Sab16Mar201911:05

Beberapa Penyebab dari Penyakit Sistitis

Penyakit sistitis merupakan kondisi dimana kandung kemih dan bagian atas uretra mengalami peradangan. Radang pada kandung kemih disebabkan oleh infeksi bakteri dan biasanya lebih sering menyerang kaum wanita. Hal ini dikarenakan saluran uretra yang dimiliki wanita lebih pendek dibanding pria sehingga bakteri mudah masuk ke dalam kandung kemih. Kondisi ini cukup mengganggu serta menyakitkan, bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika infeksi sudah menyebar ke ginjal.
penyakit sistitis
penyakit sistitis

Apa Saja Penyebab Penyakit Sistitis?

Penyebab penyakit sistitis adalah bakteri bernama Escherichia coli atau E.coli dan dapat menular pada orang lain melalui hubungan seksual. Namun, wanita tetap berpotensi mengalami infeksi karena area genital sering menjadi tempat berkumpulnya bakteri penyebab sistitis. Selain infeksi, terdapat beberapa penyebab penyakit sistitis, antara lain:


• Mengonsumsi obat-obatan tertentu.
• Melakukan terapi radiasi di daerah panggul.
• Mengalami komplikasi penyakit serius.
• Alergi terhadap bahan kimia produk tertentu.
• Sudah aktif secara seskual sejak usia muda.
• Menggunakan KB dengan kandungan gen spermisida.
• Perubahan hormon selama masa kehamilan.
• Perubahan kadar hormon akibat masa menopause.

Selain beberapa faktor tersebut, risiko seorang pria dan wanita untuk menderita penyakit sistitis dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, yakni gangguan pada aliran urin, perubahan dalam sistem kekebalan tubuh penderitanya, dan menggunakan kateter pada kandung kemih untuk jangka waktu yang cukup lama.
 
Gejala khas yang menandakan adanya infeksi bakteri penyebab sistitis, antara lain berupa rasa sakit serta sensasi terbakar ketika buang air kecil, adanya nyeri hingga tekanan pada perut di bagian bawah, urin yang keluar berbau amis atau berubah warna menjadi keruh, keluarnya urin disertai dengan darah, keinginan buang air kecil meningkat, dan mengalami demam ringan.


Pengobatan Sistitis Serta Pencegahannya

Pengobatan terhadap penyakit sistitis bergantung pada tingkat keparahan yang dialami penderitanya. Kasus sistitis yang ringan dapat sembuh dengan cepat tanpa melakukan pengobatan bersama dokter. Beberapa langkah penanganan terhadap infeksi kandung kemih ringan adalah memperbanyak konsumsi air mineral guna membantu membersihkan infeksi bakteri, kompres perut dengan air hangat untuk mengurangi rasa tidak nyaman, dan konsumsi obat pereda nyeri.
 
Jika gejala sistitis tidak kunjung mereda, penanganan yang dokter lakukan, yakni memberikan obat antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri. Dokter akan meresepkan obat antibiotik sesuai dengan tingkat keparahan penyakit serta jenis bakteri yang terdapat pada urin. Konsumsi antibiotik biasanya disarankan selama 3 hingga 7 hari. Untuk kasus sistitis berulang, obat perlu dikonsumsi lebih lama dan harus dihabiskan agar infeksi dapat hilang sepenuhnya. Penyembuhan penyakit dapat berlangsung cepat jika disertai dengan tindak pencegahan, seperti:

• Hindari menahan urin di dalam kandung kemih terlalu lama.
• Tidak membersihkan organ kelamin dengan sabun yang mengandung parfum.
• Perbanyak minum untuk mencegah bakteri berkembang biak dan menyebar.
• Pakai celana dalam yang berbahan nyaman, seperti katun.
• Biasakan menyeka organ kelamin dari arah depan ke belakang.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap penyakit sistitis bisa dilakukan dengan berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik penanganan berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Dengan melakukan perawatan serta pemeriksaan rutin di klinik ini, Anda akan merasakan kepuasaan karena penanganan dilakukan oleh dokter ahli yang telah berpengalaman di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan Anda beberapa keuntungan, seperti adanya layanan konsultasi secara gratis dan online. Melalui layanan konsultasi, Anda akan mengetahui apa saja penyebab, komplikasi yang mungkin terjadi, dan jenis penanganan terhadap penyakit yang diderita. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.