Min10Mar201916:46

3 Cara Menyembuhkan Penyakit Anyang Anyangan

Penyakit anyang anyangan atau biasa disebut disuria merupakan kondisi dimana muncul rasa tidak nyaman selama buang air kecil. Salah satu akibat lain karena penyakit anyang anyangan ini berupa keinginan untuk mengeluarkan urin lebih sering dari biasanya. Penyakit anyang anyangn dapat terjadi pada siapapun, namun berisiko lebih tinggi diderita oleh wanita. Hal ini dikarenakan saluran uretra atau tempat keluarnya air kencing cenderung lebih pendek sehingga memudahkan terjadi infeksi.
penyakit anyang anyangan
penyakit anyang anyangan

Beberapa Tanda atau Gejala Anyang Anyangan

Gejala akibat penyakit anyang anyangan tidak hanya menimbulkan rasa sakit ataupun nyeri. Beberapa gejala umum dari penyakit anyang anyangan lainnya adalah hasrat berlebih untuk buang air kecil namun intensitas urin sedikit, nyeri pada panggul, urin yang keluar bercampur dengan darah serta lebih pekat, mudah merasa lelah, dan demam. Gejala yang menyertai penyakit anyang anyang bisa berbeda sesuai organ yang terinfeksi, seperti:
 

• Ginjal atau pielonefritis akut

Pielonefritis disebabkan oleh bakteri maupun jamur yang sudah menyebar hingga ke organ penting tubuh, seperti ginjal. Gejala yang akan dirasakan penderitanya, antara lain nyeri pada pinggang belakang atas, mengalami demam tinggi, dan mual hingga muntah.


• Kandung kemih atau sistitis

Penyakit anyang anyangan sering disebabkan oleh peradangan pada kandung kemih atau sistitis. Infeksi ini sering disebabkan oleh bakteri yang ditemukan di saluran pencernaan. Beberapa gejala yang muncul adalah tidak nyaman pada perut bagian bawah, panggul terasa seperti ditekan, keinginan buang air kecil meningkat, serta adanya darah dalam urin.


• Saluran kencing atau uretritis

Menyebarnya bakteri pada saluran pencernaan dari anus ke saluran kemih dapat menyebabkan penyakit uretritis. Salah satu gejala yang dirasakan, yakni lubang saluran kencing terasa perih saat buang air kecil.


Bagaimana Cara Menyembuhkan Anyang Anyangan

Pengobatan penyakit anyang anyangan harus disesuaikan dengan pemicunya. Jika anyang anyangan disebabkan oleh bakteri, maka pilihan obat yang tepat adalah mengonsumsi antibiotik sesuai resep dokter. Namun, jika infeksi dipicu oleh pertumbuhan jamur, maka pengobatan lebih dikhususkan untuk mengurangi perkembangan jamur di dalam kemaluan. Selain mengonsumsi obat, anyangan anyangan bisa juga diatasi dengan penanganan rumahan, seperti:


• Menjaga kebersihan organ intim

Setelah buang air kecil, selalu terapkan cara yang benar ketika menyeka organ kelamin, yakni dari arah depan ke belakang. Hal ini bertujuan untuk menghindari perpindahan bakteri dari anus atau belakang ke saluran kencing atau depan.


• Rutin berendam dalam air hangat

Anyang anyangan memang menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri, hingga sakit saat buang air kecil. Karena itu, biasanya penderita penyakit ini disarankan untuk rutin berendam dalam air hangat guna membantu mengurangi rasa tidak nyaman di area organ genital.
 

• Usahakan mendapat tidur cukup

Beberapa kasus penyakit anyang anyang bisa juga disertai dengan gejala demam tergantung pada penyebab yang mendasari. Untuk itu, penderitanya dianjurkan untuk istirahat atau tidur yang cukup sampai nyeri dan demam mereda.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penyakit anyang anyangan dapat diobati dengan melakukan konsultasi bersama Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai jenis penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kepuasaan serta kenyamanan karena ditangani langsung oleh dokter ahli dan didukung pula dengan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan kemudahan kepada pasien dengan adanya keringanan biaya perawatan. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu secara online dan gratis sebelum melakukan perawatan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, Anda bisa segera menghubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878. Lakukan penanganan segera di Klinik Utama Sentosa sebelum penyakit mengakibatkan komplikasi yang lebih serius.