Kam11Jul201909:05

Adakah Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Secara Alami?

 

Mengobati Infeksi saluran kemih secara alami dapat dilakukan asalkan kondisi infeksinya belum parah karena jika sudah parah akan sulit untuk dilakukan pengobatan. Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan sebuah kondisi yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri pada kandung kemih. Jika infeksi pada kandung kemih ini dibiarkan, maka dapat naik hingga ke bagian ginjal yang menyebabkan terjadinya pielonefritis.

mengobati infeksi saluran kemih secara alami
mengobati infeksi saluran kemih secara alami


Infeksi saluran kemih ditandai dengan gejala gangguan buang air kecil yang diantaranya adalah bertambahnya intensitas buang air kecil. Cara mengobati infeksi saluran kemih secara alami dapat saja dilakukan, hanya saja infeksi yang satu ini dapat menginfeksi siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun, yang paling rentan terkena infeksi ini adalah wanita karena letak uretra pada wanita jauh lebih dekat dengan anus yang merupakan tempat dimana bakteri sering masuk.


Seberapa Bahaya Infeksi Saluran Kemih?


Infeksi saluran kemih lebih sering ditemui pada wanita daripada laki-laki. Meskipun dapat disembuhkan, jangan pernah meremehkan infeksi saluran kemih, karena jika dibiarkan ataupun telat melakukan pengobatan dapat menyebabkan berbagai bahaya, salah satunya yaitu pielonefritis atau disebut juga dengan infeksi ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ penting pada tubuh yang jika mengalami infeksi, maka organ lain juga akan ikut terkena dampaknya. 

Selain itu, bahaya infeksi saluran kemih juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Selain itu, penderita infeksi ini tidak semuanya mengalami gejala. Meskipun tidak memunculkan gejala, namun infeksi saluran kemih ini dapat tetap menyebar bakterinya. Justru pada penderita dengan gejala yang samar inilah infeksi saluran kemih menjadi lebih berbahaya. Untuk mengatasi infeksi yang satu ini, silahkan lakukan pemeriksaan ke dokter terlebih dahulu. Hal ini untuk mengetahui seberapa jauh infeksinya telah terjadi. Setelah diketahui kondisi Anda, baru cara mengobati infeksi saluran kemih secara alami dapat dilakukan. 

 

mengobati infeksi saluran kemih secara alami
mengobati infeksi saluran kemih secara alami

Gejala Infeksi Saluran Kemih


Rasa ingin buang air kecil yang seringkali muncul tentunya menyebabkan berbagai ketidaknyamanan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk menghentikan gejalanya, tentu Anda harus mengatasi penyebabnya terlebih dahulu. Infeksi ini juga dapat diobati. Mengobati infeksi saluran kemih secara alami memang dapat dilakukan, namun sebaiknya tidak sembarangan dalam mengobati penyakit yang satu ini.

Penyebab infeksi saluran kemih ini biasanya adalah infeksi bakteri yang mana untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan obat antibiotik. Namun, dapat juga mengobati infeksi saluran kemih secara alami, dimana sebelum menggunakan pengobatan alami sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter Anda. Jika bingung akan konsultasi dimana, silahkan datang langsung saja ke klinik kami yaitu Klinik Utama Sentosa.


Mencegah Bahaya Infeksi Saluran Kemih


Untuk mencegah bahaya dari infeksi saluran kemih ini, dapat dilakukan dengan menggunakan cara medis yang dan dibarengi dengan cara alami yang dapat kita lakukan sendiri di rumah. Minum air putih yang cukup dapat mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih ini. Cara tersebut di antaranya adalah:

• Tidak menahan setiap kali ingin buang air kecil.
• Perbanyak konsumsi vitamin.
• Menggunakan kompres panas.
• Hindari menggunakan pakaian yang tidak nyaman.
• Menjaga kebersihan area kemaluan.
• Biasakan menjalani pola hidup sehat.

Mengobati infeksi saluran kemih harus sampai tuntas, pasalnya infeksi ini dapat kambuh lagi sewaktu-waktu jika ada faktor yang memicunya. Untuk itu, tetap lakukan cara mengobati infeksi saluran kemih secara alami agar gejalanya tidak muncul lagi. Sedangkan untuk gejala yang Anda alami sekarang, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kami melalui layanan hotline di nomor 081366657878.