Kam31Jan201914:18

Bagaimana Gejala Cystitis Secara Umum?

Gejala cystitis atau infeksi kandung kemih biasanya ditandai dengan rasa sakit dan terbakar ketika buang air kecil. Cystitis merupakan peradangan atau inflamasi di kandung kemih yang dapat terjadi baik pada wanita maupun pria. Namun, wanita berisiko tinggi terinfeksi bakteri penyebab cystitis karena memiliki uretra yang lebih pendek dibandingkan pria. Penyebab utama penyakit ini biasanya berasal dari infeksi bakteri di sekitar anus yang masuk ke dalam kandung kemih.

gejala cystitis
gejala cystitis

>>>klik disini untuk melakukan konsultasi<<<

Gejala Penyakit Cystitis Lain yang Menyertai

Gejala cystitis tak hanya muncul pada orang dewasa, namun juga pada anak-anak. Biasanya anak yang menderita infeksi pada kandung kemih akan mengalami demam dengan suhu tubuh melebihi 38 derajat Celsius, berkurangnya nafsu makan, mual atau muntah, sering mengompol, dan juga rewel. Sementara itu, gejala cystitis pada orang dewasa lebih terlihat jelas, seperti:
 
• Meningkatnya keinginan buang air kecil namun urin yang keluar sedikit.
• Munculnya rasa sakit atau sensasi terbakar ketika buang air kecil.
• Air urin yang keluar mengalami perubahan warna menjadi keruh dan berbau.
• Adanya nyeri pada perut bagian bawah serta tubuh terasa demam.
• Terkadang urin yang keluar disertai dengan adanya darah.

Biasanya, gejala cystitis muncul karena disebabkan oleh berbagai faktor yang memicu. Beberapa faktor yang menyebabkan adanya infeksi pada kandung kemih adalah salah arah ketika menyeka organ kelamin, penggunaan kateter dalam waktu yang cukup lama, dan memakai alat kontrasepsi berbentuk spiral. Peradangan atau inflamasi pada kandung kemih juga dipicu oleh faktor lain, yaitu obat-obatan tertentu, efek samping dari radioterapi, adanya komplikasi penyakit tertentu, sedang dalam keadaan hamil, dan adanya iritasi akibat bahan kimia.


Diagnosis Serta Penanganan Tepat yang Dapat Dilakukan

Untuk mengetahui gejala cystitis serta penyebab lainnya, pemeriksaan bersama dokter ahli bisa Anda lakukan. Dokter biasanya akan melakukan diagnosis penyakit ini melalui tes fisik serta tes lanjutan. Beberapa pemeriksaan atau tes yang dokter lakukan, berupa pengambilan sampel guna mendeteksi keberadaan bakteri dalam urin dan USG guna mencari penyebab lain dari peradangan yang terjadi. Jika hasil diagnosis sudah didapatkan, pengobatan bersama dokter bisa segera dilakukan.
 
Pemberian obat antibiotik merupakan langkah pertama untuk meredakan gejala akibat infeksi dari penyakit cystitis. Dokter akan menetapkan dosis antibiotik sesuai bakteri yang terdapat dalam urin serta tingkat keparahan penyakitnya. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal, dokter juga menyarankan penderita cystitis melakukan beberapa penanganan secara mandiri. Beberapa penanganan mandiri pada cystitis yang bisa Anda lakukan di rumah adalah sebagai berikut:

• Perbanyak konsumsi air mineral guna membersihkan bakteri penyebab infeksi.
• Rutin mengompres perut denga air hangat untuk mengurangi ketidaknyamanan.
• Konsumsi obat pereda rasa sakit atau nyeri sesuai resep dokter secara teratur.
• Hindari melakukan hubungan seksual jika gejala cystitis masih kerap muncul.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik akibat munculnya gejala cystitis dapat dilakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan perawatan maksimal karena ditangani oleh dokter berpengalaman serta berkompeten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa juga telah menggunakan peralatan medis yang canggih dan modern sehingga proses penyembuhan dapat berjalan dengan cepat. Salah satu keunggulan yang dimiliki klinik ini berupa layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda dapat mengetahui penyebab dan jenis pengobatan yang cocok diberikan. Untuk itu, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.