Rab27Feb201916:02

Apa Penyebab Pria Mengalami Ereksi Lemah?

Seorang pria dengan kondisi ereksi lemah biasanya disebabkan karena pertambahan usia. Ereksi lemah atau biasa disebut dengan impotensi merupakan ketidakmampuan organ kelamin untuk mencapai serta mempertahankan posisi ereksi. Pria yang berusia 60 tahun ke atas berisiko mengalami penyakit impotensi. Selain ereksi lemah, penyakit ini juga ditandai dengan menurunnya hasrat pada kegiatan seksual.

 

ereksi lemah
ereksi lemah

Bagaimana Penyakit Impotensi Dapat Terjadi?

Impotensi atau ereksi lemah dapat diakibatkan karena adanya gangguan psikis dan fisik. Jika penyebab dikarenakan gangguan psikis, maka biasanya dipicu oleh faktor kejenuhan, kecewa pada kemampuan diri sendiri, merasa terlalu cemas, dan kurang percaya diri. Sementara gangguan fisik yang menjadi penyebab impotensi, yakni penyakit diabetes, kolesterol, hipertensi, kelainan pada pembuluh darah, dan kelainan saraf serta organ kelamin. Beberapa penyebab lain dari penyakit impotensi, adalah sebagai berikut:



• Konsumsi obat tertentu

Mengonsumsi obat tertentu yang dapat mempengaruhi aliran darah, seperti antihipertensi dapat memicu penyakit impotensi. Beberapa obat lain yang berpotensi menyebabkan masalah disfungsi ereksi, antara lain obat penenang, stimulan, dan kemoterapi kanker.
 

• Gaya hidup tidak sehat

Seseorang yang memiliki gaya hidup tidak sehat sejak usia muda dapat meningkatkan terjadinya gangguan pada aliran darah, termasuk disfungsi ereksi. Gaya hidup yang berpotensi tinggi mengakibatkan impotensi adalah kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, dan obat terlarang.


• Pasca operasi tertentu

Salah satu tindak pembedahan yang memiliki risiko menyebabkan impotensi adalah operasi terhadap penyakit pembesaran prostat. Hal ini dikarenakan operasi ini kemungkinan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada pembuluh darah atau saraf di sekitar organ kelamin.


• Olahraga bersepeda

Orang terlalu sering mengendarai sepeda dalam jangka waktu cukup lama cenderung berpotensi memiliki gangguan ereksi. Penyebabnya adalah karena tempat duduk sepeda akan menekan pembuluh darah dan saraf pada perineum sehingga berpengaruh pada rangsangan seksual.


Pengobatan Impotensi Sesuai Penyebabnya

Biasanya, dokter akan memberikan perawatan sesuai dengan penyebab ereksi lemah pada seorang pria. Penanganan utama yang dokter lakukan adalah memberikan obat-obatan oral guna membantu melebarkan pembuluh darah sehingga dapat memaksimalkan ereksi. Pengobatan ereksi lemah lainnya adalah terapi hormon, seperti suntikan testosteron dan juga tindak pembedahan.
 
Jika masalah impotensi disebabkan oleh gangguan psikologis, penanganan yang dianjurkan adalah dengan melakukan konsultasi bersama psikolog atau psikiater. Sementara penyakit impotensi yang berkaitan dengan penyakit jantung atau stroke dapat ditangani dengan berkonsultasi bersama dokter guna mendapatkan perawatan lebih tepat. Proses penyembuhan penyakit bisa berlangsung cepat jika disertai dengan beberapa tindak pencegahan, seperti:

• Menjalani gaya atau pola hidup yang sehat.
• Konsumsi asupan nutrisi seimbang.
• Hindari minum minuman beralkohol.
• Jauhi kebiasaan buruk, seperti merokok.
• Usahakan untuk mendapat cukup istirahat.
• Hindari faktor yang memicu terjadinya stres.
• Tidak menggunakan obat-obatan terlarang.


Konsultasikan Segera dengan Klinik Utama Sentosa

Penanganan terhadap ereksi lemah dapat Anda lakukan bersama dokter ahli di Klinik Utama Sentosa. Klinik Utama Sentosa merupakan salah satu klinik spesialis yang khusus menangani berbagai penyakit kulit dan kelamin terbaik di daerah Jakarta. Proses penyembuhan penyakit berlangsung cepat karena ditangani langsung oleh dokter berpengalaman dan berkompeten di bidangnya dengan menggunakan peralatan medis canggih serta modern.
 
Klinik Utama Sentosa memberikan keringanan pada biaya sehingga pasien tidak perlu mengkhawatirkan uang yang harus dikeluarkan selama perawatan atau pemeriksaan rutin. Sebelum menentukan perawatan lebih lanjut, pasien dapat berkonsultasi secara online dan gratis guna mengetahui penyebab penyakit secara pasti serta jenis pengobatan yang cocok untuk dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi hotline Klinik Utama Sentosa di nomor 081366657878.