Jum21Jun201909:49

Herpes Genital Disebabkan Oleh Apa?

Penyebab herpes genital memiliki dua jenis infeksi virus herpes simpleks (HSV) yang dapat menyebabkan luka herpes di area alat kelamin. HSV-1 adalah jenis yang umumnya menyebabkan luka dingin atau lepuh di sekitar mulut, meskipun bisa menyebar ke area genital selama seks oral.
Herpes Genital Disebabkan Oleh Apa?
Herpes Genital Disebabkan Oleh Apa?
HSV-2, merupakan jenis virus yang biasanya menjadi penyebab herpes genital, virus menyebar melalui kontak seksual selama hubungan seksual atau kontak kulit ke kulit. HSV-2 sangat umum dan sangat menular, baik dengan luka terbuka atau tidak.

Karena virus penyebab herpes genital mati dengan cepat diluar tubuh, maka tidak mungkin untuk mendapatkan infeksi melalui kontak dengan toilet, handuk, atau benda lainnya. Faktor risiko terinfeksi virus penyebab herpes genital dapat meningkat jika:

Seorang wanita. Wanita lebih mungkin untuk memiliki herpes genital dibandingkan pria. Virus herpes ditularkan secara seksual lebih mudah dari pria ke wanita daripada wanita ke pria.

Banyak pasangan seksual. Setiap pasangan seksual tambahan akan meningkatkan risiko infeksi menular seksual, termasuk herpes genital.



Apa saja gejala herpes genital?

Gejala herpes genital terdiri dari spektrum penyakit yang luas, ini berarti bahwa herpes genital dapat hadir berbeda daro satu orang ke orang lain, dan bahkan dari satu episode ke episode berikutnya dalam individu yang sama.

Seseorang dapat menggambarkan wabah herpes klasik atau tipikal, seperti sensasi kesemutan atau prodromal awal di wilayah yang terinfeksi virus penyebab herpes genital, diikuti penampilan sedikit kemerahan dan atau pembengkakan di lokasi. Diikuti perkembangan vesikel berkerumun kecil (lepuh yang berisi cairan) yang cukup rapuh, cepat terbuka untuk mengekspos bisul atau luka kecil.

Luka ini sangat sensitif atau terasa menyakitkan ketika disentuh, dalam beberapa hari luka berkerut melalui perkembangan keropeng. Dari awal hingga akhir, pengulangan dapat berlangsung dari beberapa hari hingga minggu.

Baca Juga: Berapa lama herpes kelamin bisa sembuh?

Bagaimana cara mengobati herpes genital?

Pengobatan herpes genital yang tepat dan dilakukan sejak dini akan membantu mengurangi gejala, mempercepat proses penyembuhan luka atau lecet, dan mencegah virus penyebab herpes genital berkembang.

Tindak lanjut dan temui dokter untuk mendapatkan perawatan yang aman pada luka di alat kelamin, sebab obat rumahan atau obat yang dijual bebas tidak akan menyelesaikan masalah pada alat kelamin Anda.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari cara mengatasi penyakit kelamin, termasuk herpes genital, beberapa hal yang harus dicari, adalah:

• Dokter ahli yang sudah ahli dan berpengalaman dalam mengatasi penyakit kelamin.
• Dokter yang dapat diajak bicara, Anda ingin merasa nyaman dengan penyedia layanan kesehatan, tidak ada pertanyaan yang tidak relevan dan Anda tidak boleh dibuat merasa seperti itu.
• Dokter harus melakukan tes khusus mendiagnosis keberadaan virus penyebab herpes genital yang tidak hanya melihat lesi.



Dimana saya menemukan perawatan penyakit kelamin yang aman?

Saat ini ada banyak penyedia layanan kesehatan yang mengatasi penyakit kelamin, termasuk herpes kelamin. Namun, yang harus Anda ketahui Anda harus bijak dalam memilih perawatan dan pastikan Anda ditangani langsung oleh dokter ahli kelamin profesional.

Klinik Utama Sentosa adalah klinik kesehatan yang khusus menangani penyakit menular seksual (PMS), Andrologi, dan Ginekologi, dimana Anda ditangani langsung oleh dokter ahli terlatih yang sudah banyak membantu mengatasi penyakit kelamin dan puas dengan pelayanan yang kami berikan.

Kami hadir dengan metode pengobatan terbaru, memberikan pelayanan medis prima yang akurat, perawatan terarah yang tidak hanya berfokus pada gejala. Tidak hanya itu, kami juga menyediakan layanan konsultasi online, dimana Anda dapat konsultasi langsung dengan dokter. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik website kami atau Anda dapat menghubungi kami di 081366657878.