Min26Mei201915:39

Apa yang Menjadi Penyebab Impotensi Pada Pria?

Impotensi pada pria ditandai dengan keadaan organ kelamin yang tidak mampu mencapai atau sulit bertahan di posisi ereksi. Impotensi atau biasa disebut dengan disfungsi ereksi merupakan masalah seksual yang rentan terjadi pada pria berusia 40 tahun ke atas. Seseorang yang menderita penyakit impotensi akan mengalami penurunan pada gairah seksual. Hal ini dapat membuat kepercayaan diri berkurang dan pasangan seksual tidak mendapatkan kepuasaan saat berhubungan intim.
impotensi pada pria
impotensi pada pria

Penyebab Serta Cara Mendiagnosis Penyakit Impotensi

Penyakit impotensi pada pria bukan masalah kesehatan yang bersifat serius, namun harus segera ditangani sebelum menyebabkan dampak buruk. Anda perlu melakukan konsultasi jika organ kelamin tidak dapat ereksi yang disertai dengan ejakulasi dini. Proses ereksi biasanya melibatkan saraf,otot, pembuluh darah, hormon, dan emosi. Jika salah satu faktor tersebur terganggu maka dapat menyebabkan terjadinya impotensi pada pria.
 


Gangguan proses ereksi atau impotensi pada pria bisa diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti kurang berolaharga, memiliki kebiasaan merokok, kecanduan alkohol, dan mengonsumsi obat-obatan terlarang. Selain gaya hidup, impotensi pada pria dapat pula terjadi karena adanya tekanan secara psikologis, seperti rasa cemas berlebih, stres atau depresi, gelisah, dan kurang percaya diri. Bagi pria yang menderita penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, stroke, serta hipertensi akan memiliki risiko impotensi lebih besar.
 
Penyebab impotensi pada pria akan diketahui setelah melakukan pemeriksaan bersama dokter. Dokter biasanya menanyakan beberapa pertanyaan seputar kehidupan seksual pasien, gejala yang dirasakan, penyakit yang pernah diderita, dan gaya hidup sehari-hari. Untuk mendapatkan hasil diagnosis yang lebih akurat, dokter akan melanjutkan pemeriksaan yang meliputi:
 
• Tes darah, berguna untuk mendeteksi jumlah sel darah, kadar gula darah, kolesterol, kadar hormon testosteron, dan tanda penyakit jantung.
 
• Tes urin, biasanya dilakukan guna mendeteksi penyakit diabetes dan gangguan pada fungsi ginjal.
 
• USG Doppler penis, bertujuan untuk memeriksa aliran darah dalam organ kelamin melalui pemindaian.

Cara Menangani Penyakit Impotensi Pada Pria

Pengobatan penyakit impotensi dilakukan berdasarkan faktor penyebabnya. Impotensi bisa sembuh dengan mudah jika penyebab yang mendasari berhasil diatasi. Selain itu, penanganan penyakit impotensi bisa diiringi dengan mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Mengubah gaya hidup dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit yang perlu disertai dengan tindak pencegahan, seperti:


• Lakukan olahraga secara rutin dan teratur.
• Hentikan kebiasaan buruk, seperti merokok.
• Hindari mengonsumsi minuman beralkohol.
• Tidak menggunakan obat-obatan terlarang.
• Pastikan mendapatkan istirahat yang cukup.
• Jalani pemeriksaan kesehatan dengan rutin.

Jika impotensi belum bisa disembuhkan, pilihan terakhir yang bisa dilakukan adalah tindakan operasi. Operasi dilakukan dengan menanamkan alat yang dapat membantu organ kelamin untuk ereksi. Sebelum memutuskan untuk melakukan tindak operasi, konsultasikan bersama dokter Anda untuk mengetahui dampak atau efek samping yang mungkin muncul.

Lakukan Pengobatan Bersama Klinik Utama Sentosa

Gejala impotensi pada pria bisa disembuhkan dengan melakukan pemeriksaan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik kesehatan di daerah Jakarta yang khusus menangani penyakit kulit dan kelamin. Anda dapat melakukan konsultasi secara online dan gratis bersama staf medis yang telah berpengalaman di bidangnya. Konsultasi ini bertujuan untuk mengetahui penyebab penyakit dan jenis perawatan yang cocok.
 
Selain konsultasi, Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan biaya pada pasien sehingga tidak perlu khawatir mengenai uang yang harus dikeluarkan. Proses penyembuhan penyakit berjalan dengan mudah dan cepat karena ditangani langsung oleh dokter ahli dengan menggunakan peralatan medis yang canggih serta modern. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan konsultasi atau hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.