Rab30Jan201916:03

Apa Antibiotik Untuk Infeksi Saluran Kemih?

Antibiotik untuk infeksi saluran kemih bisa dikonsumsi jika sudah melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli. Jenis obat antibiotik yang diresepkan bergantung pada kondisi kesehatan pasien dan jenis bakteri di dalam urin. Biasanya, gejala akan menghilang setelah beberapa hari mengonsumsi obat antibiotik. Karena itu, pengobatan dengan antibiotik harus tetap dilanjutkan hingga obat habis guna mendapatkan kesembuhan yang maksimal.

antibiotik untuk infeksi saluran kemih
antibiotik untuk infeksi saluran kemih

>>>klik untuk konsultasi 24 jam gratis<<<

Penyebab Serta Faktor Risiko yang Mempengaruhi

Biasanya, pemberian obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih diberikan berdasarkan penyebabnya. Penyebab infeksi saluran kemih yang paling sering adalah bakteri bernama Escherichia coli atau E.coli. Bakteri ini biasa hidup di saluran pencernaan, namun bisa pula menginfeksi dan berkembang biak di saluran kemih manusia. Penyakit ini rentan dialami oleh wanita karena memiliki uretra yang lebih pendek dibandingkan pria. Selain jenis kelamin, beberapa faktor lain juga bisa memicu adanya infeksi saluran kemih, seperti:

• Pernah memiliki infeksi saluran kemih sebelumnya.
• Menurunnya kadar estrogen pasca menopause.
• Menggunakan kateter dalam jangka waktu lama.
• Terdapat sumbatan pada saluran kemih, seperti batu ginjal.
• Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
• Baru menjalani prosedur operasi di saluran kemih.
• Menggunakan pelindung atau kondom dengan pelumas.

Jika penyebab dan gejala sudah diketahui, dokter biasanya akan melakukan diagnosis dengan menjalankan beberapa tes. Pemeriksaan atau tes yang dilakukan, dapat berupa tes urin atau urinalisis. Tes ini bertujuan untuk mendeteksi keberadaan sel darah putih dalam urin yang bisa juga menjadi pertanda adanya infeksi pada saluran kemih. Setelah itu, pemeriksaan lanjutan oleh dokter akan dilakukan guna menemukan hasil diagnosis yang lebih tepat, berupa:
 
• Melakukan hitung darah lengkap atau kultur darah.
• Melakukan tes pencitraan, seperti USG, CT Scan, dan MRI.
• Menjalankan metode sistoskopi guna melihat kondisi kandung kemih.


Pencegahan Tepat Terhadap Infeksi Saluran Kemih

Jika tidak segera memberikan penanganan, seperti konsumsi antibiotik untuk infeksi saluran kemih maka bisa mengakibatkan munculnya komplikasi serius. Bahaya atau komplikasi yang dapat terjadi bisa menyebabkan kerusakan pada organ ginjal secara permanen dan berisiko untuk kambuh dalam kurun waktu enam bulan hingga empat kali dalam setahun. Komplikasi yang dapat terjadi akibat infeksi saluran kemih yang tidak tertangani, adalah sebagai berikut:

• Sepsis, yakni kondisi berbahaya akibat penyebaran infeksi ke ginjal.
• Striktur uretra, yaitu menyempitnya uretra pada penderita pria.
• Kelahiran bayi prematur akibat terjadinya infeksi pada wanita hamil.

Karena itu, untuk menghindari komplikasi penyakit lain maka segera konsumsi antibiotik untuk infeksi saluran kemih sesuai resep dokter. Selain mengonsumsi obat antibiotik untuk infeksi saluran kemih, Anda juga dapat melakukan upaya pencegahan guna membantu mempercepat proses penyembuhan. Tindak pencegahan yang bisa dilakukan, antara lain:

• Perbanyak konsumsi air mineral guna mengeluarkan bakteri di dalam tubuh melalui proses berkemih.
• Pastikan untuk menyeka organ kelamin, terutama wanita dari arah depan ke belakang untuk mencegah masuknya bakteri ke saluran kemih.
• Gunakan pakaian dalam yang longgar dan berbahan dasar katun untuk menghindari pertumbuhan bakteri karena area yang lembap.
• Hindari penggunaan pembersih daerah kewanitaan yang berpotensi besar mengakibatkan munculnya iritasi.
• Bersihkan selalu organ kelamin sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual agar tidak terjadi perpindahan bakteri antara Anda dan pasangan.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Untuk mengetahui apa saja antibiotik untuk infeksi saluran kemih, Anda bisa berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan ditangani oleh dokter berpengalaman di bidangnya serta didukung peralatan medis berteknologi modern.
 
Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan biaya sehingga pasien dapat melakukan penanganan tanpa khawatir dalam pengeluaran. Lokasi yang sangat strategis membuat Klinik Utama Sentosa menjadi klinik spesialis terpercaya untuk penanganan berbagai penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Seksual. Untuk informasi lebih lanjut, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.