Jum25Jan201913:06

Gejala Anyang Anyangan Secara Umum

Gejala anyang anyangan berupa ketidaknyamanan ketika buang air kecil dapat dihilangkan dengan melakukan penanganan tepat. Anyang anyangan atau biasa disebut disuria ini bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Namun, risiko seseorang untuk menderita anyang anyang lebih besar terjadi pada wanita karena memiliki uretra yang lebih pendek. Sementara pada pria, biasanya penyakit ini lebih sering menyerang seseorang yang sudah berusia lanjut.

gejala anyang anyangan
gejala anyang anyangan

>>>klik untuk konsultasi 24 jam gratis<<<

Beberapa Gejala Penyakit Anyang Anyangan

Gejala anyang anyangan secara umum adalah rasa nyeri dan panas yang dirasakan seusai melakukan buang air kecil. Ketika buang air kecil, urin seharusnya dikeluarkan dalam jumlah banyak namun saat anyang anyangan biasanya urin hanya sedikit sehingga mengakibatkan rasa nyeri. Gejala anyang anyangan bisa dibagi berdasarkan sistem kemih mana yang terinfeksi. Beberapa gejala anyang anyangan tersebut adalah sebagai berikut.
 
• Ginjal atau pielonefritis akut, yaitu nyeri pada pinggang belakang bagian atas, demam tinggi, dan mual atau muntah.

• Kandung kemih atau sistitis, yaitu rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa sakit, rasa ingin buang air secara berulang, dan keluarnya urin yang disertai darah.

• Saluran kencing atau urethritis, yaitu kemaluan perih ketika buang air kecil yang disebabkan menyebarnya bakteri dari anus ke saluran kemih.
 
Rasa nyeri dan perih merupakan gejala anyang anyangan yang paling utama. Gejala tersebut juga menjadi pertanda bahwa telah terjadi sesuatu pada saluran kemih bagian bawah. Anyang anyangan disebabkan oleh adanya bakteri dan kuman akibat kurang menjaga kebersihan daerah intim. Gejala anyang anyangan baik pada wanita maupun pria secara umum, yakni sebagai berikut:

• Rasa perih saat buang air kecil.
• Urin berbau menyengat dan lebih pekat.
• Tubuh mudah merasa lelah.
• Badan terasa kurang sehat.
• Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
• Buang air kecil lebih sering namun volume urin sedikit.
• Demam tinggi hingga menggigil.


Penanganan Terhadap Penyakit Anyang Anyangan

Munculnya gejala anyang anyangan dapat diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter, terutama pada kasus infeksi saluran kencing, infeksi ginjal, dan infeksi pada kandung kemih. Dokter biasanya akan memberikan obat analgesik guna mengurangi nyeri dan meredakan rasa sakit di sekitar saluran kemih. Selain mengonsumsi obat, anyang anyangan dapat diatasi dengan melakukan beberapa perawatan rumahan, seperti:


• Jaga kebersihan organ kelamin

Selalu menjaga kebersihan organ kelamin menjadi kunci menghindari terinfeksi bakteri penyebab anyang anyangan. Setelah buang air kecil, usahakan untuk selalu membersihkan saluran kencing dari arah depan ke belakang, terutama kaum wanita. Hal ini dilakukan untuk mengurangi perpindahan bakteri dari anus ke saluran kencing.
 

• Berendam di dalam air hangat

Gejala penyakit anyang anyangan berupa rasa tidak nyaman, nyeri, dan sakit ketika buang air kecil dapat diatasi dengan rutin berendam. Melakukan kegiatan berendam dengan air hangat dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman di sekitar organ kelamin selama mengalami anyang anyangan.


• Segera kosongkan kandung kemih

Menahan air urin di dalam kandung kemih terlalu lama dapat memicu munculnya masalah anyang anyangan. Urin yang berada di kandung kemih akan mengakibatkan bakteri berkembang dan menyebar ke organ tubuh lainnya. Sebaiknya, ikuti keinginan alami tubuh dengan segera membuang urin jika sudah merasa ingin buang air kecil.


Segera Lakukan Konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa

Gejala anyang anyangan bisa dihilangkan dengan melakukan perawatan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik spesialis penanganan penyakit kulit dan kelamin terpercaya dan yang berada di daerah Jakarta. Anda akan mendapatkan pelayanan medis terbaik karena ditangani oleh tim medis berkompeten di bidangnya serta menggunakan peralatan medis canggih dan berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memiliki beberepa layanan gratis dan online, seperti reservasi serta konsultasi untuk mempermudah pasien melakukan pengobatan. Melalui konsultasi ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai penyakit yang diderita dengan mudah. Karena itu, segera lakukan pemeriksaan dan penanganan dengan Klinik Utama Sentosa. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.