Min20Jan201916:36

Jenis Penyakit Kelamin Wanita

Terdapat begitu banyak jenis penyakit kelamin wanita yang cukup berbahaya. Penyakit kelamin dapat terjadi akibat kebersihan organ genital yang tidak terjaga dengan baik. Penyebab munculnya berbagai jenis penyakit kelamin wanita bisa diakibatkan oleh berbagai faktor. Selain jamur, bakteri serta parasit merupakan penyebab utama terjadinya infeksi pada kelamin. Parasit, bakteri, serta jamur yang masuk ke dalam tubuh bisa pula karena cara membilas organ kelamin yang salah.

jenis penyakit kelamin wanita
jenis penyakit kelamin wanita

>>>klik disini untuk melakukan konsultasi<<<

Gejala Adanya Penyakit Kelamin Dalam Tubuh

Penyakit kelamin sering muncul tanpa gejala sehingga banyak yang tidak menyadari sudah terinfeksi virus. Karena itu, salah satu cara terbaik untuk memastikan ada tidaknya infeksi adalah dengan melakukan pemeriksaan laboratorium bersama dokter ahli. Dokter juga dapat memberikan konsultasi mengenai jenis penyakit yang diderita dan cara penanganan paling tepat terhadap gejala yang muncul. Beberapa gejala umum sebagai pertanda adanya infeksi penyakit kelamin dalam tubuh, dapat berupa:


• Terjadi perubahan pada urin

Perubahan pada warna urin biasanya terjadi karena buang air kecil yang disertai darah. Selain itu, penderitanya juga akan merasakan sakit dan sensasi terbakar ketika buang air kecil. Gejala yang muncul ini dikarenakan oleh adanya infeksi pada saluran kencing atau batu ginjal. Jenis penyakit kelamin wanita yang menyebabkan rasa sakit, meliputi klamidia, gonore, dan trikomoniasis.
 

• Organ kelamin wanita terasa gatal

Sensasi tidak biasa di sekitar organ kelamin, seperti rasa gatal dan panas bisa menjadi salah satu gejala penyakit kelamin pada wanita. Rasa gatal di organ kelamin ini diakibatkan oleh adanya bacterial vaginosis dan kutu pubis. Gejala satu ini akan sangat mengganggu sehingga perlu penanganan dokter ahli secepatnya.


• Nyeri ketika berhubungan seksual

Rasa nyeri ketika melakukan hubungan seksual umum terjadi pada wanita sehingga sering tidak disadari sebagai gejala penyakit kelamin. Munculnya rasa sakit atau nyeri ini harus segera diperiksakan ke dokter ahli, terutama ketika sudah terjadi secara berulang dan dalam waktu yang cukup lama.


• Mengalami keputihan tidak normal

Keputihan yang tidak normal diakibatkan oleh adanya infeksi penyakit kelamin. Wanita yang terkena infeksi trikomonas akan mengalami keputihan dengan ciri, yakni berwarna kehijauan, berbusa, dan mengeluarkan bau tidak sedap. Selain itu, penyakit gonore juga bisa mengakibatkan keputihan menjadi berwarna kekuningan dan disertai dengan darah.


• Muncul kutil pada organ kelamin

Kutil di sekitar organ kelamin bisa menjadi pertanda adanya penyakit menular seksual dalam tubuh. Jenis penyakit kelamin wanita yang ditandai dengan gejala kutil adalah herpes genital, HPV, sipilis, dan molloscum contagiosum. Benjolan atau kutil ini dapat menghilang, namun tetap berpotensi menyebarkan infeksi kepada orang lain melalui hubungan seksual.


Beberapa Jenis Penyakit Kelamin Pada Wanita


Penyakit kelamin dapat menyebabkan ketidaksuburan jika dialami oleh wanita. Infeksi akibat penyakit ini mudah ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman, seperti tanpa pelindung atau kondom. Beberapa jenis penyakit kelamin wanita yang harus diwaspadai, antara lain:

• Klamidia, merupakan jenis penyakit kelamin wanita yang disebabkan oleh infeksi bakteri bernama chlamydia trachomatis.

• Gonore atau kencing nanah, biasanya dikarenakan oleh infeksi bakteri gonococcus akibat berhubungan seksual dengan organ yang terinfeksi atau terpapar cairan dari tubuh.

• Herpes genital, adalah jenis penyakit kelamin yang terjadi karena virus herpes simpleks dan menyebabkan ruam kemerahan di sekitar mulut, anus, serta organ kelamin.

• Sipilis, merupakan salah satu jenis penyakit kelamin wanita yang tidak menimbulkan gejala sehingga dapat terjadi kerusakan permanen pada organ penting, seperti jantung.
 
Penanganan terhadap berbagai jenis penyakit kelamin wanita tersebut dapat dilakukan bersama dokter ahli dengan pemberian obat antibiotik dan antivirus. Obat antibiotik cukup efektif dalam menyembuhkan infeksi menular seksual akibat parasit, termasuk gonore, sipilis, klamidia, dan trikomoniasis. Sementara, antivirus berguna untuk mengurangi risiko infeksi dan kekambuhan penyakit.


Lakukan Konsultasi dengan Klinik Utama Sentosa

Cara menyembuhkan penyakit kelamin dapat Anda lakukan dengan berkonsultasi di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin di daerah Jakarta. Disana Anda akan mendapatkan perawatan terbaik karena dilakukan oleh dokter ahli dengan peralatan medis yang canggih. Untuk infomasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 0813 6665 7878.