Sab22Jun201910:13

Tanda Penyakit Sifilis Pada Pria

Gejala dan tanda penyakit sifilis tergantung pada stadium atau tahap infeksi. Sifilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang dapat diobati dan disembuhkan dengan perawatan yang tepat. Namun meski tergolong mudah disembuhkan pada tahap awal, jika tidak diobati dapat mempengaruhi otak, sistem saraf, dan organ lainnya dalam tubuh.
Tanda Penyakit Sifilis Pada Pria
Tanda Penyakit Sifilis Pada Pria
Sifilis adalah penyakit menular seksual yang sangat menular disebabkan infeksi bakteri Treponema pallidum. Jika tidak diobati, infeksi dapat menyebabkan masalah kesehatan serius bahkan jangka panjang. Penyakit sifilis dapat menginfeksi pria dan wanita, dan biasanya tanda penyakit sifilis dimulai dengan luka (chancre) tanpa rasa sakit.

Luka sifilis ditemukan pada penis, vagina, anus, atau dapat ditemukan pada dubur, di dalam mulut atau bibir. Seseorang dapat terinfeksi dengan melakukan kontak langsung pada luka sifilis melalui kontak langsung dengan luka selama aktivitas hubungan seksual vaginal, anal, atau oral yang tidak terlindungi. Selain menular melalui hubungan seksual, infeksi juga dapat ditularkan dari ibu hamil yang terinfeksi pada bayinya selama kehamilan.



Lalu, apa saja gejala dan tanda penyakit sifilis?

Tahap primer. Tanda penyakit sifilis yang pertama berupa luka kecil, bundar, tanpa rasa sakit yang muncul pada lokasi bakteri memasuki tubuh pertama kali. Umumnya luka sifilis berkembang sekitar tiga minggu setelah paparan, luka sembuh dengan atau tanpa pengobatan. Tanpa pengobatan, meskipun luka sembuh dendiri, ini bukan berarti Anda terbebas dari bakteri. Ini berarti bahwa tahap telah berpindah pada tahap yang berbeda.

Tahap sekunder. Selam tahap ini, bakteri penyebab sifilis telah menyebar ke aliran darah. Orang mungkin memiliki ruam pada telapak tangan dan kaki. Ruam mungkin terlihat seperti gigitan serangga dan tidak gatal. Selain muncul pada telapak tangan dan kaki, ruam juga dapat muncul pada leher dan dada. Selain ruam, tanda penyakit sifilis pada tahap ini dengan gejala klasik seperti demam, nyeri otot, sakit tenggorokan, kelelahan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Baca Juga: Bahaya Penyakit Sifilis, Bisa Menyebabkan Kematian?

Tahap laten. Pada tahap ini tidak memiliki infeksi gejala dan tanda penyakit sifilis yang terlihat. Namun meskipun kurangnya visibilitas, bakteri penyebab infeksi masih bersembunyi dalam tubuh.

Tahap tersier. Pada tahap infeksi ini memiliki masalah medis yang paling parah yang terkait dengannya. Ini dapat mempengaruhi banyak organ dalam tubuh, seperti otak, jantung, hati, tulang, sendi, dan sumsum tulang belakang. Sifilis tersier dapat menyebabkan kerusakan luas pada banyak organ internal, hingga menyebabkan kematian.

Tes darah umumnya digunakan untuk menguji infeksi sifilis. Jika ada luka (chancre), gesekan dari luka atau cairan dari lesi diambil. Tes akan menyaring keberadaan antibodi dalam darah yang diproduksi sebagai respons terhadap Treponema pallidum, bakteri penyebab sifilis.



Pengobatan infeksi sifilis

Infeksi yang baru didapat dapat diatasi dengan cepat hingga tuntas dengan pengobatan yang aman. Konsultasilah dengan dokter jika melihat munculnya luka berisi cairan pada alat kelamin untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Jangan melakukan diagnosis sendiri dan pengobatan sendiri dengan menggunakan obat bebas atau krim pada alat kelamin Anda.

Jika saat ini Anda dirawat dengan infeksi penyakit kelamin sifilis, hindari hubungan seksual hingga pengobatan selesai dan Anda dinyatakan sembuh. Konsultasilah dengan dokter ahli kelamin untuk perawatan yang aman agar infeksi tidak berlanjut pada tahap yang berbahaya.

Jika saat ini Anda sedang mengalami gejala sifilis atau sedang mencari cara untuk mengatasinya, kami Klinik Utama Sentosa hadir untuk Anda. Klinik Utama Sentosa adalah klinik yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi.

Kami memberikan pelayanan dan perawatan medis bekualitas yang terarah dan tidak hanya berfokus pada gejala namun lebih kepada penyebab masalah. Klinik Utama Sentosa dengan pelayanan medis prima, dimana Anda ditangani langsung oleh dokter ahli terlatih yang sudah berpengalaman. Didukung peralatan medis canggih, laboratorium yang steril dengan biaya terjangkau.

Kamu juga menyediakan layanan konsultasi online gratis 24 jam untuk memudahkan Anda konsultasi, untuk pertanyaan lainnya mengenai tanda penyakit sifilis silahkan klik website kami, atau Anda dapat menghubungi kami di 081366657878.