Sab23Feb201914:21

Bagaimana Gejala Penyakit Impotensi?

Penyakit impotensi merupakan kondisi dimana organ kelamin pria tidak mampu mencapai atau bertahan di posisi ereksi. Masalah impotensi pada pria termasuk hal umum dan wajar, terutama yang telah berumur 40 tahun ke atas. Penyebab seorang pria bisa menderita penyakit impotensi dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti depresi, cemas berlebih, gangguan pada hormon, menyempitnya pembuluh darah menuju organ kelamin, dan terdapat luka atau cedera di kemaluan.
penyakit impotensi
penyakit impotensi

Apa Saja Gejala Impotensi Pada Pria?

Gejala utama yang dirasakan penderita penyakit impotensi adalah sulitnya organ kelamin untuk mencapai ereksi. Selain itu, gejala lain yang akan muncul, dapat berupa menurunnya gairah seksual serta kesulitan untuk bertahan di posisi ereksi. Gejala penyakit impotensi yang tidak kunjung menghilang dapat menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan seksual Anda dan pasangan.
 


Seorang pria dianggap menderita penyakit impotensi jika organ kelamin tidak mampu mencapai atau mempertahankan ereksi meski sudah dirangsang secara seksual. Jika kondisi ini dibiarkan, maka kemungkinan bisa menyebabkan pasangan merasa kecewa dan tidak mendapatkan kepuasaan seksual. Selain itu, impotensi juga akan mengakibatkan munculnya gangguan psikologi, seperti tidak percaya diri dan depresi karena tidak bisa memuaskan pasangan.
 
Terdapat beberapa hal yang memicu seorang pria menderita penyakit impotensi. Hal ini dikarenakan proses ereksi melibatkan emosi, saraf, otak, pembuluh darah, hormon, dan juga otot. Sebagian besar kasus impotensi disebabkan oleh masalah kesehatan yang berkaitan dengan fisik, seperti gangguan pada sistem saraf, ganguan di peredaran darah, adanya kelainan pada struktur organ kelamin, dan gangguan keseimbangan hormon. Tak hanya itu, penyakit impotensi juga kerap dikaitkan dengan adanya gangguan pada kesehatan fisik, antara lain:

• Gangguan psikologis, seperti cemas dan stres.
• Efek samping akibat mengonsumsi obat-obatan tertentu.
• Memiliki gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok.
• Stamina tubuh sedang menurun atau lemah.


Diagnosis Impotensi Serta Penanganan yang Bisa Dilakukan

Langkah penanganan terhadap masalah impotensi yang dialami pria adalah pemeriksaan bersama dokter ahli. Jika impotensi disebabkan oleh gangguan psikologis, penanganan impotensi dilakukan dengan berkonsultasi bersama dokter spesialis, seperti psikiater. Namun, impotensi yang terjadi akibat adanya gangguan fisik, maka pemeriksaan lanjutan harus dilakukan, yakni sebagai berikut:
 

• Tes USG atau Ultrasonografi, dilakukan guna mengetahui tingkat kelancaran aliran dalam darah.
• Tes darah, berguna mengetahui kadar hormon testosteron serta mendeteksi tanda-tanda adanya penyakit diabetes dan jantung.
• Tes urin, bertujuan untuk mendeteksi tanda-tanda penyakit diabetes dan penyakit serius lainnya.
• Tes EKG atau elektrokardiogram, yang berguna untuk mendeteksi adanya gangguan pada organ penting, seperti jantung.

Penanganan impotensi pada pria biasanya bergantung pada faktor penyebabnya. Untuk mendapatkan kesembuhan yang maksimal, penanganan impotensi harus disertai dengan menerapkan pola hidup yang sehat, seperti rutin melakukan olahraga. Selain itu, beberapa tindak penanganan lainnya yang dapat Anda lakukan, adalah sebagai berikut:

• Hilangkan kebiasaan buruk, seperti merokok.
• Turunkan berat badan jika mengalami obesitas.
• Tidak mengonsumsi minuman beralkohol.
• Hindari pemakaian obat-obatan terlarang.
• Perbanyak konsumsi makanan yang sehat.
• Usahakan menghindari faktor penyebab stres.


Segera Konsultasikan dengan Klinik Utama Sentosa

Penyakit impotensi yang diderita pria dapat Anda tangani dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit akan berlangsung dengan cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya.
 
Selain itu, Klinik Utama Sentosa juga memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tak perlu khawatir lagi mengenai uang yang harus dikeluarkan. Sebelum melakukan perawatan, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu guna mengetahui penyebab penyakit serta jenis perawatan yang cocok dilakukan. Untuk informasi mengenai penyakit kulit dan kelamin lainnya, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.