Jum21Jun201909:16

Benarkah Herpes Adalah Penyakit Kelamin?

Herpes adalah penyakit kelamin, salah satu jenis penyakit menular seksual (PMS), herpes kelamin disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks (HSV). Virus ini ditemukan pada air liur, air mani, dan cairan vagina dari orang yang terinfeksi.
Benarkah Herpes Adalah Penyakit Kelamin?
Benarkah Herpes Adalah Penyakit Kelamin?
Pada pria, herpes kelamin menyebabkan luka atau lecet pada penis, skrotum, atau bokong. Wanita menderita luka atau lecet di sekitar atau di dekat vagina, anus, dan bokong. Herpes adalah penyakit kelamin umumnya menghasilkan gejala yang cenderung ringan sehingga banyak orang yang terinfeksi bahkan tidak menyadari bahwa dirinya menderita herpes kelamin.

Herpes kelamin adalah infeksi menular seksual, ini menyebabkan luka herpes, yaitu lepuh yang menyakitkan (benjolan berisi cairan) yang dapat membuka dan mengeluarkan cairan. Ketika luka yang berisi cairan pecah, ini sangat menular.



Bagaimana herpes kelamin terjadi?

Virus penyebab herpes kelamin menyebar melalui kontak seksual, ini terjadi bahkan jika orang yang membawa virus tidak memiliki gejala atau tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi. Setelah virus masuk melalui kulit, ia berjalan di sepanjang jalur saraf. Wabah pertama muncul paling cepat dua hari setelah tertular virus, atau bahkan setelah 30 hari.

Virus herpes simpleks (HSV) penyebab herpes kelamin tidak dapat bertahan hidup diluar tubuh, oleh sebab itu hampir tidak mungkin untuk menularkan infeksi melalui kontak dengan toilet, atau benda lain yang digunakan oleh orang yang terinfeksi.

Apa saja gejala herpes dan bagaimana herpes kelamin didiagnosis?

Herpes adalah penyakit kelamin yang memiliki gejala umum, meliputi:
• Lecet di mulut atau bibir, alat kelamin pria maupun wanita, di dalam dan sekitar anus, bokong dan bagian tubuh yang bersentuhan dengan area yang terinfeksi.
• Lepuh dan dikonversi menjadi luka terbuka, mengeluarkan cairan.
• Kerak di atas luka.
• Pembengkakan kelenjar getah bening.
• Sakit kepala.
• Pegal-pegal.
• Demam.

Pemeriksaan luka atau lecet dapat dilakukan untuk mendiagnosis infeksi herpes. Kemungkinan dokter untuk menyarankan menjalani beberapa tes laboratorium seperti tes darah untuk mengonfirmasi virus penyebab herpes. Tes darah efektif mendiagnosis virus herpes simpleks bahkan sebelum gejala muncul.



Apa pengobatan untuk infeksi herpes?

Herpes adalah penyakit kelamin yang membutuhkan perawatan yang aman, dan sebaiknya dilakukan sejak dini sebelum virus menyebar dan semakin sulit disembuhkan. Penanganan sejak dini memiliki banyak manfaat, selain membantu proses penyembuhan, juga akan menghemat waktu dan biaya pengobatan yang dikeluarkan.

Jangan menunggu atau mengobati luka pada alat kelamin sendiri, temui dokter adalah ide yang tepat, sebab perawatan akan tergantung pada kondisi kesehatan umum Anda. Jika komplikasi kesehatan lain seperti ensefalitis atau AIDS berkembang karena infeksi herpes kelamin, dokter akan menyiapkan rencana perawatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan penyakit.

Tidak ada obat rumahan atau obat yang dijual bebas yang menjanjikan perawatan alami yang terbukti efektif untuk mengatasi herpes. Penting bagi Anda untuk menggambarkan riwayat medis dan gejala secara terperinci pada dokter sehingga dokter dapat melakukan tes yang sesuai.

Baca Juga: Apakah Penyakit Herpes Kelamin Berbahaya?

Untuk mendapatkan perawatan yang aman dan efektif mengatasi penyakit kelamin herpes, kunjungi Klinik Utama Sentosa. Herpes adalah penyakit kelamin yang membutuhkan perawatan sejak dini. Kami, Klinik Utama Sentosa klinik kesehatan khusus menangani penyakit menular seksual, Andrologi, dan Ginekologi, memberikan perawatan medis berkualitas dimana Anda ditangani langsung oleh dokter yang sudah berpengalaman dibidangnya.

Klinik Utama Sentosa di dukung peralatan medis canggih, laboratorium yang steril, pelayanan medis akurat yang selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi setiap pasien dengan biaya yang relatif terjangkau. Kami juga menyediakan layanan konsultasi online 24 jam gratis langsung dengan dokter memudahkan Anda konsultasi dan pertanyaan lainnya terkait apakah herpes adalah penyakit kelamin atau penyakit kelamin lainnya, silahkan klik website kami atau hubungi kami di 081366657878.