsis

Bakteri penyebab infeksi saluran kemih yang sudah menyebar ke organ gingal akan mengakibatkan kondisi berbahaya, seperti sepsis. Sepsis adalah keadaan dimana tubuh akan bereaksi hebat akibat bakteri atau mikroorganisme hingga bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya.


• Striktur

Bahaya atau komplikasi akibat tidak melakukan penanganan pada gejala infeksi saluran kemih adalah striktur. Striktur merupakan penyempitan yang terjadi pada uretra pria. Hal ini umumnya terjadi akibat adanya masalah, seperti uretritis berulang.
 

• Kelahiran prematur

Penyakit infeksi saluran kemih bisa dialami oleh semua orang, termasuk wanita hamil. Ibu hamil yang memiliki infeksi pada saluran kemih berisiko tinggi melahirkan bayi dengan berat badan rendah atau prematur.

Penanganan Terhadap Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih dapat ditangani dengan mengonsumsi obat antibiotik sesuai resep dokter. Jenis antibiotik biasanya diresepkan sesuai dengan kondisi kesehatan penderitanya dan jenis bakteri yang terdapat pada urin. Pengobatan dengan menggunakan obat antibiotik dapat menghilangkan gejala dalam beberapa hari. Namun meski sudah berangsur menghilang, antibiotik tetap harus dikonsumsi hingga habis.
 
Pada penderita infeksi saluran kemih yang sering mengalami kekambuhan, dokter akan menganjurkan untuk konsumsi antibiotik dalam dosis rendah. Sementara pada infeksi yang terjadi akibat aktivitas seksual, maka obat harus dikonsumsi setelah melakukan hubungan seksual. Pada jenis infeksi yang sudah berat, cara terbaik untuk menanganinya adalah dengan pemberian antibiotik berupa suntikan.
 
Penanganan infeksi saluran kemih pada wanita atau pria dapat dilakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin. Jika melakukan perawatan terutama mengenai infeksi saluran kemih, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya, yakni layanan konsultasi yang ditawarkan secara online dan gratis. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.