Sel23Apr201914:41

Berikut, Ciri Ciri ISK Yang Perlu Dikenali

Secara umum, ciri ciri ISK ditandai dengan munculnya rasa sakit ketika buang air kecil. Infeksi saluran kemih atau ISK terjadi akibat masuknya bakteri ke dalam uretra pria maupun wanita. Namun, biasanya wanita rentan terkena infeksi ini karena saluran kencing yang dimiliki lebih pendek dan dekat dengan anus. Infeksi saluran kemih dapat dibedakan berdasarkan lokasi infeksinya, yaitu ISK atas dan ISK bawah.
ciri ciri ISK
ciri ciri ISK

Berikut, Beberapa Gejala Infeksi Saluran Kemih

Ciri ciri ISK atau infeksi saluran kemih bergantung pada jenis infeksi yang dialami. Pada ISK atas, gejala utama yang dirasakan adalah nyeri pada pinggang, punggung bawah, atau selangkangan. Selain itu, gejala lain yang menyertai dapat berupa demam, tubuh terasa dingin hingga menggigil, mual atau muntah, dan diare. Sementara itu, untuk infeksi saluran kemih bawah akan muncul beberapa gejala, seperti:


• Rasa sakit atau nyeri ketika buang air kecil.
• Meningkatnya frekuensi urin, namun jumlah urin sedikit.
• Merasa tidak tuntas meski baru saja buang air kecil.
• Perubahan warna urin menjadi keruh dan berbau tajam.
• Tidak dapat menahan rasa ingin buang air kecil.
• Keluarnya urin disertai dengan darah atau hematuria.

Jika ciri ciri ISK tidak segera ditangani dapat mengakibatkan munculnya komplikasi lebih serius. Komplikasi tersebut meliputi infeksi berulang, kerusakan ginjal permanen, risiko melahirkan bayi secara prematur, menyempitnya uretra, dan sepsis. Selain itu, tubuh akan merespon peradangan yang terjadi akibat infeksi dengan membentuk gumpalan di arteri. Hal ini akan mengakibatkan aliran darah ke jantung dan otak terhambat.


Bagaimana Penanganan Terhadap Infeksi Saluran Kemih?

Untuk menghilangkan ciri ciri ISK, biasanya dokter akan memberikan pengobatan dengan antibiotik. Jenis obat yang diresepkan bergantung pada kondisi kesehatan penderita dan jenis bakteri yang ditemukan pada urin. Gejala akan menghilang setelah beberapa hari mengonsumsi antibiotik. Karena itu, antibiotik harus tetap dilanjutkan hingga habis agar bakteri benar-benar menghilang dari tubuh.
 
Jika seseorang memiliki ciri ciri ISK yang sering kamih, biasanya akan dianjurkan untuk mengonsumsi antibiotik dalam dosis rendah setiap hari selama 6 bulan atau lebih. Sementara, jika ISK yang terjadi berkaitan dengan aktivitas seksual, maka dianjurkan mengonsumsinya seusai berhubungan seksual. Proses penyembuhan penyakit infeksi saluran kemih akan berjalan dengan cepat jika disertai dengan tindak pencegahan, seperti:

• Bersihkan kemaluan dari arah depan ke belakang setelah buang air kecil.
• Perbanyak konsumsi air minum guna membantu mengeluarkan bakteri.
• Gunakan pakaian dalam yang longgar dan berbahan dasar katun.
• Tidak menggunakan pembersih organ kelamin yang mengandung parfum.
• Biasakan untuk membersihkan kemaluan sebelum berhubungan intim.
• Hindari penggunaan kondom berpelumas spermisida, terutama bagi pria.


Segera Lakukan Konsultasi Bersama Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui ciri ciri ISK lebih lanjut, lakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di Klinik Utama Sentosa, Anda akan ditangani oleh dokter spesialis yang didukung dengan peralatan yang canggih serta modern.
 
Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878. Penyakit yang dibiarkan terlalu lama dalam tubuh bisa menyebabkan kondisi tubuh semakin buruk. Karena itu, segera hubungi Klinik Utama Sentosa agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan penyakit lebih lanjut.