Sab27Jul201913:39

Apa Saja Penyebab Ejakulasi Lama Pada Pria?


Penyebab ejakulasi lama pada pria dapat berupa gangguan psikologis ataupun gangguan kesehatan yang dialami. Gangguan ejakulasi lama dapat juga disebut sebagai gangguan impotensi. Kondisi dimana ketika berhubungan seksual, pria mengalami kesulitan untuk mencapai dan mempertahankan ereksi. Gejala lain yang mungkin dialami oleh penderitanya adalah menurunnya hasrat seksual, makanya gangguan seksual ini juga dikenal dengan istilah lemah syahwat.

penyebab ejakulasi lama pada pria
penyebab ejakulasi lama pada pria


Ejakulasi lama pada pria dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satu diantaranya adalah akibat faktor usia. Yang paling sering terkena gangguan seksual ejakulasi lama ini adalah mereka yang berusia di atas 40 tahun. Pengaruh perubahan kadar hormon dipercaya sebagai salah satu penyebab ejakulasi lama pada pria. Ejakulasi lama sebenarnya tidak menyebabkan kualitas spermanya berkurang. Hanya saja, ejakulasi yang lama dapat mempengaruhi kepuasaan dalam kehidupan seksual seseorang. Jika ejakulasi lama ini tidak ditangani, maka dapat juga mempengaruhi infertilitas maupun kemandulan.

Apa Itu Ejakulasi?


Ejakulasi merupakan suatu proses pengeluaran sperma dari penis. Ejakulasi ini biasanya disertai dengan orgasme dimana untuk mencapainya biasanya diperlukan stimulasi seksual terlebih dahulu. Jika ejakulasi ini terjadi lebih cepat, maka artinya terjadi gangguan seksual ejakulasi dini. Sedangkan ejakulasi dini yang terlalu lama dan terkadang tidak dapat dicapai maka hal tersebut merupakan salah satu gejala adanya impotensi.

Penis perlu diberikan rangsangan untuk mencapai ejakulasi dan mengencang ketika berhubungan seksual. Ketika ejakulasi lama, maka yang merasa terganggu bukan hanya pria saja, namun juga pasangan seksualnya. Ejakulasi tidak hanya terjadi pada saat berhubungan seksual dengan pasangan saja, namun dapat juga dialami ketika sedang tidur. Kondisi inilah yang dikenal dengan mimpi basah.


Gejala Ejakulasi Lama


Gejala atau tanda dari gangguan impotensi ini dapat dilihat dari hal yang dialami selama berhubungan seksual. Salah satunya adalah gairah seksual yang menurun. Meskipun telah dirangsang, namun ejakulasi atau ereksi masih tetap sulit dicapai. Ada juga yang masih bisa berhubungan secara normal, namun ketika akan mencapai klimaks justru sulit untuk dilakukan. Selain akibat menurunnya gairah seksual, hal ini bisa juga disebabkan oleh kondisi penis yang tidak mau menegang. Gejala yang dialami oleh setiap pria impotensi bisa saja berbeda. Gejala yang dialami biasanya menunjukkan seberapa parah impotensi yang diderita. Namun, parah atau tidaknya gejala yang dialami biasanya tidak dipengaruhi oleh penyebab ejakulasi lama pada pria.

Untuk mengatasi gejala impotensi biasanya tergantung dari penyebabnya. Frekuensi gejalanya juga berbeda pada setiap orang. Ada yang hanya mengalaminya sekali atau dua kali saja di antara aktivitas berhubungan seksual yang dilakukan. Namun, jika frekuensinya telah mencapai 50% dari aktivitas seksual yang dilakukan, maka hal ini perlu segera mendapatkan penanganan. Dari gejalanya, Anda bisa melakukan konsultasi untuk mengetahui apa penyebab gejala ejakulasi lama yang Anda alami. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi gejala sekaligus penyebab ejakulasi lama pada pria.

penyebab ejakulasi lama pada pria
penyebab ejakulasi lama pada pria

Dapatkah Ejakulasi Lama Diatasi?


Dapatkah ejakulasi lama diatasi atau disembuhkan? Tentu saja. Namun, perlu diingat jika cara menyembuhkan gejala ejakulasi lama pada pria harus dilakukan dengan tepat jika ingin sembuh. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan gangguan ejakulasi lama atau impotensi adalah dengan menggunakan terapi impotensi. Terapi impotensi terdiri dari penanganan yang dapat dilakukan di bawah pengawasan dokter dan beberapa hal yang dapat kita lakukan sendiri di rumah. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan sendiri untuk mencegah terjadinya bahaya impotensi.


• Berhenti merokok
 
Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, lebih baik Anda segera menghentikan kebiasaan tersebut. Pasalnya, merokok merupakan salah satu penyebab ejakulasi lama pada pria. Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan saluran darah kita tersumbat. Sedangkan proses ejakulasi melibatkan adanya kerja saluran darah. Jika aliran darah tersumbat, maka ejakulasi juga akan terganggu dan akhirnya menyebabkan impotensi.
 
• Berolahraga secara rutin
 
Berolahraga merupakan aktivitas yang baik untuk kesehatan, termasuk untuk kesehatan organ seksual. Membiasakan olahraga secara teratur dapat membuat seorang pria lebih sehat secara fisik serta mental. Apalagi penyebab dari impotensi ini salah satunya adalah adanya gangguan kesehatan yang dideritanya serta gangguan psikologis seperti stress, depresi, serta rasa cemas ketika berhubungan seksual.
 
• Mengonsumsi makanan yang baik untuk ereksi
 
Makanan yang kita konsumsi juga mempengaruhi aktivitas seksual kita. Ada makanan yang harus dihindari karena dapat memicu terjadinya gangguan ereksi, ada pula makanan yang baik untuk melancarkan ejakulasi dan ereksi. Kesimpulannya, makanlah makanan yang memiliki gizi seimbang agar penyebab ejakulasi lama pada pria dapat diatasi.
 
• Istirahat cukup
 
Kurang tidur dapat memicu seseorang terkena gangguan panik maupun depresi, untuk itu menjaga waktu tidur yang cukup dapat membantu Anda terhindar dari gangguan seksual impotensi.
 
• Menjalani pemeriksaan kesehatan rutin
 
Dengan menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin, maka segala masalah kesehatan yang mungkin terjadi kepada kita dapat segera dideteksi. Kita juga dapat melakukan pengobatan dengan lebih cepat sehingga dapat menghindari bahaya yang mungkin terjadi akibat gangguan impotensi. Misalnya saja seperti terganggunya keharmonisan hubungan dengan pasangan Anda.
 
• Tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol
 
Minuman beralkohol memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan, termasuk kesehatan organ reproduksi.

Penyebab Ejakulasi Lama


Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab ejakulasi lama pada pria, di antaranya yaitu:

• Stroke.
• Penyakit Parkinson.
• Multiple sclerosis.
• Hipertensi.
• Diabetes tipe 2.
• Gangguan psikologis seperti stress, rasa cema, maupun trauma.
• Obesitas.
• Penyakit jantung.
• Gangguan hormon tiroid.
• Sindrom Cushing.
• Penyakit Peyronie.
• Penyakit Alzheimer.
• Epilepsi.

Usahakan untuk menghindari penyebab tersebut jika Anda tidak ingin mengalami impotensi. Ketika Anda mengonsumsi obat obatan tertentu, maka hal tersebut juga dapat memicu terjadinya ejakulasi lama atau impotensi. Contohnya obat untuk penyakit kanker prostat, anti alergi, anti depresan, maupun obat untuk anti hipertensi.


Pengobatan Ejakulasi Lama
Selain cara mencegah terjadinya ejakulasi lama, Anda juga dapat menyembuhkan impotensi dengan mengatasi penyebab ejakulasi lama pada pria. pengobatannya juga tidak boleh sembarangan. Tergantung dari penyebabnya, ejakulasi lama dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan, operasi, maupun dengan alat pompa khusus yang dapat digunakan untuk menarik darah ke penis. Jika ejakulasi lama yang Anda alami adalah karena masalah aliran darah yang tidak lancar, maka Anda dapat menggunakan metode pompa ini. Jika penyebab ejakulasi lama pada pria adalah masalah psikologis, maka terapi dengan dokter akan menjadi solusi yang tepat.

Sedangkan penderita impotensi dimana penyebab ejakulasi lama pada pria adalah masalah kadar hormon pada tubuhnya, maka suntikan hormon testosteron dapat digunakan untuk mengatasinya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai gejala, penyebab, hingga cara mengobati ejakulasi lama dapat Anda tanyakan langsung pada dokter kami. Silahkan datang langsung saja ke Klinik Utama Sentosa. Atau bisa juga dengan menggunakan layanan hotline kami di nomor 081366657878 .