Kam31Jan201916:31

Apakah Uretritis Bisa Disembuhkan?

 

Uretritis adalah peradangan uretra ditandai dengan nyeri, kemerahan, atau pembengkakan pada uretra. Uretritis adalah bentuk salah satu infeksi saluran kemih yang terjadi saat bakteri dari anus menyebar ke uretra. Uretritis dibagi menjadi dua, yaitu uretritis non-spesifik (non-gonococal), serta spesifik (gonococal).

Apakah Uretritis Bisa Disembuhkan?
Apakah Uretritis Bisa Disembuhkan?
Uretritis dapat menyerang di segala usia, pria maupun wanita. Namun wanita lebih memiliki risiko tinggi mengalami uretritis. Hal ini disebabkan uretra pada pria lebih panjang dibandingkan wanita, yang seukuran dengan penis mereka. Sedangkan panjang uretra wanita secara umum berkisar 2,5 hingga 4 cm, sehingga menyebabkan bakteri mudah masuk ke uretra, lalu apakah uretritis bisa disembuhkan?
 


Uretritis dapat disembuhkan yang biasanya uretritis disebabkan bakteri atau virus. Iritasi kimia juga dapat menjadi pemicu. Uretritis berbeda dengan infeksi saluran kemih (ISK), yang biasanya mempenagruhi saluran kemih. Uretritis dapat ditularkan melalui hubungan seksual tanpa pengaman. Jika wanita mengalami infeksi vagina, dia dapat menularkannya kepada pasangan.
 
Sebagian besar dari kasus uretritis akan terjadi ketika bakteri masuk ke dalam uretra. Jadi, apakah uretritis bisa disembuhkan? Jawabannya ya, dengan menggunakan metode pengobatan yang intensif dan tujuan pengobatan adalah untuk membasmi bakteri penyebabnya agar tidak berulang. Urolisis bakteri yang berupa uretritis gonokokal disebabkan Neisseria gonorhoeae, atau non-gonoccocal urethritis (NGU) disebabkan Chlamydia trachomatis atau Mycoplasma genitalim. Infeksi gonore dan klamidia sering terjadi secara bersamaan. Chlamydia merupakan salah satu infeksi menular seksual yang paling umum mempengaruhi pria dan wanita. Penyebab yang paling umum yaitu Virus Herpes Simplex (HSV).

Gejala uretritis

Gejala yang timbul pada pria dan wanita memiliki gejala yang sedikit yang berbeda. Gejala uretritis pada wanita, meliputi:

  • Keputihan abnormal.
  • Nyeri panggul dan perut.
  • Nyeri ketika hubungan seksual.
  • Sering buang air kecil dan mendesak.
  • Demam, menggigil.
  • Sakit perut, dan gatal.

Gejala uretritis pada pria, antara lain:

  • Darah dalam air mani atau air seni.
  • Sakit ketika ejakulasi.
  • Keluar cairan dari penis.
  • Sensasi terbakar ketika buang air kecil.
  • Gatal, nyeri tekan, bengkak pada penis.
  • Pembengkakan pada kelejar getah bening daerah selangkangan.
  • Demam, walau mungkin hal ini jarang terjadi.


Pengobatan, pencegahan, dan komplikasi uretritis

Apakah uretritis bisa disembuhkan? Bagaimana cara agar ISK sembuh total dan tidak kambuh? Pertanyaan ini mungkin muncul dalam hati Anda yang sedang mengalami penyakit ini. Penyakit uretritis bisa disembuhkan, pengobatan bertujuan untuk mengatasi penyebab uretritis dan mencegah terjadinya penyebaran infeksi. Pengobatan uretritis tergantung pada penyebab utamanya, yaitu membasmi bakteri atau virus penyebab hingga tuntas agar uretritis tidak berulang dikemudian hari. Tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan cara menghindari faktor risiko dan menjaga kebersihan organ intim. 


Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Jika saat ini Anda sedang mengalami penyakit uretritis gonococcal atau uretritis non-gonococcal dan sedang mencari cara mengatasi uretritis yang sedang Anda alami, kunjungi Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab uretritis hingga tuntas. Disini Anda akan ditangani langsung oleh dokter ahli yang telah berpengalaman bidang penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi. Klinik Utama Sentosa merupakan klinik kelamin yang akan membantu menuntaskan masalah penyakit kelamin. sudah banyak yang datang melakukan pengobatan dan puas dengan pelayanan yang kami berikan. Selain dokter ahli, di dukung peralatan medis modern yang canggih, laboratorium yang steril, berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan, dengan biaya pengobatan yang relatif terjangkau sehingga Anda tidak perlu khawatir. Kami memberikan perawatan medis prima yang efektif untuk menyembuhkan penyakit Anda dengan cepat dan tepat.
 
Untuk informasi lebih lanjut terkait uretritis pakah bisa disembuhkan? Silahkan klik website kami untuk konsultasi dengan dokter, atau hubungi kami di 081366657878.