Jum25Jan201909:41

Apa itu Infeksi Saluran Kemih

 

Infeksi saluran kemih adalah kondisi organ yang termasuk dalam sistem kemih, yaitu kandung kemih, ginjal, ureter, ginjal dan uretra mengalami infeksi. Umumnya infeksi saluran kemih terjadi pada uretra dan kandung kemih, berdasarkan bagian yang terinfeksi, infeksi saluran kemih terbagi menjadi infeksi saluran kemih atas dan infeksi saluran kemih bawah. infeksi saluran kemih atas adalah infeksi yang terjadi pada bagian atas kandung kemih, yaitu ginjal dan ureter. Sedangkan infeksi saluran kemih bawah merupakan infeksi kandung kemih bagian bawah, yaitu kandung kemih dan juga uretra.

Apa itu Infeksi Saluran Kemih
Apa itu Infeksi Saluran Kemih

Infeksi kandung kemih bagian atas adalah infeksi yang lebih berbahaya, dapat memicu urosepsi yaitu kondisi ketika bakteri di ginjal terinfeksi menyebar ke darah. Urosepsis dapat mengakibatkan tekanan darah turun hingga kematian.

 
<<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Penyebab infeksi saluran kemih

infeksi saluran kemih disebabkan infeksi bakteri Escherichia coli (E.coli) di saluran kemih. Bakteri ini hidup di dalam saluran pencernaan, namun dapat menginfeksi dan berkembang di saluran kemih. Infeksi terjadi saat bakteri masuk ke dalam saluran kemih melalui lubang kencing.

Faktor risiko infeksi saluran kemih

Wanita lebih berisiko mengalami infeksi saluran kemih dibandingkan dengan pria. Hal ini disebabkan karena uretra pada wanita lebih pendek, menyebabkan bakteri lebih mudah untuk mencapai kandung kemih. Beberapa kondisi lain yang dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih, antara lain:

  • Pernah mengalami infeksi saluran kemih sebelumnya
  • Hamil
  • Terlahir dalam kondisi kelainan pada saluran kemih
  • Sumbatan saluran kemih, misalnya batu ginjal ataupun pembesaran kelenjar prostat.
  • Sistem kekebalan tubuh lemah, cintohnya karena diabetes atau sedang menjalani kemoterapi

 
<<KONSULTASI ONLINE 24 JAM GRATIS HANYA DI KLINIK UTAMA SENTOSA>>

Cara untuk mengatasi Infeksi Kandung Kemih

Anda dapat mengatasi infeksi saluran kemih dengan beberapa cara, diantaranya:

  • Minum air putih

Minum air putih secara teratur menjadi langkah untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Saat mengalami infeksi kandung kemih sebaiknya kurangi minuma yang berwarna dan yang mengandung kafein. Kafein dapat memperparah infeksi kandung kemih yang Anda alami.

  • Tidak menahan buang air kecil

Jangan menahan untuk buang air kecil, karena dengan menahan iar kecil dapat menyebabkan bakteri akan semakin berkembang di dalam kandung kemih.

  • Mengonsumsi vitamin C
  • Perhatikan kebersihan area kandung kemih
  • Gaya hidup sehat

 
CARA MENGATASI INFEKSI SALURAN KEMIH DENGAN TEPAT, KLIK UNTUK KONSULTASI

Akibat Infeksi saluran kemih

Jika infeksi saluran kemih dibiarkan tanpa tindakan pengobatan. Akan menyebabkan beberapa komplikasi, antara lain:

  1. Gangguan pada ginjal. Ketika seseorang menderita infeksi saluran kemih, bakteri dapat naik dan masuk ke ginjal. Hal ini rentan menyebabkan seseorang mengalami infeksi ginjal, ditandai dengan mual, demam, nyeri punggung. Jika tidak ditangani dengan tepat, infeksi ginjal dapat menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal.
  2. Komplikasi ini terjadi saat bakteri penyebab infeksi saluran kemih menyebar ke aliran darah.
  3. Pada pria terjadi penyempitan uretra.
  4. Melahirkan prematur, serta berat badan bayi rendah.

 
SIMAK MAKANAN PENYEMBUH INFEKSI SALURAN KEMIH* KLIK DISINI

Konsultasikan keluhan Anda pada Dokter Klinik Utama Sentosa

Jika langkah pengobatan alami yang telah Anda lakukan tidak berhasil dan keluhan tidak kunjung membaik, maka sebaiknya Anda menemui dokter untuk konsultasi dan melakukan pemeriksaan. Pengobatan alami sejatinya hanya mengurangi tingkat keparahan infeksi yang terjadi, tentunya pengobatan alami selalu dibarengi dengan pengobatan dari tim medis untuk menyempurnakan pengobatan Anda. Pengobatan infeksi saluran kemih sebaiknya jangan ditunda-tunda, karena hal ini akan memberikan kesempatan pada bakteri untuk semakin berkembang biak di dalam saluran kemih. Jika pengobatan tidak segera dilakukan maka penyakit akan semakin parah dan sulit untuk disembuhkan. Penyakit yang sudah parah tentunya akan mempengaruhi biaya yang akan semakin mahal serta pengobatan yang lebih lama.

Segera konsultasikan diri Anda kepada dokter Klinik Utama Sentosa untuk mengatasi penyakit infeksi saluran kemih Anda. Dokter Klinik Utama akan memberikan pelayanan dan perawatan intensif sesuai dengan penyakit Anda. Klinik Utama Sentosa adalah klinik kelamin, membantu menyembuhkan penyakit Anda. Memiliki dokter ahli dan sudah berpengalaman dibidangnya serta di dukung peralatan medis modern yang canggih dan steril.

Konsultasikan segera penyakit Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat, untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di Nomor 0813 6665 7878.