Rab15Mei201912:10

Amati! Berikut Gejala ISK Pada Pria


Gejala ISK pada pria secara umum adalah adanya rasa sakit serta nyeri ketika buang air kecil. Hal ini dikarenakan penyakit ISK atau infeksi saluran kemih terjadi akibat masuknya bakteri ke dalam tubuh. Bakteri penyebab infeksi saluran kemih dapat mempengaruhi ginjal, kandung kemih, dan tabung yang mengalir di antara mereka. Infeksi kandung kemih dapat menimbulkan gejala yang berbeda berdasarkan area tubuh yang terinfeksi.
gejala ISK pada pria
gejala ISK pada pria

Gejala Serta Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih terbagi menjadi dua jenis, yakni ISK atas dan ISK bawah. Infeksi saluran kemih atas terjadi pada bagian atas kandung kemih, yakni ginjal dan ureter. Sementara, infeksi saluran kemih bawah merupakan infeksi pada kandung kemih bagian bawah, yakni kandung kemih dan uretra. Gejala utama ISK atas adalah nyeri pada pinggang, punggung bawah, atau selangkang. Selain itu, gejala juga disertai dengan demam, tubuh terasa dingin hingga menggigil, mual hingga muntah, serta diare. Sementara, ISK bawah akan ditandai dengan gejala, berupa:


• Rasa sakit dan nyeri ketika buang air kecil.
• Meningkatnya frekuensi buang air kecil, namun intensitas urin sedikit.
• Tidak dapat menahan rasa ingin buang air kecil.
• Kandung kemih terasa penuh meski baru saja berkemih.
• Terasa nyeri pada perut bagian bawah.
• Nyeri pada panggul wanita serta nyeri rektum pada pria.
• Perubahan warna urin menjadi keruh dan berbau menyengat.
• Keluarnya urin disertai dengan darah atau hematuria.

Selain bakteri, gejala ISK pada pria bisa pula dipicu oleh adanya beberapa faktor, seperti pernah mengalami infeksi saluran kemih sebelumnya, baru menjalani prosedur operasi pada saluran kemih, penggunaan kateter urin dalam jangka panjang, terlahir dengan kondisi kelainan pada saluran kemih, adanya sumbatan pada saluran kemih, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan penggunaan kondom berpelumas spermisida.

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih Pada Pria

Sebelum pengobatan terhadap gejala ISK pada pria dilakukan, dokter akan mengawalinya dengan mendiagnosis penyakit. Dokter akan menjalankan beberapa tes, seperti tes urin, kultur urin, dan tes pencitraan. Tes urin dilakukan untuk mendeteksi keberadaan sel darah putih dalam urin. Kultur urin dilakukan setelahnya guna mengetahui keberadaan jamur serta bakteri. Sementara itu, tes pencitraan dilakukan untuk melihat kondisi saluran kemih lebih jelas.
 
Jika hasil diagnosis telah diketahui, gejala ISK pada pria bisa segera ditangani dengan pengobatan yang tepat. Penanganan terhadap gejala ISK pada pria biasanya dilakukan menggunakan obat antibiotik. Gejala ISK pada pria akan menghilang setelah beberapa hari mengonsumsi antibiotik sesuai resep dokter. Bagi penderita ISK yang sering kambuh, dokter akan menganjurkan konsumsi obat dalam dosis rendah setiap hari selama 6 bulan atau lebih. Namun, jika ISK berkaitan dengan masalah seksual maka pemberian obat dilakukan seusai melakukan hubungan intim.
 

Lakukan Pengobatan Segera di Klinik Utama Sentosa

Gejala ISK pada pria dapat disembuhkan jika segera ditangani bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di klinik ini, Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik karena perawatan penyakit ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten serta menggunakan peralatan medis yang modern.
 
Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis sehingga dapat mempermudah pasien baru yang ingin melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Penanganan yang dilakukan dengan segera dapat membantu menghindari terjadinya komplikasi penyakit lebih serius. Karena itu, untuk informasi lebih lanjut Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.