Sel15Jan201909:41

Ciri Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Ciri infeksi saluran kemih umumnya akan mengakibatkan ketidaknyaman ketika buang air kecil. Salah satu gejala atau ciri infeksi saluran kemih yang dirasakan penderitanya adalah anyang-anyangan. Infeksi saluran kemih terjadi akibat masuknya kuman atau bakteri ke dalam saluran kencing yang kemudian bergerak menuju uretra. Jika tak segera diobati, bakteri akan menyebar ke kandung kemih hingga organ dalam, seperti ginjal.

ciri infeksi saluran kemih
ciri infeksi saluran kemih

>>>lakukan konsultasi online dengan dokter Kami<<<

Ciri Infeksi Saluran Kemih Secara Umum

Penyakit infeksi saluran kemih akan ditandai dengan meningkatnya keinginan buang air kecil padahal yang dikeluarkan hanya sedikit. Hal inilah yang mengakibatkan timbulnya rasa panas di sekitar organ kelamin. Selain itu, penderitanya akan merasakan nyeri di daerah panggul, sekitar tulang kelamin, dan perut bagian bawah. Urin juga dapat mengalami perubahan menjadi keruh dan disertai dengan darah.
 
Infeksi yang sudah menyebar ke daerah ginjal bisa menyebabkan munculnya demam hingga kedinginan. Demam akibat infeksi bisa mencapai 38 derajat Celsius hingga mengakibatkan munculnya perasaan gelisah, mudah lelah, dan kebingungan. Jika Anda sudah merasakan beberapa gejala tersebut, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter ahli guna menghindari komplikasi penyakit lebih lanjut.

Perbedaan Gejala Berdasarkan Jenis Infeksi

Gejala atau ciri infeksi saluran kemih bergantung pada jenis infeksi yang dialami. Infeksi saluran kemih dibagi menjadi dua jenis, yakni ISK atas dan ISK bawah. Pada ISK atas, gejala utama yang dirasakan adalah nyeri di bagian pinggang, punggung bawah, dan sekitar selangkangan. Selain itu ciri infeksi saluran kemih lainnya, dapat berupa demam hingga tubuh terasa dingin, mual atau muntah, dan diare. Sementara, gejala ISK bawah yang timbul, meliputi:


• Tidak dapat menahan keinginan untuk buang air kecil.
• Nyeri panggul pada wanita atau di rektum pada pria.
• Urin yang dikeluarkan berbau sangat menyengat.
• Mengalami hematuria atau terdapat darah dalam urin.
• Tubuh terasa mudah lelah dan mengalami lemas.
• Frekuensi BAK meningkat meski jumlah urin sedikit.

PENYAKIT INFEKSI SALURAN KEMIH PADA WANITA*

Pengobatan Terhadap Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Ciri infeksi saluran kemih dapat dikurangi dengan melakukan perawatan secara medis. Namun, Anda juga dapat mencoba beberapa cara alami untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih pada wanita, seperti:


• Perbanyak minum air

Mengonsumsi air putih secara teratur setiap hari bisa menjadi salah satu cara mengobati infeksi saluran kemih. Biasanya, dokter akan menyarankan untuk meminum air putih sebanyak delapan hingga sepuluh gelas per hari. Hal ini berguna untuk menghilangkan bakteri melalui urin yang dikeluarkan.


• Tidak menahan urin terlalu lama

Menahan urin terlalu lama dapat mengakibatkan bakteri berkembang di dalam kandung kemih. Selain itu, Anda juga harus buang air kecil setelah melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari risiko masuknya bakteri ke dalam saluran kencing.


• Kompres dengan bantalan panas

Untuk mengurangi rasa nyeri akibat adanya infeksi pada saluran kemih, Anda bisa mengompresnya dengan menggunakan bantalan panas. Bantalan panas ini dapat meringankan rasa sakit atau nyeri di daerah kandung kemih. Anda harus mengaplikasikannya dengan menggunakan kain pemisah sebelum ditempalkan langung pada kulit.


Konsultasikan Bersama Klinik Utama Sentosa

Lakukan penanganan pada masalah infeksi saluran kemih dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa adalah salah satu klinik kesehatan terpercaya yang berada di wilayah Jakarta. Klinik ini didukung oleh tim dokter berpengalaman serta peralatan medis yang telah canggih dan modern. Karena itu, melakukan perawatan di klinik ini akan mendapatkan pelayanan medis maksimal baik saat penanganan dan pemeriksaan rutin. Segera konsultasikan dengan dokter Kami atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.