Kam11Jul201909:50

Dapatkah Infeksi Saluran Kemih Menular?

 

Apakah infeksi saluran kemih menular? Untuk mengetahui jawabannya, simak informasi seputar infeksi saluran kemih di bawah ini. infeksi saluran kemih adalah salah satu gangguan kesehatan yang dapat dialami oleh pria maupun wanita. Infeksi yang diakibatkan oleh adanya bakteri ini jika menginfeksi bagian kandung kemih ataupun uretra dapat menyebabkan gangguan infeksi saluran kemih ini.

infeksi saluran kemih menular
infeksi saluran kemih menular


Bakteri penyebab infeksinya dapat menginfeksi ini jika dibiarkan dapat naik dan menginfeksi organ tubuh bagian dalam lainnya seperti ginjal. Jika bakteri telah naik ke ginjal, maka penderitanya dapat mengalami gangguan ginjal. Bakteri yang menyebabkan infeksi ini yang paling banyak ditemukan pada penderita adalah bakteri E.coli.

Mengenal Infeksi Saluran Kemih


Infeksi saluran kemih dapat diartikan sebagai kondisi infeksi akibat bakteri yang menyerang bagian kandung kemih atau uretra. Kandung kemih merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menampung urin sebelum dikeluarkan dari tubuh melalui aktivitas berkemih. Sedangkan uretra merupakan bagian yang membawa urin keluar tubuh dari kandung kemih.

Saat kedua bagian ini terkena infeksi, maka akan terjadi gangguan buang air kecil yang dialami oleh penderitanya. Gejala infeksi saluran kemih dapat berupa gangguan kencing seperti rasa nyeri yang terasa setiap buang air kecil. Untuk mengenal lebih dalam seperti apa bahaya infeksi saluran kemih, mari kita kenali penyebab, gejala, serta bahaya yang dapat disebabkan oleh infeksi satu ini.


Apa Gejala Infeksi Saluran Kemih?


Ketika seseorang terkena infeksi saluran kemih, maka tanda atau gejala berikut ini biasanya terjadi:

• Rasa terbakar ketika buang air kecil. 
• Intensitas buang air kecil menjadi lebih sering.
• Buang air kecil, namun keluarnya sedikit.
• Rasa nyeri pada bagian panggul maupun perut bagian bawah.
• Warna urin lebih keruh dan terkadang bercampur darah.
• Mudah merasa lelah ataupun gemetar.

Ketika infeksi sudah sampai ke ginjal, maka penderitanya mungkin akan mengalami gejala berupa demam disertai menggigil. Jika gejala ini sudah terjadi, maka pengobatan tidak boleh ditunda lagi. Tentu saja langkah yang paling tepat adalah dengan memeriksakannya, begitu gejala awal infeksi saluran kemih menular dirasakan. Usahakan untuk tidak memakai pakaian dalam yang tidak nyaman, jika tidak ingin mengalami gejala infeksi saluran kemih yang semakin parah. 

infeksi saluran kemih menular
infeksi saluran kemih menular

Penyebab Infeksi Saluran Kemih


Kebiasaan membersihkan area kemaluan dari belakang ke depan merupakan salah satu penyebab terjadinya infeksi saluran kemih menular. Kebiasaan ini akan mempermudah bakteri dari anus masuk ke dalam vagina dan naik hingga ke kandung kemih maupun uretra. Wanita paling sering terkena infeksi saluran kemih ini karena ukuran uretra yang lebih pendek. Selain itu letak uretra wanita juga jauh lebih dekat dengan anus sehingga bakterinya dapat dengan masuk dari anus ke uretra.

Pria juga dapat mengalami infeksi saluran kemih, hanya saja karena faktor letak dan ukuran uretra pada wanita dan pria ini maka yang paling sering terkena infeksi saluran kemih adalah wanita. Untuk menghindari bahayanya, tentu Anda harus menghindari penyebab infeksi saluran kemih menular seperti kebiasaan membersihkan alat kelamin yang tidak benar. Mulailah dengan memperbaiki cara Anda membersihkan alat kelamin jika ingin terhindar dari bahaya infeksi saluran kemih ini. Kebiasaan tidak membersihkan alat kelamin setelah berhubungan seksual juga dapat menyebabkan adanya infeksi pada saluran kemih ini.


Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih
Ada beberapa langkah mudah yang dapat anda lakukan jika ingin terhindar dari bahaya infeksi saluran kemih menular. Pertama periksakan diri Anda di Klinik Utama Sentosa untuk mendiagnosis gejala yang Anda alami. Setelah penyebabnya diketahui, maka pengobatan dapat segera dilakukan. Perlu diingat jika pengobatannya juga sebaiknya lakukan sesuai dengan saran dokter. Untuk konsultasi , silahkan lakukan dengan menghubungi dokter kami di nomor 081366657878.