Rab30Jan201913:17

Apa yang Menjadi Penyebab Uretritis?

Penyebab uretritis yang paling umum adalah infeksi bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih. Uretritis merupakan peradangan atau pembengkakan pada uretara dan dapat pula menginfeksi kandung kemih dan ginjal. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, baik wanita maupun pria dari segala usia. Namun, infeksi rentan dialami oleh wanita karena uretra atau saluran kencing yang dimiliki lebih pendek dibandingkan pria.

 

penyebab uretritis
penyebab uretritis

Bagaimana Gejala Umum Penyakit Uretritis?

Beberapa faktor risiko dapat menjadi penyebab uretritis pada seseorang. Hal-hal yang berpotensi meningkatkan risiko seseorang terkena uretritis adalah berjenis kelamin wanita, melakukan hubungan seksual dengan orang yang berbeda tanpa menggunakan pelindung, dan memiliki riwayat infeksi menular seksual sebelumnya. Gejala utama dari peradangan uretra atau uretritis, yakni munculnya rasa sakit dan nyeri ketika buang aitr kecil. Pada pria, gejala uretritis, berupa:
 


• Hematuria, atau keluarnya urin yang disertai dengan darah.
• Adanya rasa panas dan sensasi terbakar ketika buang air kecil.
• Terjadi pembengkakan serta keluarnya cairan dari organ kelamin.
• Muncul rasa nyeri saat berhubungan seksual atau ejakulasi.

Tak hanya pria, wanita yang menderita uretritis juga mengalami beberapa gejala yang cukup berbeda, yakni nyeri pada perut, demam hingga menggigil, nyeri di bagian panggul, rasa nyeri yang terus menerus atau dispareuni, rasa terbakar serta tidak nyaman ketika buang air kecil, dan keluarnya cairan keputihan dari organ kelamin.


Penanganan Tepat Pada Penyakit Uretritis

Pada umumnya, penyebab uretritis diakibatkan oleh infeksi virus, bakteri, dan parasit dari luar tubuh. Selain itu, penyebab uretritis dapat pula dipicu karena adanya cedera yang menyebabkan gangguan pada uretra dan meningkatkan sensitivitas kulit di sekitar pembukaan uretra akibat bahan kimia. Jika tidak segera ditangani, maka penyakit ini akan mengakibatkan pemyempitan pada uretra hingga muncul luka.
 
Uretritis yang menyerang pria umumnya akan mengakibatkan berbagai komplikasi, berupa infeksi kandung kemih atau cystitis, infeksi testis atau orchitis, infeksi prostat atau prostatitis, dan epididimitis. Sementara pada wanita, bahaya akibat tidak segera menangani uretritis adalah peradangan pada leher rahim dan radang panggul atau Pelvic Inflammatory disease. Jika komplikasi sudah terjadi, segera lakukan perawatan bersama dokter ahli.
 
Dokter biasanya memberikan pengobatan dengan menggunakan obat antibiotik guna menghilangkan bakteri penyebab infeksi, meredakan gejala, dan mencegah terjadinya penyebaran infeksi. Selain itu, metode penanganan lanjutan juga bisa dilakukan, yakni sebagai berikut:

• Sistoskopi, merupakan prosedur yang dilakukan guna memeriksakan kondisi uretra dan kandung kemih menggunakan alat yang bernama sistoskop.

• Kateterisasi urin, merupakan prosedur yang dilakukan dengan memasukkan kateter ke dalam kandung kemih melalui uretra guna mengeluarkan urin.

• Kateterisasi kandung kemih, merupakan prosedur yang dilakukan dengan memasukkan kateter ke dalam kandung kemih melalui perut bagian bawah guna mengeluarkan urin.

Lakukan Penanganan Bersama Klinik Utama Sentosa

Penyebab uretritis dapat dihindari dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Seksusl terpercaya di daerah Jakarta. Dengan melakukan penanganan bersama Klinik Utama Sentosa, proses penyembuhan akan berjalan cepat karena ditangani oleh dokter berpengalaman serta berkompeten.
 
Klinik Utama Sentosa dilengkapi dengan peralatan medis yang canggih serta modern sehingga tak kalah bagus dengan klinik spesialis lainnya. Selain itu, klinik ini memiliki layanan kesehatan unggulan, yakni konsultasi secara online dan gratis. Melalui konsultasi, Anda akan mengetahui penyebab uretritis secara pasti, kemungkinan adanya komplikasi penyakit, dan jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.