Sel16Apr201916:22

3 Metode Penanganan Untuk ISK Parah


Infeksi saluran kemih atau ISK parah biasanya ditandai dengan gejala yang terjadi secara berulang. Penyebab utama dari penyakit ini adalah akibat infeksi bakteri di organ saluran kencing. Bakteri yang masuk dapat mempengaruhi ginjal, kandung kemih, dan uretra, dan ureter. Seseorang yang menderita ISK parah akan merasakan sakit, nyeri, hingga ketidaknyamanan. Infeksi rentan diderita oleh wanita dibanding pria karena saluran kencing lebih pendek dan dekat dengan anus.
ISK parah
ISK parah

Beberapa Gejala Infeksi Saluran Kemih Secara Umum

Gejala infeksi saluran kemih secara umum ditandai dengan meningkatnya keinginan buang air kecil atau anyang anyangan, nyeri ketika berkemih, perubahan warna urin menjadi keruh serta berbau, dan keluarnya nanah atau darah ketika buang air kecil. Gejala ISK parah berbeda-beda tergantung organ tubuh yang terinfeksi, yakni berupa:



• Infeksi pada ginjal, biasanya akan menyebabkan penderitanya mengalami demam hingga menggigil, mual, muntah, serta nyeri pada punggung.
 
• Infeksi pada kandung kemih, dapat mengakibatkan munculnya gejala berupa tekanan pada pelvis depan, sering ingin buang air kecil, dan kencing disertai darah.
 
• Infeksi pada uretra, ditandai dengan adanya rasa nyeri ketika buang air kecil dan keluar cairan asing dari saluran kencing atau uretra.
 
Penyakit ISK parah dapat terjadi jika dibiarkan tanpa penanganan bersama dokter. ISK parah memicu munculnya komplikasi yang lebih parah, seperti gangguan pada ginjal, sepsis akibat infeksi telah menyebar ke aliran darah, menyempitnya uretra pada pria, dan meningkatkan risiko wanita melahirkan secara prematur serta berat badan bayi lahir rendah.

Penanganan Tepat Terhadap Infeksi Saluran Kemih

Pengobatan infeksi saluran kemih atau ISK parah biasanya diresepkan obat antibiotik selama 3 hingga 10 hari. Dokter juga akan memberikan obat pereda rasa nyeri yang mengubah warna urin menjadi jingga kemerahan. Penderita infeksi saluran kemih disarankan untuk mengonsumsi air putih selama masa perawatan guna membantu mengeluarkan bakteri melalui proses berkemih. Cara mengobati infeksi saluran kemih lain yang bisa dilakukan selain mengonsumsi obat, adalah sebagai berikut:
 

• Melatih kandung kemih

Pelatihan pada kandung kemih merupakan cara yang berguna untuk memperkuat otot kandung kemih. Untuk anak-anak maupun orang dewasa, pelatihan ini dapat melatih kesabaran dan menghindari terjadinya anyang anyangan yang menjadi gejala infeksi saluran kemih.


• Perbanyak konsumsi cairan saat siang hari

Mengonsumsi banyak cairan pada siang hari dapat membantu menyiram ginjal dan kandung kemih secara alami. Sementara itu, minum banyak saat pagi hari berguna untuk memastikan volume urin di kandung kemih cukup.


• Konsumsi makanan yang kaya serat.

Terkadang ketika seseorang menderita infeksi saluran kemih, biasanya juga akan mengalami sembelit. Karena itu, konsumsi makanan kaya akan serat sangat dianjurkan agar buang air besar tetap lancar.


Segera Lakukan Konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa

Penyakit ISK parah harus segera ditangani dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik karena perawatan penyakit akan ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten serta menggunakan peralatan medis yang modern.
 
Klinik Utama Sentosa berlokasi sangat strategis sehingga mempermudah pasien baru yang ingin melakukan perawatan maupun pemeriksaan rutin. Melakukan penanganan dengan segera dapat membantu menghindari adanya komplikasi penyakit lebih serius. Karena itu, untuk informasi lebih lanjut Anda bisa segera melakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.