sakit kandung kemih

3 Cara Menangani Sakit Kandung Kemih

Sakit kandung kemih biasanya mengindikasikan adanya penyakit sistitis dalam tubuh. Sistitis merupakan infeksi yang menyebabkan terjadinya peradangan pada kandung kemih. Penyakit ini lebih rentan menyerang wanita dibanding pria karena memiliki saluran uretra yang lebih pendek dan dekat dengan anus. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri dan dapat semakin parah jika bakteri sudah menyebar naik hingga ke organ ginjal.

gejala radang kandung kemih

Bagaimana Gejala Radang Kandung Kemih?

Gejala radang kandung kemih biasanya ditandai dengan rasa sakit dan nyeri ketika buang air kecil. Munculnya gejala radang kandung kemih disebabkan karena adanya infeksi dan peradangan pada kandung kemih atau vesica urinaria. Infeksi pada kandung kemih ini terjadi akibat adanya bakteri dan akan semakin parah jika sudah menyebar naik hingga ke ginjal. Penyakit ini lebih sering diderita oleh wanita dibanding pria karena faktor uretra yang lebih pendek dan dekat dengan anus.

kandung kemih sakit

Kandung Kemih Sakit, Kenapa Bisa Terjadi?

Kandung kemih sakit atau sistitis umumnya disebabkan karena adanya infeksi atau peradangan sehingga muncul kemerahan dan bengkak. Peradangan ini terjadi karena bakteri dari luar masuk ke dalam melalui saluran uretra. Penyakit yang tidak segera ditangani akan sangat menyakitkan dan mengganggu terutama jika sudah menyebar naik ke organ penting, seperti ginjal. Karena itu, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

radang kandung kemih

 Kenapa Radang Kandung Kemih Dapat Terjadi?

Radang kandung kemih atau sistitis merupakan kondisi dimana kandung kemih dan bagian atas uretra mengalami kemerahan dan bengkak. Pembengkakan yang menyebabkan radang kandung kemih ini terjadi akibat adanya infeksi bakteri. Selain bakteri, umumnya peradangan pada kandung kemih dapat dipicu karena reaksi obat-obatan tertentu, iritasi dari penggunaan produk pembersih organ kelamin, dan pemakaian kateter dalam jangka waktu panjang.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing

 

Infeksi saluran kencing atau urinary tract infection disebabkan bakteri yang berkembang dalam saluran kencing. Infeksi saluran kencing dapat terjadi baik pada pria maupun wanita, walau wanita lebih berpotensi terkena infeksi ini, sementara pria cenderung lebih kebal.

Apakah Uretritis Bisa Disembuhkan?

Apakah Uretritis Bisa Disembuhkan?

 

Uretritis adalah peradangan uretra ditandai dengan nyeri, kemerahan, atau pembengkakan pada uretra. Uretritis adalah bentuk salah satu infeksi saluran kemih yang terjadi saat bakteri dari anus menyebar ke uretra. Uretritis dibagi menjadi dua, yaitu uretritis non-spesifik (non-gonococal), serta spesifik (gonococal).

Apakah Uretritis Berbahaya?

Apakah Uretritis Berbahaya?

 

Uretritis adalah kondisi yang dimana uretra membawa urine keluar dari kandung kemih ke kepala penis pada pria. Pada umumnya uretritis menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil, dan terasa ingin buang air kecil terus-menerus. Penyebab infeksi uretritis adalah bakteri. Jika uretritis disebabkan bakteri, apakah uretritis berbahaya?

mencegah infeksi saluran kemih

5 Tips Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Cara mencegah infeksi saluran kemih bisa Anda terapkan bersama dokter ahli setelah pemeriksaan fisik dilakukan. Infeksi ini merupakan suatu kondisi dimana saluran kemih terinfeksi oleh bakteri. Infeksi pada saluran kemih akan menyebabkan ketidaknyamanan saat buang air kecil, seperti adanya rasa sakit, nyeri, dan sensasi terbakar. Infeksi saluran kemih atau ISK rentan diderita oleh wanita karena uretra yang dimiliki lebih pendek sehingga bakteri mudah masuk.

gejala cystitis

Bagaimana Gejala Cystitis Secara Umum?

Gejala cystitis atau infeksi kandung kemih biasanya ditandai dengan rasa sakit dan terbakar ketika buang air kecil. Cystitis merupakan peradangan atau inflamasi di kandung kemih yang dapat terjadi baik pada wanita maupun pria. Namun, wanita berisiko tinggi terinfeksi bakteri penyebab cystitis karena memiliki uretra yang lebih pendek dibandingkan pria. Penyebab utama penyakit ini biasanya berasal dari infeksi bakteri di sekitar anus yang masuk ke dalam kandung kemih.

Urethritis Adalah

Urethritis Adalah

 

Urethtritis adalah kondisi dimana uretra meradang serta iritasi. Uretra merupakan saluran yang membawa urine atau air kencing dari kandung kemih ke luar tubuh. Biasanya urehritis menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil, dan menjadi bolak-balik buang air kecil.