Min17Mar201910:08

Apa Saja Pengobatan Infeksi Saluran Kemih?

Pengobatan infeksi saluran kemih bisa dilakukan secara mandiri maupun bersama dokter. Infeksi saluran kemih merupakan kondisi dimana organ pada sistem kemih, seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra mengalami infeksi. Infeksi saluran atau ISK dapat dibedakan berdasarkan bagian yang terinfeksi, seperti ISK atas dan ISK bawah. ISK atas merupakan infeksi pada bagian atas kandung kemih, seperti ginjal dan ureter. Sementata ISK bawah menginfeksi kandung kemih bagian bawah, yakni uretra dan kandung kemih.
pengobatan infeksi saluran kemih
pengobatan infeksi saluran kemih

Bagaimana Gejala Infeksi Saluran Kemih?

Sebelum melakukan pengobatan infeksi saluran kemih, gejala serta penyebab harus diketahui terlebih dahulu. Gejala infeksi saluran kemih dapat berbeda-beda berdasarkan bagian yang terinfeksi. ISK atas biasanya ditandai dengan gejala utama, berupa nyeri pada pinggang, punggung bawah, serta area selangkangan. Gejala lainya yang menyertai, antara lain demam, tubuh terasa menggigil, mual atau muntah, dan diare. Sementara gejala yang muncul akibat ISK di bagian bawah kandung kemih, adalah sebagai berikut:

• Nyeri atau sakit ketika buang air kecil.
• Meningkatnya frekuensi untuk buang air kecil.
• Sulit untuk menahan rasa ingin kencing.
• Kandung kemih terasa penuh meski sudah berkemih.
• Bau urin yang keluar cukup menyengat.
• Nyeri pada perut di bagian bawah.
• Perubahan warna urin menjadi keruh.
• Tubuh terasa lemas serta mudah lelah.
• Mengalami hematuria atau darah dalam urin.


Pengobatan Tepat Terhadap Infeksi Saluran Kemih

Pengobatan infeksi saluran kemih biasanya ditangani dengan pemberian obat antibiotik sesuai resep dokter. Obat yang diresepkan ini bergantung pada kondisi kesehatan pasien dan jenis bakteri yang ditemukan dalam urin. Konsumsi antibiotik secara teratur dapat membantu menghilangkan gejala dalam beberapa hari ke depan. Meski gejala sudah menghilang, obat tetap harus dilanjutkan hingga selesai.
 
Jika pengobatan infeksi saluran kemih sudah dilakukan, namun penyakit kambuh maka dianjurkan untuk konsumsi antibiotik dalam dosis rendah selama 6 bulan atau lebih. Sementara itu, jika ISK yang terjadi berkaitan dengan aktivitas seksual maka dokter biasanya meresepkan antibiotik yang dikonsumsi tiap selesai berhubungan intim. Pada kondisi yang sudah berat, pengobatan infeksi saluran kemih dilakukan melalui antibiotik suntikan. Untuk mendapat kesembuhan optimal, pengobatan infeksi saluran kemih harus disertai dengan tindak pencegahan, seperti:
 
• Membiasakan menyeka organ kelamin dari depan ke belakang.
• Perbanyak konsumsi air mineral guna membantu membuang bakteri.
• Tidak menggunakan pelindung atau kondom berpelumas.
• Gunakan pakaian dalam yang berbahan katun serta longgar.
• Hindari penggunaan produk pembersih kewanitaan.
• Membersihkan organ kelamin sebelum berhubungan seksual.


Konsultasikan Segera di Klinik Utama Sentosa

Pengobatan infeksi saluran kemih harus segera dilakukan dengan diawali oleh pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.