Sel12Mar201912:59

Ciri Ciri Infeksi Saluran Kemih Serta Pencegahannya

Ciri ciri infeksi saluran kemih bergantung pada jenis infeksi yang dialami. Gejala yang muncul akibat infeksi saluran kemih dapat berbeda-beda berdasarkan bagian yang terinfeksi. Infeksi saluran kemih biasanya terjadi pada kandung kemih dan uretra. Penyakit ini rentan diderita oleh wanita karena uretra yang dimiliki lebih pendek dibandingkan pria. Karena itu, bakteri dari anus mudah berpindah ke saluran kencing atau uretra ketika menyeka organ kelamin dari arah yang salah.
ciri ciri infeksi saluran kemih
ciri ciri infeksi saluran kemih

Penyebab Infeksi Saluran Kemih dan Gejalanya

Munculnya ciri ciri infeksi saluran kemih umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Escherichia coli atau E.coli. Bakteri ini mudah ditemukan di saluran pencernaan, namun bisa menginfeksi dan berkembang biak di saluran kemih. Jika bakteri sudah berada di dalam saluran kemih maka bisa menyebabkan infeksi pada uretra atau uretritis, infeksi kandung kemih atau sistitis, infeksi ureter atau uretritis, dan infeksi ginjal atau pielonefritis. Beberapa kondisi lain yang bisa meningkatkan risiko infeksi saluran kemih, antara lain:



• Baru melakukan prosedur operasi pada saluran kemih.
• Menggunakan kateter urin untuk jangka waktu panjang.
• Terdapat sumbatan, seperti batu ginjal pada saluran kemih.
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Pernah menderita infeksi saluran kemih sebelumnya.
• Menurunnya kadar hormon estrogen pasca menopause.
• Wanita yang sedang dalam keadaan mengandung atau hamil.

Berdasarkan bagian yang terinfeksi, infeksi saluran kemih dibagi menjadi dua bagian, yakni ISK atas dan ISK bawah. Infeksi saluran kemih yang menyerang bagian atas biasanya terjadi di bagian atas kandung kemih, yakni ginjal dan ureter. Sementara itu, infeksi saluran kemih bawah terjadi pada kandung kemih bagain bawah, seperti saluran kencing atau uretra dan kandung kemih. Beberapa perbedaan kedua ciri ciri infeksi saluran kemih ini, adalah sebagai berikut:


• Infeksi saluran kemih atas

Ciri ciri infeksi saluran kemih atas ditandai dengan adanya nyeri pada pinggang, punggung bagian bawah, dan selangkangan. Nyeri akan semakin terasa saat buang air kecil. Beberapa ciri ciri infeksi saluran kemih yang menyerang bagian atas lainnya adalah mengalami demam, tubuh terasa dingin hingga menggigil, menderita diare, dan merasa mual atau muntah.


• Infeksi saluran kemih bawah

Berbeda dengan ISK atas, ciri ciri infeksi saluran kemih bagian bawah biasanya berupa meningkatnya keinginan untuk buang air kecil, sulit menahan rasa ingin buang air kecil, kandung kemih terasa penuh meski baru selesai berkemih, nyeri pada perut bagian bawah, bau urin menyengat, perubahan pada warna urin, dan terdapat darah di dalam urin.


Bagaimana Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih?

Cara meredakan ciri ciri infeksi saluran kemih bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat antibiotik sesuai resep dokter. Antibiotik ini berguna untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab infeksi saluran kemih. Dokter biasanya juga akan meresepkan obat guna meredakan rasa sakit, mengurangi rasa nyeri, dan menurunkan demam. Selain itu, usahakan memperbanyak konsumsi air putih untuk membantu mengeluarkan bakteri dari dalam saluran kemih. Untuk menghindari terjadinya kekambuhan penyakit, beberapa tindak pencegahan yang bisa dilakukan, antara lain:

• Tidak menahan urin terlalu lama di dalam kandung kemih.
• Bersihkan kemaluan dari arah depan ke belakang setelah berkemih.
• Hindari penggunaan produk pembersih kewanitaan.
• Usahakan buang air kecil seusai melakukan hubungan seksual.
• Ganti celana dalam jika sudah terasa lembap.
• Hindari penggunakan pakaian bawahan yang terlalu ketat.


Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui ciri ciri infeksi saluran kemih lebih lanjut, lakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di Klinik Utama Sentosa, Anda akan ditangani oleh dokter spesialis yang didukung dengan peralatan yang canggih serta modern.
 
Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878. Penyakit yang dibiarkan terlalu lama dalam tubuh bisa menyebabkan kondisi tubuh semakin buruk. Karena itu, segera hubungi Klinik Utama Sentosa agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan penyakit lebih lanjut.