Sel06Agu201916:50

Apakah Penyebab Anyang Anyangan Pada Laki Laki?

 

Adanya gangguan anyang anyangan pada laki laki dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebabnya adalah gangguan prostat yang terbagi menjadi beberapa jenis. Prostat merupakan bagian sistem reproduksi pria yang letaknya di bagian dasar kandung kemih. Posisi prostat adalah mengelilingi saluran kemih yang bertugas mengangkut urin dari kandung kemih untuk dikeluarkan melalui penis.

anyang anyangan pada laki laki
anyang anyangan pada laki laki



Ketika bagian prostat mengalami gangguan, maka otomatis saluran kemih akan terkena dampaknya, dan salah satu gejala yang muncul adalah anyang-anyangan. Anyang anyangan merupakan sebuah kondisi dimana kita merasa selalu ingin buang air kecil. Padahal saat kita kencing hanya sedikit urin yang keluar. Selain menyebabkan ketidaknyamanan, anyang anyangan pada laki laki dapat menyebabkan pengeluaran urin yang notabenenya adalah zat sisa menjadi tidak lancar. Urin yang merupakan zat sisa ini jika terlalu lama di saluran kemih dapat memicu berbagai jenis gangguan kesehatan.

Penyebab Anyang Anyangan


Selain adanya gangguan prostat, anyang anyangan pada laki laki juga dapat terjadi karena berbagai hal, yaitu:

• Aktivitas merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan tubuh. Nikotin yang merupakan kandungan utama rokok merupakan zat yang tidak dapat diserap oleh tubuh. Jika nikotin masuk, apalagi dalam jumlah banyak maka dapat menyumbat aliran darah dan mengganggu sistem kerja organ tubuh. Zat sisa pada darah disaring di ginjal sebelum diangkut ke luar tubuh dalam bentuk urin. Nikotin ini dapat memicu terjadinya kanker di kandung kemih. Kandung kemih merupakan salah satu bagian dari sistem saluran kemih, jadi jika kandung kemih mengalami gangguan, maka aktivitas buang air kecil juga ikut terganggu.

• Obesitas

Obesitas terjadi akibat adanya lemak yang menggumpal pada tubuh. Saat ada lemak yang menggumpal pada tubuh, maka lemak ini dapat menekan kandung kemih. kandung kemih yang tertekan dapat mempengaruhi kinerjanya dan aktivitas berkemih juga jadi terganggu.

• Infeksi saluran kemih

Faktor lainnya yaitu gangguan pada sistem saluran kemih yang disebabkan oleh adanya infeksi. Infeksi pada saluran kemih memang menyebabkan gejala berupa gangguan kencing. Dorongan untuk buang air kecil menjadi lebih sering dibandingkan biasanya ketika saluran kemih mengalami infeksi.

Gangguan buang air kecil atau anyang anyangan pada laki laki ini gangguan gejalanya bisa ringan dan bisa juga berat. Ketika infeksi saluran kemih telah naik hingga ke ginjal, maka gejalanya dapat lebih buruk. Bahkan tak hanya menyebabkan gejala buang air kecil saja, penderitanya juga dapat mengalami rasa nyeri yang mengganggu aktivitas. Rasa nyeri ini dapat muncul ketika buang air kecil maupun saat berhubungan seksual. Itu artinya dampak yang disebabkan anyang anyangan pada laki laki ini dapat memicu gangguan kesehatan fisik maupun kehidupan seksual pria. Ketika terjadi gangguan buang air kecil, maka dapat digunakan obat antibiotik untuk mengatasi infeksinya. Sedangkan untuk penyebab lainnya dapat dilakukan pengobatan di Klinik Utama Sentosa.

anyang anyangan pada laki laki
anyang anyangan pada laki laki

Anyang Anyangan Akibat Infeksi


Anyang anyangan pada laki laki dapat disebabkan oleh adanya infeksi akibat bakteri pada sistem saluran kemih. Ketika infeksi saluran kemih terjadi, maka penderitanya dapat mengalami gejala seperti di bawah ini:

• Rasa sakit atau seperti terbakar ketika buang air kecil.
• Nyeri dan rasa tertekan pada perut bagian bawah.
• Warna urin jauh lebih keruh dan berbau lebih menyengat.
• Kencing disertai darah.
• Frekuensi buang air kecil bertambah.

Jika infeksi saluran kemih yang terjadi mulai naik hingga pada sistem saluran kemih bagian atas seperti ginjal, maka dapat menyebabkan berbagai gejala lain. Gejala tersebut di antaranya adalah demam, mual dan muntah, serta diare. Gejala ini dapat dicegah dengan melakukan pengobatan begitu anyang anyangan terjadi. Gejala anyang anyangan mungkin sedikit diremehkan, pasalnya gangguan ini memang bisa membaik dan sembuh dengan sendirinya. Namun, tergantung dari penyebabnya. Jika penyebabnya adalah infeksi saluran kemih yang telah naik hingga ke sistem saluran kemih bagian atas, maka tidak dapat dibiarkan begitu saja. Anyang anyangan pada laki laki akibat infeksi saluran kemih mungkin tidak sesering terjadi pada wanita. Walau begitu, tetap saja kita harus waspada terhadap masalah yang satu ini.

Infeksi saluran kemih sering menginfeksi wanita karena uretra wanita lebih pendek. Selain itu infeksi bakteri penyebab infeksi saluran kemih kerap kali berasal dari bakteri dari anus. Cara membersihkan alat kelamin setelah buang air besar yang salah dapat memicu perpindahan bakteri dari sekitar anus berpindah ke depan lalu masuk ke sistem saluran kemih. Jika sudah masuk ke sistem saluran kemih, maka infeksi akan terjadi dan bahkan menyebar hingga ke sistem saluran kemih bagian atas. Meskipun sering terjadi pada wanita, namun infeksi saluran kemih ini tetap harus diwaspadai oleh pria.


Bahaya Anyang-Anyangan yang Dibiarkan


Anyang anyangan pada laki laki yang tidak segera diobati dapat menyebabkan berbagai bahaya, di antaranya:

• Sepsis

Salah satu bahaya jika Anda mengalami anyang anyangan akibat infeksi saluran kemih adalah sepsis. Sepsis ini merupakan sebuah kondisi komplikasi yang ditandai dengan penurunan tekanan darah secara drastis. Bahkan penderitanya mulai mengalami kerusakan pada beberapa organ sekaligus. Ketika anyang anyangan pada laki laki telah berubah menjadi gejala seperti ini, maka akan lebih sulit untuk disembuhkan. Untuk itu, segera obati selagi masih di gejala awal.

• Striktur uretra

Komplikasi lain yang mungkin dialami oleh pria akibat infeksi saluran kemih adalah penyempitan uretra. Uretra merupakan saluran yang mengangkut urin ke luar tubuh. Jika uretra mengalami penyempitan, maka aktivitas buang air kecil dapat terganggu. Urin yang tertahan dan tidak dapat dikeluarkan keluar tubuh dapat memicu gangguan kesehatan lainnya.

Itu dia komplikasi yang mungkin dialami oleh pria yang mengalami anyang anyangan dan tidak segera diobati. Pada wanita, komplikasinya dapat menyebabkan kelahiran prematur. Anyang anyangan pada laki laki dapat diobati dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan obat kencing. Namun perlu diingat bahwa untuk mengobati gejala ini tergantung dari penyebab gejalanya.


Mengobati Anyang Anyangan
Anyang anyangan pada laki laki menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Inilah Salah satu alasan untuk segera mengobati gejala anyang anyangan ini. Jangan tunggu hingga gejalanya semakin parah. Pasalnya kita tidak mengetahui secara pasti penyebab dari gangguan anyang anyangan. Untuk itu, agar tidak salah mengambil langkah untuk mengobati, maka lakukan diagnosisnya di klinik yang terpercaya.
 
Diagnosis untuk mengetahui penyebab anyang anyangan pada laki laki dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan fisik. Sedangkan untuk mengetahui adanya infeksi yang terjadi, dapat dilakukan dengan melakukan tes urin maupun tes darah. Diagnosis dan pengobatan terhadap gangguan anyang anyangan silahkan lakukan di Klinik Utama Sentosa. Untuk reservasi, silahkan hubungi kami di nomor 081366657878.