Sel22Jan201916:42

Anyang Anyangan Adalah Infeksi Saluran Kencing

Anyang anyangan adalah rasa tidak nyaman ketika buang air kecil akibat adanya infeksi pada saluran kencing. Rasa tidak nyaman ini dapat berbeda-beda, seperti munculnya nyeri, panas, dan sensasi tebakar pada organ kelamin. Penyakit anyang ayangan bisa diderita siapa saja, namun paling sering menyerang wanita. Hal ini terjadi karena wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek dibandingkan pria.


anyang anyangan adalah
anyang anyangan adalah

>>>klik untuk konsultasi 24 jam gratis<<<

Penyebab Seseorang Terkena Anyang Anyangan

Penyebab utama anyang ayangan adalah masuknya bakteri ke organ kelamin. Penyakit anyang anyangan yang disertai dengan rasa sakit mengarah pada indikasi adanya infeksi pada saluran kemih. Jenis infeksi penyebab anyang-anyangan, antara lain infeksi ginjal, infeksi prostat, dan peradangan pada uretra. Penyakit menular seksual juga bisa ditandai dengan anyang anyangan yang terjadi ketika buang air kecil. Beberapa penyebab lain dari penyakit anyang anyang adalah sebagai berikut:


• Batu pada kandung kemih

Batu pada kandung kemih berbentuk gumpalan mineral keras yang dapat mengakibatkan rasa sakit dan nyeri ketika buang air kecil. Batu biasanya terbentuk karena air urin yang keluar tidak tuntas. Karena itu, urin akhirnya akan menggumpal dan membentuk kristal mineral.


• Pernah mengalami trauma

Penyebab lain penyakit anyang anyangan adalah pernah mengalami cedera sehingga menyebabkan trauma. Biasanya, trauma terjadi akibat pemasangan kateter urin ke dalam saluran kencing. Selain itu, trauma seksual juga bisa menimbulkan masalah anyang-anyangan.


• Adanya iritasi di organ kelamin

Wanita berisiko tinggi mengalami anyang anyangan karena organ kelamin mudah iritasi. Iritasi biasanya terjadi akibat melakukan douching. Douching adalah cara mencuci organ kemaluan dengan menyemprotkan larutan khusus ke dalam saluran kelamin.


• Memiliki obstruksi anatomik

Penyebab anyangan anyang adalah karena memiliki obstruksi anatomik atau pembengkakan prostat. Hal ini mengakibatkan saluran kencing menyempit sehingga muncul nyeri ketika buang air kecil.


Pencegahan Tepat Pada Penyakit Anyang Anyangan

Cara mencegah anyang anyangan adalah dengan menghindari beberapa hal yang dapat memicu infeksi pada saluran kemih. Selain itu, pola hidup juga perlu diubah guna mengurangi risiko infeksi penyebab anyang anyangan. Beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan sebagai tindak pencegahan terhadap penyakit anyang anyangan, seperti:


• Hindari konsumsi minuman ringan

Cara mencegah anyang anyangan adalah menghindari konsumsi minuman ringan yang mengandung jeruk karena dapat memicu rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu, kurangi juga konsumsi alkohol serta kafein untuk menghindari munculnya anyang anyangan.


• Perbanyak minum air putih

Untuk melancarkan pembuangan urin, konsumsi air mineral sekitar 8 gelas atau 2 liter per hari sangat disarankan. Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu bakteri penyebab anyang anyangan keluar dengan mudah bersama urin.


• Basuh kemaluan dari arah yang benar

Bakteri dapat menyebar dengan mudah karena salah ketika membasuh organ kelamin, terutama kaum wanita. Cara membasuh organ kelamin agar terhindar dari anyang anyangan adalah dari arah depan ke belakang. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya bakteri ke saluran kencing.

Konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terbaik pada penyakit anyang anyangan adalah dengan melakukan konsultasi bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kepuasaan karena ditangani langsung oleh dokter ahli dan didukung dengan peralatan medis yang canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan kemudahan kepada calon pasien dengan layanan reservasi online. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu secara online dan gratis sebelum melakukan perawatan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878. Lakukan penanganan bersama Klinik Utama Sentosa sebelum penyakit semakin parah.