Jum21Jun201911:12

Apa Itu Chlamydia Dan Penyebabnya

 

Tahukah Anda apa itu chlamydia? Chlamydia adalah salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri. Chlamydia disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri tersebut sering tidak menimbulkan gejala, itulah kenapa penyakit chlamydia ini terkadang tidak disadari oleh penderitanya. Chlamydia dapat menular melalui aktivitas berhubungan seksual.

apa itu chlamydia
apa itu chlamydia

Berhubungan seksual secara oral, anal, maupun vaginal berpotensi menularkan bakteri penyebab penyakit chlamydia. Bahkan, jika chlamydia terjadi pada ibu hamil, hal tersebut dapat memicu penularan pada bayi yang dikandungnya jika tidak segera disembuhkan. Chlamydia dapat menular melalui proses melahirkan pada ibu hamil. Jangan khawatir, yang kita kenal apa itu chlamydia tidak dapat menular melalui kontak tidak langsung dengan penderita seperti menggunakan peralatan mandi, peralatan makan, toilet, hingga pakaian yang sama.

Cara Mendeteksi Penyakit Chlamydia


Sebelumnya dijelaskan bahwa chlamydia jarang menimbulkan gejala yang untuk penyakit dapat dijadikan sebagai tanda. Jadi, bagaimana cara untuk mendeteksi bahwa seseorang telah terkena penyakit chlamydia, terutama pada wanita? Caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin paling tidak setahun sekali apalagi jika Anda termasuk orang yang aktif dalam berhubungan seksual.
 
Meskipun jarang menimbulkan gejala, namun bukan berarti tidak ada gejala sama sekali. Untuk mengetahui apa itu chlamydia dan bukan, ada salah satu gejala yang mungkin dialami pria. Gejala tersebut adalah keputihan abnormal dimana cairan yang keluar bisa bening maupun keruh. Cairan yang keluar dari penis ini dapat menyebabkan rasa gatal ataupun rasa panas di sekitar lubang penis. Gejala lain yang mungkin muncul pada testikel adalah pembengkakan disertai rasa nyeri.

apa itu chlamydia
apa itu chlamydia

Bahaya Penyakit Menular Seksual Chlamydia


Penyakit menular seksual chlamydia dapat menyebabkan berbagai bahaya jika tidak segera diobati, bahaya tersebut diantaranya adalah:

• Pada wanita dapat menyebabkan adanya infeksi urethra.
• Penyakit radang panggul.
• Infeksi tuba fallopi.
• Infeksi rahim.
• Infeksi uterus.
• Infertilisasi.
• Kehamilan ektopik.

Sedangkan pada pria, bahaya apa itu chlamydia dapat menyebabkan penyakit epididimitis dan urethritis, untuk mencegah bahaya di atas, tentu saja kita harus mengetahui gejala maupun tanda terkena penyakit chlamydia. Pasalnya jika terlalu lama didiamkan, gejala chlamydia dapat memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya dan terjadi komplikasi. Perlu diingat bahwa pengobatan penyakit chlamydia ini jangan dilakukan secara mandiri. Pengobatan yang salah dapat memperparah gejala akibat infeksi bakteri penyebab penyakit chlamydia.


Mengobati Penyakit Chlamydia Dengan Tepat


Pengobatan yang tepat merupakan salah satu cara untuk mencegah adanya penularan penyakit chlamydia kepada pasangan ataupun orang disekitar penderita. Chlamydia disebabkan oleh adanya infeksi akibat bakteri, jadi untuk mengobatinya tentu dibutuhkan obat untuk menghentikan perkembangan bakterinya. Penggunaan obat antibiotik biasanya sering digunakan untuk mengatasi penyakit yang satu ini.

Selain melakukan pengobatan dengan benar, saat seseorang menderita penyakit chlamydia, maka sebaiknya hindari berhubungan seksual dengan pasangan sampai dinyatakan benar-benar sembuh. Pengobatan yang dibutuhkan setiap epnderita bisa saja berbeda, tergantung dari kondisi infeksinya. Yang terpenting pengobatan dan perawatannya harus tepat, karena seseorang yang pernah mengidap penyakit chlamydia akan lebih rentan terinfeksi bakterinya kembali. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari penyebabnya sekaligus melakukan pemeriksaan secara rutin yang dapat dilakukan di Klinik Utama Sentosa.


Saat seseorang didiagnosis penyakit chlamydia, maka pasangannya juga akan dianjurkan melakukan pemeriksaan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penularan bakteri yang mungkin tidak disadari. Apalagi penyakit chlamydia seringkali tidak memiliki gejala yang bisa dijadikan sebagai patokan terjangkit atau tidaknya seseorang oleh penyakit Chlamydia. Untuk pencegahan sekaligus informasi lain terkait apa itu chlamydia dan gejalanya, silahkan hubungi dokter kami melalui layanan hotline gratis di nomor 081366657878.