Kam14Feb201915:03

3 Cara Menangani Sakit Kandung Kemih

Sakit kandung kemih biasanya mengindikasikan adanya penyakit sistitis dalam tubuh. Sistitis merupakan infeksi yang menyebabkan terjadinya peradangan pada kandung kemih. Penyakit ini lebih rentan menyerang wanita dibanding pria karena memiliki saluran uretra yang lebih pendek dan dekat dengan anus. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri dan dapat semakin parah jika bakteri sudah menyebar naik hingga ke organ ginjal.

sakit kandung kemih
sakit kandung kemih

Gejala Umum dari Peradangan Pada Kandung Kemih


Selain sakit kandung kemih, terdapat beberapa gejala lain yang menyertai, seperti keinginan buang air kecil meningkat namun urin yang keluar sedikit, perubahan pada warna urin, terasa nyeri pada perut bagian bawah, urin yang keluar disertai dengan darah, dan tubuh terasa kurang sehat hingga mengalami demam. Sakit kandung kemih yang terasa ini disebabkan oleh beberapa faktor risiko, seperti:


• Menggunakan obat-obatan kemopterapi.
• Memakai sabun pembersih organ intim berbahan kimia.
• Memiliki penyakit tertentu, seperti batu ginjal.
• Pernah melakukan radioterapi pada tubuh.

Risiko infeksi bakteri yang menyebabkan sakit kandung kemih akan semakin besar jika seseorang memiliki gangguan saat ingin mengeluarkan air urin. Pada wanita, bakteri lebih mudah berpindah karena posisi uretra yang berdekatan dengan anus. Selain faktor tersebut, perpindahan bakteri dapat terjadi ketika memasukkan pembalut jenis tampon, memakai alat kontrasepsi jenis diafragma, salah arah ketika menyeka organ kelamin, dan berhubungan seksual.

Infeksi yang terjadi pada kandung kemih bisa pula dipicu oleh cedera yang diakibatkan oleh hubungan seksual, memiliki riwayat penyakit diabetes, adanya gangguan pada ginjal atau kelenjar prostat, pemakaian selang kateter urin yang terlalu lama dan sabun yang mengandung parfum atau bahan kimia. Untuk menghindari munculnya komplikasi, penderita sistitis harus segera melakukan pemeriksaan dan perawatan bersama dokter.


BAGAIMANA GEJALA RADANG KANDUNG KEMIH?*

Bagaimana Cara Menangani Penyakit Sistitis?

Penanganan penyakit sistitis dilakukan bergantung pada tingkat keparahan gejala yang dialami penderitanya. Jika kasus sistitis masih tergolong ringan, biasanya penanganan tidak diperlukan karena dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, jika sistitis sudah memasuki masa kronis atau interstitial cystitis, maka dokter akan melakukan beberapa terapi guna meringankan gejala. Terapi yang dilakukan dokter untuk menangani sakit kandung kemih ini, antara lain:


• Konsumsi obat oral

Biasanya, dokter akan menyarankan penderita sistitis yang sudah berada di tahap kronis untuk mengonsumsi obat oral. Selain itu, obat lain yang langsung dimasukkan ke dalam kandung kemih juga bisa menjadi pilihan.


• Prosedur manipulasi kandung kemih

Metode atau prosedur memanipulasi kandung ini berguna untuk memperbaiki gejala penyakit. Pada metode ini, cara penerapannya dilakukan dengan meregangkan kandung kemih dengan air atau gas. Pilihan lain yang disarankan dokter biasanya, dapat berupa tindak operasi.


• Melakukan stimulasi saraf

Metode dengan menstimulasi saraf ini menggunakan sengatan listrik ringan. Cara tersebut sangat efektif untuk meredakan nyeri pada panggul. Selain itu, dalam beberapa kasus, metode stimulasi saraf bisa membantu mengurangi frekuensi kencing.


Lakukan Penanganan dengan Klinik Utama Sentosa

Cara menangani sakit kandung kemih yang paling tepat adalah bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan perawatan di klinik ini, Anda akan mendapatkan kesembuhan maksimal karena ditangani oleh dokter berpengalaman dan berkompeten dengan menggunakan peralatan medis yang canggih.
 
Tak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan, karena Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien. Selain itu, Klinik Utama Sentosa memiliki fasilitas unggulan, seperti layanan konsultasi online dan gratis. Melalui konsultasi ini, pasien dapat mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.