Sel12Mar201909:43

Ciri Ciri Anyang Anyangan yang Perlu Diketahui

Ciri ciri anyang anyangan yang paling umum adalah rasa tidak nyaman ketika buang air kecil. Penyakit anyang anyangan lebih berisiko diderita oleh wanita karena saluran uretra berdekatan dengan anus sehingga bakteri mudah masuk dan menginfeksi. Jika infeksi sudah menyerang organ vital, maka dapat menyebabkan munculnya gejala berupa rasa nyeri dan sakit ketika buang air kecil.
ciri ciri anyang anyangan
ciri ciri anyang anyangan

Apa Saja Gejala Penyakit Anyang Anyangan?

Penyakit anyang anyangan bisa diderita siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Namun, perlu diketahui jika penyakit ini lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan pria. Hal ini dikarenakan uretra atau tempat keluarnya air urin yang dimiliki wanita cenderung lebih pendek dibandingkan pria. Selain itu, wanita juga kerap salah arah ketika menyeka organ kelamin sehingga bakteri penyebab penyakit mudah masuk dan menginfeksi.
 


Gejala atau ciri ciri anyang anyangan yang muncul bergantung pada faktor penyebabnya. Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya akan menimbulkan gejala berupa rasa sakit dan nyeri ketika buang air kecil. Beberapa ciri ciri anyang anyangan lainnya yang perlu diperhatikan, adalah sebagai berikut:

• Meningkatnya keinginan untuk buang air kecil.
• Sulit untuk mengontrol kandung kemih.
• Merasa tidak nyaman ketika buang air kecil.
• Terjadi perubahan pada warna urin menjadi keruh.
• Urin yang keluar akan disertai dengan darah.
• Gejala terkadang diiringi dengan demam.


Penanganan Mandiri Terhadap Masalah Anyang Anyangan

Pengobatan munculnya ciri ciri anyang anyangan harus disesuaikan dengan pemicunya. Jika ciri ciri dari anyang anyangan disebabkan oleh infeksi saluran kencing, infeksi ginjal, infeksi kandung kemih, uretritis, atau vaginitis, maka obat yang tepat digunakan adalah antibiotik sesuai dengan resep dokter. Selain obat oral atau minum, anyang anyangan juga bisa disembuhkan dengan mengoleskan krim, terutama jika penyebabnya adalah infeksi jamur. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, penderita penyakit ini juga perlu mencegahnya dengan cara sebagai berikut:


• Jaga kebersihan organ intim

Untuk menghindari munculnya ciri ciri anyang anyangan, selalu terapkan cara menyeka yang benar terutama wanita. Cara tepat untuk membersihkan organ kelamin adalah dari arah belakang ke depan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi perpindahan bakteri dari anus ke saluran kencing.


• Cukup mendapat istirahat

Dalam beberapa kasus, ciri ciri anyang anyangan disertai dengan gejala demam tergantung pada penyebab yang mendasari. Karena itu, biasanya disarankan untuk tidur atau istirahat cukup hingga demam dan nyeri mereda.


• Rutin berendam air hangat

Anyang anyangan umumnya mengakibatkan munculnya rasa tidak nyaman, nyeri, dan sakit ketika buang air kecil. Berendam di dalam air hangat secara rutin diyakini dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman di sekitar organ kelamin.


• Segera kosongkan kandung kemih

Untuk menghindari penyakit anyang anyangan, usahakan untuk tidak menahan urin di dalam kandung kemih dalam waktu yang lama. Hal tersebut dikarenakan urin yang tersimpan di dalam kandung kemih bisa berkembang dan menyebar ke organ tubuh lainnya.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Ciri ciri anyang anyangan dapat diketahui dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Dengan melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan maksimal karena penanganan dilakukan oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Selain itu, pelayanan medis juga diberikan secara optimal sehingga memberikan kenyamanan dan kepuasaan bagi pasien setelah melakukan perawatan serta pemeriksaan rutin. Klinik Utama Sentosa memiliki keunggulan, yakni layanan konsultasi secara gratis sehingga pasien dapat mengetahui penyebab serta penanganan tepat yang harus dilakukan. Karena itu, untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.