Sab16Mar201915:44

Berikut Cara Mengatasi Anyang Anyangan yang Tepat

Cara mengatasi anyang anyangan bisa dilakukan secara mandiri maupun bersama dokter. Anyang anyangan ditandai dengan rasa tidak nyaman, sakit atau nyeri, hingga sensasi panas seperti terbakar ketika buang air kecil. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, anyang anyangan juga bisa meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Meski merupakan kondisi yang umum terjadi pada siapapun, penyakit ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari jika tak segera ditangani.
mengatasi anyang anyangan
mengatasi anyang anyangan

Apa Saja Penyebab Penyakit Anyang Anyangan?

Penyakit anyang anyangan bisa terjadi kapan saja tanpa diketahui penyebab sebelumnya. Gejala dari masalah anyang anyangan yang dialami misalnya meningkatnya keinginan untuk buang air kecil, volume urin yang dikeluarkan sedikit, dan nyeri setelah buang air kecil. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab penyakit anyang anyangan, yakni sebagai berikut:

• Iritasi pada organ kelamin

Anyang anyangan yang dialami oleh wanita biasanya dikarenakan memiliki kebiasaan menyemprotkan cairan khusus ketika membersihkan organ kelamin wanita. Saluran kemih akan mengalami iritasi jika hal tersebut dilakukan secara berkelanjutan.


• Memiliki alergi terhadap cairan

Pria yang mengalami anyang anyangan biasanya disebabkan karena memiliki alergi. Alergi tersebut berasal dari lendir atau cairan yang dikeluarkan pasangan ketika melakukan hubungan seksual. Untuk itu, cara mencegah atau mengatasi anyang anyangan bisa dilakukan dengan pengecekan alergi terhadap cairan keputihan wanita.


• Struktur organ kelamin tidak normal

Struktur organ intim yang tidak normal akan mengakibatkan seseorang terkena anyang anyangan. Struktur yang dimaksud tersebut adalah refluks urin yang lebih tinggi dari saluran kemih sehingga meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.


• Menderita Diabetes

Penyakit kronis seperti diabetes juga dapat memicu seseorang mengalami anyang anyangan. Ayang anyangan muncul akibat reaksi dari penyakit diabetes yang diderita oleh seseorang. Saat kadar asam urat dan tekanan darah tinggi, maka risiko seseorang mengalami anyang anyangan akan meningkat.


• Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu alasan seseorang menderita penyakit anyang-anyangan. Semakin tubuh terdehidrasi, semakin sedikit juga produksi urin yang menyebabkan kesulitan saat buang air kecil. Untuk itu, cara mengatasi anyang anyangan adalah menjaga tubuh agar tetap terdehidrasi dengan baik.

Beberapa Cara Mengatasi Sakit Akibat Anyang Anyangan

Cara mengatasi anyang anyangan yang dokter lakukan adalah memberikan obat antiobitik berupa obat antijamur, antivirus, dan antiparasit. Anyang anyang merupakan penyakit yang bersifat kambuhan, sehingga untuk mengobatinya Anda harus rutin mengonsumsi obat antiobiotik yang diresepkan oleh dokter. Obat akan membantu menghilangkan bakteri, virus, atau jamur di dalam kandung kemih sampai tuntas. Beberapa cara mengatasi anyang anyangan yang perlu Anda ketahui, adalah sebagai berikut:
 
• Jagalah selalu kebersihan daerah kemaluan.
• Pakailah celana dalam yang bersih dan nyaman.
• Buang air kecil sebelum dan seusai melakukan seks.
• Pilih toilet jongkok saat ke toilet umum.
• Jangan membersihkan organ kelamin dengan sabun.
• Bilas organ kelamin dari arah depan ke belakang.
• Tinggalkan kebiasaan onani dan masturbasi.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Cara mengatasi anyang anyangan bisa Anda ketahui dengan berkonsultasi dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik karena perawatan penyakit akan ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten serta menggunakan peralatan medis yang modern.
 
Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis sehingga mempermudah pasien baru yang ingin melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Selain itu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu guna mengetahui penyebab, cara mengatasi anyang anyangan, dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Karena itu, untuk informasi lebih lanjut Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.