Sab13Jul201914:25

Ciri Infeksi Saluran Kencing Pada Pria Paling Umum

 

Mengetahui ciri infeksi saluran kencing pada pria dapat membantu kita untuk mendeteksi penyakit ini lebih cepat. Dengan mengetahui ciri atau gejala yang mungkin dialami oleh pria yang terkena infeksi saluran kencing akan mempermudah mendeteksi adanya penyakit tersebut dan dapat segera dilakukan pengobatan. Infeksi saluran kencing sering terjadi pada wanita, namun bukan berarti pria tidak dapat mengalaminya.

ciri infeksi saluran kencing pada pria
ciri infeksi saluran kencing pada pria


Pria yang berusia lanjut paling rentan terkena penyakit saluran kencing ini. Infeksi saluran kencing (ISK) merupakan suatu kondisi ketika infeksi terjadi pada organ sistem kemih. Organ yang termasuk ke dalam sistem kemih diantaranya adalah uretra, kandung kemih, ureter, hingga ginjal. Yang harus waspada terhadap ciri infeksi saluran kencing pada pria adalah mereka yang berusia 50 tahun keatas. ISK akan menjadi serius jika sudah mencapai pada organ sistem kemih bagian atas, seperti ginjal.

Faktor Risiko Infeksi Saluran Kencing


Ada beberapa faktor risiko yang dapat mempengaruhi terjadinya infeksi saluran kencing (ISK) selain usia, yaitu:

• Terjadi pembesaran kelenjar prostat.
• Menderita Batu ginjal.
• Mengalami gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan daya tahan tubuh lemah.
• Menderita penyakit Diabetes.
• Menggunakan kateter.
• Mengalami gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan daya tahan tubuh lemah.

Pria yang memiliki faktor risiko infeksi saluran kencing di atas akan memiliki kemungkinan terkena infeksi saluran kencing lebih tinggi. Ketika seorang pria terkena infeksi saluran kencing, maka ia akan mengalami berbagai gejala. Untuk mengetahui gejala infeksi saluran kencing pada pria, simak informasi di bawah ini.

ciri infeksi saluran kencing pada pria
ciri infeksi saluran kencing pada pria

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Ada beberapa gejala yang biasa diderita penderita infeksi saluran kemih yang harus diwaspadai, diantaranya:

• Cenderung tidak dapat menahan dorongan untuk buang air kecil.
• Intensitas buang air kecil menjadi lebih sering.
• Saat berkemih urine yang dikeluarkan hanya sedikit.
• Rasa nyeri atau tidak nyaman di sekitar perut bagian bawah.
• Rasa nyeri setiap kali buang air kecil.
• Mengalami tekanan pada bagian panggul.
• Urin yang keluar berwarna lebih gelap dan terkadang terdapat darah.
• Kencing yang terasa tidak tuntas.
• Badan lebih cepat lelah dan nyeri.



Ciri infeksi saluran kencing pada pria yang wajib diwaspadai adalah ketika Anda mendapati cairan yang merembes dari bagian penis. Gejala infeksi saluran kencing yang dialami oleh setiap orang bisa saja berbeda, dan pada beberapa orang mengalami gejala di atas yang disertai dengan gejala muntah, mual, bahkan demam dan menggigil. Ketika gejala tersebut muncul, bisa jadi ISK telah menyebar ke sistem organ kemih bagian atas yaitu ginjal.

Mengobati Infeksi Saluran Kencing


Kebiasaan menahan kencing dan kurang minum air putih merupakan salah satu hal yang dapat memicu terjadinya infeksi saluran kencing (ISK). Jika ingin mencegah, maka hindarilah hal-hal yang dapat menyebabkan ISk, sedangkan untuk mengobatinya, penggunaan obat antibiotik merupakan salah satunya. Sedangkan untuk metode pengobatan lainnya dapat Anda tanyakan langsung pada dokter kami di Klinik Utama Sentosa. Perhatikan juga ciri infeksi saluran kencing pada pria yang mungkin Anda alami.



Penggunaan obat untuk infeksi saluran kencing pada pria ini sebaiknya menggunakan resep dari dokter. Hal ini untuk menghindari adanya ISK yang menginfeksi kembali. Sebelum memutuskan untuk melakukan pengobatan, sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan penyebab ISK yang Anda alami. Sedangkan mengonsumsi obat, ikutilah dosis dari dokter agar infeksi saluran kencing pada pria segera sembuh. Sedangkan cara yang dapat pria lakukan untuk mencegah ISK ini adalah dengan menjaga kebersihan alat kelamin agar tidak terjadi infeksi serta mewaspadai ciri infeksi saluran kencing pada pria. Untuk informasi lebih lanjut mengenai gangguan infeksi saluran kencing pada pria, silahkan hubungi dokter kami untuk konsultasi melalui nomor 081366657878 .