Kam31Jan201916:18

Apakah Uretritis Berbahaya?

 

Uretritis adalah kondisi yang dimana uretra membawa urine keluar dari kandung kemih ke kepala penis pada pria. Pada umumnya uretritis menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil, dan terasa ingin buang air kecil terus-menerus. Penyebab infeksi uretritis adalah bakteri. Jika uretritis disebabkan bakteri, apakah uretritis berbahaya?

Apakah Uretritis Berbahaya?
Apakah Uretritis Berbahaya?

Uretritis berbeda dengan infeksi saluran kemih, uretritis dimana peradangan yang terjadi pada uretra, sedangkan infeksi saluran kemih adalah infeksi saluran kemih, tetapi uretritis dan ISK memiliki gejala yang sama, namun memerlukan metode dan tindakan pengobatan berbeda yang tergantung pada penyebab yang mendasari peradangan uretra.

 <<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Penyebab uretritis

Sebagian besar episode uretritis disebabkan infeksi bakteri yang masuk ke dalam uretra dari kulit sekitar lubang uretra. Bakteri yang umum menyebabkan uretritis, antara lain:

  • Coli dan bakteri lain hadir dalam tinja.
  • Gonococcus, menular secara seksual yang menyebabkan gonore.
  • Chlamydia trachomonas, menular secara seksual yang menyebabkan klamidia.
  • Virus hepes simplex (HSV-1 dan HSV-2) dapat menyebabkan uretritis.
  • Trichomonas adalah penyebab lain uretritis, organisme bersel satu menular secara seksual.

Infeksi menular seksual (IMS) seperti penyakit gonore dan klamidia biasanya terbatas pada uretra, dan dapat meluas ke organ reproduksi wanita, menyebabkan penyakit radang panggul (PID).

Jenis-jenis Uretritis

Berbagai jenis uretritis diklarifikasikan berdasarkan penyebab terjadinya peradangan, yaitu uretritis gonokokal dan uretritis nongonococcal. Uretritis gonokokal disebabkan bakteri yang menyebabkan infeksi menular seksual gonore. Sedangkan uretritis nongonococcal adalah uretritis disebabkan infeksi lain yang bukan penyakit gonore. Chlamydia penyebab umum uretritis nongonococcal, akan tetapi bisa disebabkan infeksi menular seksual (IMS) lainnya.

 <<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Diagnosis dan pengobatan uretritis

Diagnosis uretritis dan untuk memastikan penyebabnya dilakukan tes dilaboratorium, antara lain:

  • Pemeriksaan fisik, termasuk alat kelamin, perut, serta rektum.
  • Tes urine gonore, klamidia, atau bakteri lain.
  • Pemeriksaan debit di bawah mikroskop.
  • Tes darah dapat dilakukan dalam situasi tertentu.

Jika diagnosis sudah ditegakkan dan penyebab uretritis sudah diketahui, maka dokter akan melakukan tindakan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya. Sebaiknya untuk tidak menunda pengobatan, sebab uretritis yang tidak mendapatkan pengobatan akan menimbulkan komplikasi yang serius untuk kesehatan Anda. Uretritis tidak akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Dan sebaiknya untuk tidak mengkonsumsi obat uretritis sembarangan tanpa saran dan anjuran dari dokter ahlinya. Tindakan pengobatan uretritis bertujuan untuk mengatasi bakteri penyebab sehingga bakteri mati sepenuhnya agar uretritis tidak berulang di kemudian hari.

SIMAK APA ITU URETHRITIS?* KLIK DISINI

Konsultasikan keluhan Anda pada Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kelamin yang membantu mengatasi penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi, termasuk penyakit uretritis baik pria maupun wanita. Klinik Utama Sentosa hadir dengan metode pengobatan terbaru yang efektif untuk menyembuhkan uretritis hingga tuntas. Disini Anda akan ditangani langsung oleh dokter ahli profesional yang telah berpengalaman dan sudah banyak mengatasi penyakit kelamin, dan puas dengan pelayanan dan perawatan yang kami berikan. Anda tidak perlu malu untuk konsultasi, sebab uretritis Anda tidak akan sembuh tanpa pengobatan medis intensif. Kami memberikan perawatan medis prima, di dukung perlatan medis modern yang canggih, laboratorium yang steril, yang bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan, dengan biaya yang relatif terjangkau tanpa menguras kantong Anda. Kenyamanan selama tindakan pengobatan, kesehatan dan kesembuhan yang mempercayakan pengobatan pada Klinik Utama Sentosa adalah prioritas bagi kami.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pakah penyakit uretritis berbahaya, silahkan klik website kami untuk konsultasi dengan dokter, atau hubungi kami di 081366657878. Atasi uretritis hingga tuntas bersama Klinik Utama Sentosa.