Min06Jan201916:39

Cara Mencegah Impotensi Pada Pria

Cara mencegah impotensi dapat dilakukan berdasarkan faktor penyebabnya. Impotensi atau disfungsi ereksi merupakan kondisi dimana organ kelamin pria tidak dapat melakukan ereksi meski sudah dirangsang. Umumnya, masalah impotensi ini menyerang pria dengan usia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada pria muda. Penyebab impotensi pada pria lanjut dapat terjadi akibat adanya penyakit diabetes, stroke, hipertensi, dan diabetes. Sementara itu, pria muda yang mengindap impotensi disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat.

cara mencegah impotensi
cara mencegah impotensi

Apa Saja Penyebab dari Penyakit Impotensi?

Impotensi bukanlah suatu masalah yang serius jika hanya dialami sesekali saja. Namun, jika gejala tak kunjung membaik maka hal tersebut harus diwaspadai karena dapat mengindikasikan adanya kondisi serius. Gejala utama impotensi pada pria adalah sulitnya organ kelamin mencapai atau mempertahankan ereksi dan menurunnya gairan seksual. Jika tak segera ditangani, impotensi akan berdampak buruk pada kehidupan seksual dan menyebabkan gangguan psikilogis.
 
Terdapat banyak hal yang menyebabkan seorang pria dapat mengalami masalah impotensi ini. Namun penyebab paling umum yang mungkin memicu impotensi pada pria adalah faktor fisik dan psikis. Impotensi kerap melibatkan emosi, otak, pembuluh darah, hormon, dan saraf. Karena itu, beberapa penyebab impotensi yang berkaitan dengan hal tersebut, antara lain:

• Gangguan sistem saraf, diakibatkan oleh penyakit stroke, tumor otak, dan epilepsi.
• Gangguan peredaran darah, terjadi akibat penyakit diabetes, jantung, dan hipertensi.
• Gangguan pada hormon, biasanya disebabkan oleh hipertiroidisme dan hipogonadisme.
• Gangguan psikologis, terjadi karena memiliki rasa cemas berlebih dan stres.
• Kelainan pada kelamin, umumnya disebabkan karena adanya penyakit Peyronie.
• Efek samping obat-obatan, biasanya terjadi karena mengonsumsi obat antidepresan.
• Gaya hidup tidak sehat, disebabkan oleh kebiasaan merokok, obat terlarang, dan alkohol.

Penanganan impotensi atau disfungsi ereksi bergantung pada penyebab dan hasil diagnosis oleh dokter. Jika penyakit disebabkan oleh gangguan psikis, maka penanganan dilakukan dengan menemui psikolog untuk melakukan konsultasi. Sementara itu, penyakit yang terjadi akibat efek samping obat-obatan maka penanganan yang tepat adalah melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli.

Beberapa Cara Tepat Mencegah Impotensi Pada Pria

Untuk mendapatkan kesembuhan, penderita impotensi harus melakukan perubahan pada pola hidup. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dapat membantu mengatasi masalah impotensi yang terjadi. Beberapa cara mengatasi impotensi adalah dengan mengurangi faktor pemicu stres, jauhi obat-obatan terlarang, dan menurunkan berat badan jika mengalami obesitas. Selain impotensi juga harus diselingi dengan tindak pencegahan, seperti:


• Kontrol tekanan darah

Cara mencegah impotensi dapat Anda lakukan dengan mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan tekanan darah yang tinggi akan merusak pembuluh yang mengalirkan darah ke organ kelamin agar dapat ereksi dengan maksimal.


• Atur pola makan

Pola makan yang diatur dengan baik bisa menjadi salah satu cara mencegah impotensi Anda diharuskan untuk mengurangi makanan berlemak dan makanan yang digoreng karena dapat menyebabkan aliran darah ke organ kelamin menjadi terhambat.


• Batasi konsumsi alkohol

Selain pola makan, cara mencegah impotensi lainnya adalah mengurangi konsumsi alkohol. Minuman beralkohol dapat mengacaukan otak ketika akan memberikan sinyal kepada darah untuk mengalir ke organ kelamin.


• Hentikan kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat mengakibatkan pembuluh darah rusak dan aliran darah ke organ kelamin menjadi tertahan. Karena itu, cara mencegah impotensi agar tidak menyebabkan komplikasi lebih serius adalah menghentikan kebiasaan merokok.
 

• Perbanyak olahraga

Tubuh yang tidak melakukan banyak gerakan berpotensi besar memicu datangnya masalah impotensi. Maka, cara mencegah impotensi yang paling disarankan adalah rutin berolahraga. Beberapa olahraga tersebut, seperti berlari, renang, dan aerobik.

Bagaimana Penanganan yang Dapat Dilakukan?

Penanganan serta cara mencegah impotensi terbaik dapat Anda lakukan dengan berkonsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik ini merupakan salah satu klinik yang khusus menangani masalah kulit dan kelamin terpercaya di daerah Jakarta. Melakukan penanganan di Klinik Utama Sentosa, Anda akan mendapatkan pelayanan medis terbaik karena didukung oleh dokter ahli berpengalaman dan peralatan medis yang canggih serta modern. Karena itu, segera hubungi 0813 6665 7878 untuk informasi lebih lanjut.