Sab26Jan201909:28

Ciri-ciri Infeksi Saluran Kemih

 

Pernah merasa anyang-anyangan yang menyebabkan sering kencing, tetapi air seni yang keluar hanya sedikit. Terkadang disertai dengan rasa nyeri, gejala ini merupakan tanda atau ciri-ciri infeksi saluran kemih pada wanita. Infeksi salurn kemih disebabkan infeksi bakteri yang menyerang area saluran kemih.

Ciri-ciri Infeksi Saluran Kemih
Ciri-ciri Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih cenderung lebih menyerang wanita. Namun bukan berarti para pria akan terbebas dari masalah ini. Hal ini disebabkan karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek dibandingkan dengan pria, sehingga menyebabkan akses perpindahan bakteri ke kandung kemih menjadi lebih cepat. Banyak wanita yang mengalami infeksi saluran kemih berulang, yang bahkan terkadang selama bertahun-tahun, hal ini terjadi karena pengobatan yang terlambat dan tidak diatasi sejak gejala awal atau ciri-ciri infeksi saluran kemih muncul.

 
<<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Penyebab infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih merupakan alasan utama para wanita penting menyeka area kemaluan setelah buang air kecil dari depan kebelakang. Sebab uretra, organ yang berbentuk selang mengangkut urine dari kandung kemih ke luar tubuh, terletak dekat anus. Bakteri dari usus besar seperti Eschericia coli, berada dalam posisi yang sempurna untuk pindah dari anus menuju ke uretra. Bakteri dapat melakukan perjalanan hingga ke kandung kemih, dan jika hal ini tidak diobati, maka akan menginfeksi ginjal.

Wanita sangat rentan terhadap infeksi saluran kemih karena uretra yang dimiliki wanita lebih pendek, yang memungkinkan bakteri dapat untuk menuju kandung kemih dengan sangat cepat. Berhubungan seksual juga dapat menyebabkan bakteri masuk dalam saluran kemih, sehingga penting untuk mencuci daerah kemaluan setelah aktivitas hubungan seksual.

 
<<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Gejala atau ciri-ciri infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih dibagi menjadi 2, antara lain infeksi saluran kemih bawah, dan infeksi saluran kemih atas. Beberapa ciri-ciri infeksi saluran kemih atau gejala infeksi saluran kemih, antara lain:

  1. Sering buang air kecil. Penderita infeksi saluran kemih akan sering bolak-balik buang air kecil, meskipun urine yang dikeluarkan dalam volume yang sedikit, atau bahkan tidak ada sama sekali. Penderita infeksi saluran kemih tetap ingin selalu buang air kecil.
  2. Warna urine yang tidak wajar. Urine yang sehat memiliki warna kuning pucat, jika warna urine yang keluar berbeda, seperti kuning gelap atau berwarna cokelat, serta dengan aroma seperti bau busuk. Hal ini merupakan merupakan gejala infeksi saluran kemih. Jika urine juga dikeluarkan disertai darah, kemungkinan pendarahan hebat terjadi di dalam kandung kemih.
  3. Demam atau menggigil. Demam adalah respon alami dari sistem imun untuk mencegah infeksi yang menyerang tubuh. Ketika mengalami infeksi saluran kemih, terkadang wanita atau pria akan mengalami demam, diserta dengan menggigil.

Sebaiknya untuk segera mendapatkan penanganan apabila gejala atau ciri-ciri infeksi saluran kemih ini muncul. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, sehingga infeksi saluran kemih dapat diatasi, dan tidak menyebabkan infeksi saluran kemih akut. Gejala yang terdeteksi sejak awal akan lebih mudah untuk disembuhkan.


 <<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Komplikasi akibat infeksi saluran kemih

Ketika infeksi saluran kemih mendapatkan pengobatan yang tepat, infeksi saluran kemih jarang menyebabkan komplikasi. Namun infeksi saluran kemih memiliki konsekuensi yang serius pada kesehatan jika tidak diobati. Komplikasi akibat infeksi saluran kemih termasuk:

  • Infeksi berulang. Terutama wanita yang mengalami infeksi saluran kemih dua atau lebih dalam perode 6 bulan.
  • Kerusakan ginjal permanen, akibat infeksi saluaran kemih akut atau kronis, karena infeksi saluran kemih tidak diobati.
  • Risisko melahirkan berat badan bayi rendah atau bayi prematur, jika infeksi saluran kemih terjadi pada wanita hamil.
  • Penyempitan uretra pada pria dari uretritis yang berulang.
  • Sepsis, komplikasi infeksi berpotensi untuk mengancam jiwa, terutama bila infeksi bekerja pada saluran urine ke ginjal.

 
SIMAK INFEKSI SALURAN KENCING SEMBUH TANPA OBAT

Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Jika saat ini Anda mengalami gejala atau ciri-ciri infeksi saluran kemih, sebaiknya untuk segera melakukan tindakan penanganan sebelum terlambat dan menimnulkan bahaya pada saluran kemih Anda. Datang dan kunjugi Klinik Utama Sentosa untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru, disini Anda akan ditangani langsung oleh dokter ahli profesional yang sudah berpengalaman bidang penyakit kelamin pria maupun wanita, di dukung peralatan medis modern yang canggih dan laboratorium yang steril, dengan biaya pengobatan terjangkau. Kami memberikan perawatan medis intensif dengan kualitas terbaik yang efektif untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih Anda. Kenyamanan selama tindakan pengobatan, kesehatan dan kesembuhan setiap pasien yang mempercayakan pengobatan pada Klinik Utama Sentosa untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan tidak mengecewakan adalah prioritas bagi kami.

Untuk informasi lebih lanjut terkait terkait gejala atau ciri-ciri infeksi saluran kemih yang Anda alami, silahkan klik website kami untuk konsultasi dengan dokter, atau hubungi hotline kami di 0813 6665 7878. Kami akan membantu menyembuhkan penyakit Anda hingga tuntas.