Kam31Jan201914:48

5 Tips Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Cara mencegah infeksi saluran kemih bisa Anda terapkan bersama dokter ahli setelah pemeriksaan fisik dilakukan. Infeksi ini merupakan suatu kondisi dimana saluran kemih terinfeksi oleh bakteri. Infeksi pada saluran kemih akan menyebabkan ketidaknyamanan saat buang air kecil, seperti adanya rasa sakit, nyeri, dan sensasi terbakar. Infeksi saluran kemih atau ISK rentan diderita oleh wanita karena uretra yang dimiliki lebih pendek sehingga bakteri mudah masuk.

mencegah infeksi saluran kemih
mencegah infeksi saluran kemih

Penyebab Umum Infeksi Pada Saluran Kemih

Gejala utama dari infeksi saluran kemih adalah anyang anyang setelah buang air kecil. Meskipun begitu, penderitanya akan sering merasa ingin buang air kecil dengan intensitas urin yang sedikit. Rasa sakit serta adanya perubahan pada warna urin yang terkadang disertai dengan darah juga akan terjadi. Beberapa gejala tersebut umumnya terjadi karena adanya infeksi bakteri. Namun, terdapat pula penyebab lain akibat pemicu munculnya infeksi, seperti:


• Menyeka kemaluan dari arah yang salah

Bakteri bisa masuk melalui saluran uretra dengan mudah karena melakukan cara yang salah ketika menyeka organ kelamin. Wanita lebih rentan terkena infeksi karena kebiasaan membilas organ kelamin dari arah belakang ke depan. Hal inilah yang mengakibatkan bakteri dari anus terdorong masuk ke dalam kandung kemih dan menginfeksi organ lainnya.


• Tidak buang air kecil seusai berhubungan seks

Salah satu penyebab adanya infeksi pada saluran kemih adalah tidak membuang urin setelah melakukan hubungan seksual. Biasanya, bakteri dapat menyebar lewat aktivitas seksual antara pria dan wanita. Bakteri penyebab infeksi saluran kemih ini akan ditransfer dari usus melewati uretra dan mengakibatkan munculnya penyakit.


• Kurang konsumsi air putih

Jika tubuh kekurangan asupan minum, organ penting seperti ginjal akan kehilangan cairan sehingga fungsinya menjadi terganggu. Kurangnya keberadaan cairan dalam ginjal juga dapat memancing bakteri untuk menyerang sehingga infeksi terjadi dengan mudah. Untuk itu, perbanyak konsumsi air mineral karena berperan penting bagi tubuh untuk mengeluarkan bakteri.


Tips Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Penyakit infeksi saluran kemih dapat ditangani bersama dokter dengan pemberian antibiotik guna membersihkan bakteri penyebab infeksi. Obat alami juga perlu dikonsumsi untuk mencegah infeksi saluran kemih kembali kambuh. Jika tidak ditangani dengan benar, infeksi dapat menyebar ke ginjal hingga mengakibatkan munculnya komplikasi berupa infeksi ginjal atau pielonefritis, gagal ginjal, dan juga sepsis. Karena itu, penting untuk mengetahui cara mencegah infeksi saluran kemih, yakni sebagai berikut:


• Konsumsi vitamin C

Mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung cukup vitamin C dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih karena urin menjadi lebih asam. Selain itu, bakteri berbahaya juga tidak akan menempel di dinding kemih akibat lingkungan di dalam tubuh yang asam.


• Kurangi penggunaan antibiotik

Penggunaan antibiotik yang telalu sering akan memicu munculnya bahaya infeksi di saluran kemih. Antibiotik dapat menyebabkan diare sehingga memungkinkan bakteri untuk masuk ke uretra.


• Hindari produk kewanitaan

Menggunakan produk kewanitaan yang mengandung bahan kimia serta parfum akan menimbulkan infeksi bakteri. Bakteri akan berkembang dengan baik di dalam tubuh sehingga infeksi mudah menyebar ke organ lainnya.


• Jaga kebersihan organ intim

Selalu menjaga kebersihan organ kelamin terutama setelah melakukan hubungan seksual bisa menjadi salah satu cara mencegah infeksi pada saluran kemih. Selama melakukan hubungan seksual, bakteri dapat berpindah dengan mudah sehingga infeksi saluran kemih akan terjadi.


• Tetap terdehidrasi

Mengonsumsi cukup air dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan bakteri yang tidak diinginkan. Selain itu, usahakan untuk buang air kecil setiap dua atau tiga jam jika kandung kemih sudah terasa penuh guna menghindari berkembangnya bakteri penyebab infeksi.



Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Mencegah infeksi saluran kemih bisa diterapkan selama pengobatan bersama dokter sedang berlangsung. Penanganan terbaik terhadap infeski saluran kemih dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Perawatan juga akan ditangani oleh tim dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Klinik Utama Sentosa memiliki lingkungan yang nyaman, bersih, dan aman sehingga pasien merasakan kepuasaan setelah melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Karena itu, segera periksakan kondisi tubuh Anda sebelum penyakit menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.